Perduli

Desember 8, 2011 pukul 8:22 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | Tinggalkan komentar
Tag: , , ,

Satu cerita yang amat sangat terkenal pada acara-acara natal tentunya adalah tiga orang mazus dari timur. Bahkan kartu-kartu natal sering dihiasi gambar/skets 3 orang melihat bintang.

Para ahli memperkirakan mereka datang dari Persia, atau mungkin Babel Kuno.
Yang pasti mereka datang dari jauh, dan digambarkan sebagai datang dari Timur, itu cukup menggambarkan jarak.

Digambarkan mereka menaiki onta, menjelajahi daerah-daerah yang mungkin asing bagi mereka, menuju tanah Kanaan. Ada sesuatu yang menarik perhatian mereka, perduli, sehingga mereka sangat bersemangat, keinginan yang kuat, untuk datang ke sekitar Yerusalam, Kanaan.

Di Tanah Kanaan (sekitar Yerusalem) pada saat itu sedang diperintah oleh Herodes.
Ia diangkat untuk memerintah di sana oleh kekaisaran.
Ia dikenal sebagai seorang yang “menyukai” perihal agama Yahudi. Pada saat itu tentunya Perjanjian Lama dalam bahasa “penjajah” sudah ada. Bahasa “penjajah” menjadi bahasa sehari-hari, dan ketertarikan “penjajah” atas Yahudi, Israel secara umum, dalam hal keagamaannya, membuat beberapa literatur Yahudi diterjemahkan kebahasa sehari-hari mereka, termasuk Kitab Suci (sekarang disebut Perjanjian Lama). Meski Herodes tertarik, tetapi ia tidak terlalu perduli, tidak memiliki keinginan yang kuat untuk mengetahui perihal terdalam dari pengetahuannya atas keyahudian itu.

Ketika ketiga orang Timur itu menghadap Herodes, kita dapat mereka-reka percakapan mereka sbb:.

“Tuan Herodes, seorang Raja akan lahir di daerah kekuasaanmu, tuan tahukah dimana persisnya?”

Herodes mungkin kaget, gamang,… tentu ia gamang, karena ia tidak mengetahui bagian terdalam dari keyahudian, tadi kita sudah katakan di atas.

…beberapa saat kemudian..

“Wahai kalian guru-guru agama, imam-imam, kaum terpelajar dari golongan Yahudi, katakan kepada saya dimana Mesias, Raja yang akan lahir itu!”

“Tuan Herodes, Mesias jelas dikatakan di Kitab Suci, Ia akan lahir di Betlehem, kota kecil di daerah Yehuda”.

“Oh begitu,…wahai kalian orang Majus, cepatlah bergegas, temukan Mesias itu, begitu ketemu, laporkan segera, saya juga akan turut menyembah Raja yang lahir itu”.

Cerita berlanjut, bahwa TUHAN mengetahui maksud hati Herodes, tiga orang majus itu diperintahkan untuk tidak kembali ke Herodes. Tentu itu membuat Herodes berang sekali, sampai memerintahkan untuk membunuh setiap bayi umur di bawah 2 tahun di seluruh Yehuda. Kita tentu teringat akan perihal Musa dalam hal ini.

Terkadang kita merasa bagian dari “ALLAH”, sehingga saking merasa di dalam, kita tidak terlalu perduli akan bagian terdalam dari relasi/hubungan antara manusia dengan TUHAN. Persis seperti Herodes, yang merasa berhak dan berkuasa, bahkan ia berdiri di atas tanah dimana Nabi-nabi, bahkan Mesias pernah hidup di sana.
Tiga orang dari Timur, menjelajah begitu jauh daratan luas, untuk melihat semarak bintang natal pertama, di kisaran Yerusalem, tanah Yehuda, Betlehem, kota Daud.

Keperdulian mereka memampukan mereka melihat makna Bintang Natal, sementara Herodes yang berada “di dekat” bintang itu bukan hanya tidak perduli, maka berniat jahat untuk “menghancurkan” makna Bintang Natal itu, pusat dari bintang itu adalah Seorang Raja lahir, MESIAS, KRISTUS, YESUS namaNYA, ia malah ingin bunuh.

Pernah mendengar bahwa pondasi kekristenan ingin “dibunuh”, “dihina”, “dinisbikan”?…. mungkin secara tidak sadar bisa saja kita melakukannya, siapa saja bisa,… tetapi kita tahu biasanya itu karena ketidakperduliannya dengan KRISTUS, RAJA YANG MULIA itu…

Kalau kita perduli, berkeinginan yang kuat, maka mari berjalan menjelajahi daratan luas, tanah tandus kehihupan, membawa persembahan emas yang murni kepada DIA, RAJA kita, yang lahir di Betlehem.

Selamat Natal. Tuhan YESUS memberkati.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: