Serasa Benar

April 6, 2014 pukul 6:07 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 3 Komentar
Tag: , , , , ,

Alkitab mencatat dialog sewaktu peristiwa SALIB. Dua orang di kiri dan kanan YESUS saling melontarkan pendapatnya.
Dan ada juga para imam kepala dan para ahli Taurat, salah satunya berkata demikian:
Harap diingat sekali lagi, argument ini terlontar dari imam-imam kepala dan ahli-ahli taurat, meski kita tidak terpaku kepada apa yang mereka ucapkan dan tahu sebagai menjadi pondasi kepercayaan, pastinya sepertinya mereka paham apa yang mereka tujukan atas argument itu.


Matius 27:42-43 “Orang lain Ia selamatkan, tetapi diri-Nya sendiri tidak dapat Ia selamatkan! Ia Raja Israel? Baiklah Ia turun dari salib itu dan kami akan percaya kepada-Nya.
Ia menaruh harapan-Nya pada Allah: baiklah Allah menyelamatkan Dia, jikalau Allah berkenan kepada-Nya! Karena Ia telah berkata: Aku adalah Anak Allah.”

Kita pisah beberapa argumen beliau sebagai berikut:
1. Orang lain Ia selamatkan, tetapi diri-Nya sendiri tidak dapat Ia selamatkan
2. Ia Raja Israel? Baiklah Ia turun dari salib itu dan kami akan percaya kepada-Nya.
3. Ia menaruh harapan-Nya pada Allah: baiklah Allah menyelamatkan Dia,…dst

Kita membahas dua point, 1 dan 2 saja.
Jika kita terpatri pada kutipan ini, maka amat sangat benar argument mereka. Toh banyak argument seperti ini beredar dari sejak jaman itu sampai terkini, terlahir dari ahli-ahli agama, imam-imam kepala. Tuhan koq mati, ngga sanggup lawan manusia? ,… argument ini bukan tidak awam bukan?. Jamak kita dengar, awam, umum. Kemungkinan besar, argument ini melihat dari sisi ke-manusia-an Kristus. Banyak yang diselamatkan dari lapar, dari penyakit, yang buta melihat, yang pincang berlari, dan sebagainya, mungkin argument ini sangat kuat mengarah kesana. Bagaimana seorang yang menyelamatkan orang lain, malah dirinya sendiri tidak sanggup ia selamatkan?

Berlanjut ke point dua, dimana argument semakin tajam. Raja Israel. Semua umat Yahudi tahu pondasi argument ini. Sisi ini sudah menyerang sisi ke-Allah-an YESUS. Bagaimana tidak, umat Israel mengakui siapa Raja Israel, yakni TUHAN. Mengutip sebuah ayat di Perjanjian Lama :
Zep 3:15 TUHAN telah menyingkirkan hukuman yang jatuh atasmu, telah menebas binasa musuhmu. Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu; engkau tidak akan takut kepada malapetaka lagi.
Mereka, imam, ahli Taurat, tahu ayat ini adalah nubuat tentang Mesias yang akan datang. YESUS berapa kali mengklaim tentang penggenapan Kitab Nabi, Mazmur, kitab Musa, telah terjadi kepada YESUS sendiri, Ia menggenapi nubuat, yang mana artinya YESUS mengaku sebagai Raja Israel.

Argument di atas jika di-kini-kan menjadi: “Jika YESUS adalah TUHAN, maka …….(lanjutkan saja segala yang bisa disematkan kepada TUHAN),.. sehingga aku akan percaya kepadaNYA!”
Dari sisi perkara “politis”, arah argument di atas bisa melahirkan perpecahan hebat. Yang benar bisa salah, yang salah jika diutak-atik terus, bisa serasa benar. Serasa benarnya adalah… YESUS mengklaim sebagai TUHAN,… maka sekali lagi, kenapa tidak sanggup lepas dari salib?…. serasa benar, amat benar bagi mereka yang tertancap pada titik ini saja.

Peristiwa penyaliban dalam argument di atass, hanya setitik dari seluruh peristiwa, jikalau nurut, penyelidikan seharusnya menarik.
Yang tidak merasa menarik dan sudah membuat kesimpulan, tentu kesimpulan itu akan melahirkan keputusan “hakim” yang mentah, tidak berkebenaran, dan ujungnya tidak ada keadilannya.

Salah satu argument, pondasinya adalah, bahwa Mesias itu bukanlah semata mengklaim predikat mutlak TUHAN, tetapi
Mesias itu adalah juga sebagai pusat dari semua titik keselamatan,… nubuat itu berteriak dalam:


Yesaya 53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

dan lebih spesifik YESUS menjelaskan nubuat Mesias yang menderita itu, kepada murid-murid IA berkata:

Markus 9:31 sebab Ia sedang mengajar murid-murid-Nya. Ia berkata kepada mereka: “Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia, dan mereka akan membunuh Dia, dan tiga hari sesudah Ia dibunuh Ia akan bangkit.”

Maka,…justru untuk menderita IA datang, untuk mengangkut semua derita kita, kepada kematianNYA, dan membawa kita kepada kemenangan oleh kebangkitanNYA. Bukankah argument para ahli agama di atas semakin jelas? yaitu, mereka adalah anak-anak iblis yang tidak ingin:
1. pekerjaan TUHAN tuntas
2. manusia selamat.

YESUS tidak menghardik ahli agama itu, karena argument-argument seperti itu sudah menjadi seperti ideologi yang tidak dapat dilawan,… sudah membumi, mengakar.

Mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.

3 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Seperti SBY aja! Terkadang ia memposisikan diri sebagai presiden, di waktu lain ia menunjukkan dirinya sebagai ketua partai dan saat di rumah ia menjadi kepala rumah tangga.
    Saat SBY dikritik melakukan rapat partai di rumah dinas kepresidenan, para jubir berkata, “lho…pak SBY memimpin rapat partai dalam kapasitas beliau sebagai Ketua Dewan Pembina Partai, ada yang salah dengan itu?”.
    Sebuah rancangan theologi ketuhanan yang cerdas untuk mengcounter ratusan ayat-ayat yang saling bertabrakan tentang keilahian Yesus.

    • Kalau ayat setan mungkin, tetapi selama menggunakan Alkitab tentu semuanya terang benderang (meminjam istilah politikus sekarang)

  2. Banyak hal harus kami pelajari, bahkan membacanya berulang -berulang utk bisa mengerti apa maksud firmannya. Kiranya Roh Kudus akan memberikan pengertian yang suci dan kudus. Trims atas renungan -renungan nya Tuhan memberkati.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: