Orpa dan Ruth

Februari 21, 2012 pukul 7:54 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 3 Komentar
Tag: , ,

Orpa dan Ruth adalah dua perempuan Moab yang diperistri oleh marga Yehuda dari Betlehem.
Ibu mertua mereka adalah Naomi, dan dua perempuan itu harus memilih antara tinggal bersama Naomi atau kembali ke kampung halamannya karena ternyata kedua suami mereka, anak-anak Naomi telah meninggal.

Dari pilihan itulah kita dapat teringat akan penyataan iman terkenal dari Ruth:

bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku

Kita hanya akan belajar merenungkan makna atau arti narasi Alkitab dari tokoh-tokoh yang digunakan TUHAN, yang entah bagaimana nama tokoh-tokoh itu mencerminkan “kelakuan”, karakter mereka masing-masing.

Dalam hal ini yaitu Orpa dan Ruth, dua orang keturunan Moab (Moab adalah bangsa keturunan Lot, yang kemudian diidentikkan Alkitab sebagai bangsa yang memilih kesenangannya sendiri, penyembah berhala);
ערפּה, ‛orpāh
Bisa diarikan “leher”, sehingga dalam konteks Kitab Ruth bisa diartikan si leher tegang, si jogal rukkung (kata orang batajk), bisa juga diartikan keras kepala, bebal.
Makna kurus atau si tengkorak bisa juga digunakan.
Dari arti-arti di atas dapat kita perhatikan betapa liniernya arti nama itu dengan karakter beliau.
Orpa tidak tahan menderita, memilih meninggalkan TUHAN dengan alasan yang sangat logis yaitu adanya ketidakcukupan hidup, tidak panjang sabar, dan tidak dapat melihat ke depan.
Jika beliau dinamai si kurus, dan lawan katanya biasanya digunakan tambun dan gemuk dan kuat, maka Orpa dapat diidentikkan dengan lemah, tak bertenaga, dan kesekian kali Alkitab mengatakan bahwa orang berdosa, orang yang tidak takut kepada TUHAN selalu dipanggil sebagai orang lemah.
Bagaimana tidak, TUHAN adalah MAHA PERKASA, tidak ada yang seperkasa TUHAN, jadi kalau kita menolak TUHAN berarti kita menolak YANG PERKASA, kemana lagi orang yang menolak Yang Perkasa kalau bukan kepada yang tidak perkasa?

ריּת, rūth
Makna Ruth bisa disebutkan antara lain, terpuaskan, mabuk, seorang yang berbagi, bersahabat.
Meski kelaparan melanda, Naomi mertuanya jatuh miskin dan menjanda, apalagi 2 anak laki-lakinya meninggal, apa lagi yang bisa diharapkan dari seorang Naomi?
Naomi dapat diartikan cantik, indah, manis, berbahagia, tetapi oleh penderitaan yang menimpanya ia berkata:

“Janganlah sebutkan aku Naomi; sebutkanlah aku Mara”

Mara artinya menderita, pahit.
Mertua yang ‘mara’ inilah yang diikuti Ruth ke tanah leluhurnya.

Untuk singkatnya kita ulang lagi pernyataan iman Ruth di atas:

bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku

Oleh pernyataan iman ini, kita ketahui bahwa Ruth pada akhirnya dapat memanen ladang orang lain tanpa gangguan, ia bahkan menikah dengan ‘penebus’-nya, dan tidak sampai di situ, Ruth akan dikenang terus karena dari beliaulah nama Isai dikumandangkan, sampai nubuatan berbunyi, “Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah”, Yesaya 11:1, Raja Daud, patron dari semua keimanan raja yang memerintah di Israel/Yehuda adalah keturunan Ruth. Ruth yang menderita bersama Naomi, dimabukkan oleh limpah kasih karunia, berbahagia, terpuaskan, semua diawali dari pernyataan iman sewaktu ingin bersama-sama Naomi menanggung penderitaan dan kepahitan hidup.

Orpa akan tetap di kenang sebagai orang Moab, yang mungkin saja menikah lagi di Moab, dan Moab selalu dikenang sebagai bangsa lemah, yang tidak beriman, penentang TUHAN, penyembah berhala.
Ruth dikenang sebagai orang beriman, yang berbahagia dan melimpah dalam kasih karunia dan berkat, anak cucunya perkasa di bumi karena TUHAN YANG PERKASA berserta mereka, Imanuel.

3 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. apa beda “makna” dengan “arti”???

    jawaban apakah yang akan saya dapatkan ketika saya bertanya;
    1) apa makna nama “Ruth” dalam Alkitab?
    2) apa arti nama “Ruth” dalam Alkitab ?

    • 1. Iman dan pekerjaan TUHAN
      2. Liat di artikel

  2. Trima kasih Tuhan . .! Setiap Firman Mu ” yg ku baca n ku dengar menbangun iman kami . .kisah Rut luar biasa . .amien


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: