Legion dijawab permohonannya (Lho koq?)

Desember 22, 2011 pukul 7:52 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 4 Komentar
Tag: , , , ,

Kata “Legion” berakar dari istilah Romawi. Arti dasarnya adalah “terdiri dari besaran yang banyak”. Besarannya sendiri kadang tidak sama, sebelum jaman Romulus, legion digunakan untuk menggambarkan jumlah pasukan yang terdiri dari 3000 pasukan kaki dan 300 pasuan kuda, tetapi pada jaman Romulus sendiri disebutkan sebagai besaran 6000 pasukan kaki dan 600 pasukan kuda, dan mungkin masih banyak kombinasi yang lain. Yang pasti satu legion terdiri dari pasukan yang banyak.

Pada Markus 5:1-13 ada kisah yang terjadi perihal “Legion”
Seorang kesurupan roh-ro jahat. Dia sangat menderita olehnya, dan orang ini sangat menakutkan jadinya, ia sudah sering dikekang, dirantai, tetapi berulang kali juga ia dapat melepaskan dirinya dari jeratan itu.
Dikatakan tidak ada seorangpun yang dapat menjinakkannya. Terkadang roh jahat itu memerintahkan orangnya untuk mengangkat batu lalu memukul dirinya sendiri. Mengerikan.

Markus 5:6-13
(6) Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkan-Nya lalu menyembah-Nya,
(7) dan dengan keras ia berteriak: “Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!”
(8) Karena sebelumnya Yesus mengatakan kepadanya: “Hai engkau roh jahat! Keluar dari orang ini!”
(9) Kemudian Ia bertanya kepada orang itu: “Siapa namamu?” Jawabnya: “Namaku Legion, karena kami banyak.”
(10) Ia memohon dengan sangat supaya Yesus jangan mengusir roh-roh itu keluar dari daerah itu.
(11) Adalah di sana di lereng bukit sejumlah besar babi sedang mencari makan,
(12) lalu roh-roh itu meminta kepada-Nya, katanya: “Suruhlah kami pindah ke dalam babi-babi itu, biarkanlah kami memasukinya!”
(13) Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya.

Mari kita perhatikan salah satu makna ayat ini. Legion, yaitu roh jahat yang banyak itu memohon kepada YESUS, dan permohonannya dikabulkan. Ia memohon dengan takut, jangan sampai ia “dihukum”, “dihakimi” sebelum waktu penghakiman tiba. Dan permohonannya itu dikabulkan oleh YESUS.

Terkadang ketika manusia, siapa saja berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing, yang kita dapati adalah doa itu terkabul.
Dan karena kita ketahui bahwa TUHAN adalah ESA, Satu, maka TUHAN jualah yang menjawab doa-doa manusia, sebab IA adalah MAHA ADIL dan juga MAHA KASIH…
Tetapi terjawabanya doa, permohonan kita itu tidaklah menjadi suatu jaminan bahwa kita “BERADA DI DALAM KRISTUS”. Roh jahat, Legion, adalah “bagian” dari si Iblis, Setan yang tua itu, Penipu ulung itu, sekarang ketika ia memohon-mohon kepada YESUS, permohonannya dikabulkan. Kita tahu Penipu ulung ini ada “DI LUAR KRISTUS”.

Yakobus dalam terang Roh Kudus menulis:

Yakobus 2:19
(19) Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar.

Legion gemetar kepada YESUS, sehingga ia memohon dengan takut.
Ia takut karena ia tahu siapa YESUS….
Meski ia tahu dan takut, ia tidak berada pada Kristus, ia tidak mau tunduk kepada ALLAH, sebab ia sudah “terkutuk” kekal, tinggal menunggu hari penghakiman untuk kesudahannya.
Meski ia sejahat itu, permohonannya dikabulkan.

Jadi doa terjawab bukanlah jaminan bahwa KRISTUS ada pada kita. Kita harus terus dan lebih terus berjuang mengenal “roh” yang ada pada kita, roh takut akan TUHAN atau justru roh jahat, iblis, setan,…roh penentang ROH KUDUS.
sebab roh melahirkan roh…

Banyak hal yang dapat diambil sebagai pertanda roh yang ada pada kita, perbuatan. Sebab buah terlihat dan lebih dikenal, lebih tahu, jika melihat suatu pohon. Pohon dilihat dari buahnya. Jika pikiran kita terlalu banyak pertimbangan, awas roh penipu. Jika dan jika dan jika yang lain.
Roh ALLAH membawa damai sejahtera, tetapi roh yang tidak kudus membawa kita kepada kebinasaan, karena ia kelak akan binasa pada hari penghakiman, ketika KRISTUS duduk pada TAHTANYA untuk menghakimi, maka ia juga membawa banyak jiwa-jiwa yang terhilang.

Jangan jadikan doa terjawab sebagai pondasi bahwa kita telah percaya TUHAN, tetapi liatlah perbuatan kita masing-masing sebagai buah-ruah rohaniah, buah-buah iman, perbuatan-perbuatan yang dihasilkan tanda percaya kita, sebab ada tertulis:

Matius 7:21
(21) Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

Legion memanggil YESUS Anak ALLAH, permohonannya dikabulkan, tetapi kita tahu rencana TUHAN, Legion akan terbakar api kekal.

4 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Met Tahun Baru Om Parhobass….See….U…

    • met tahun baru juga lovepassword

      salam

  2. PENDAHULUAN
    SLMT HARI NATAL N MEXONGSONG TAHUN BARU.

    Saya suka belajar tantang Doa. . . Tidak terjawab dan doa dijawab…

    • selamat natal 2013
      dan menyongsong tahun baru 2014


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: