Ah Sudah Kubilangpun (Bag.1)

September 15, 2011 pukul 11:22 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 1 Komentar
Tag: , ,

“Ah sudah kubilangpun”. Itu ucapan lidah batak dalam menekankan sesuatu yang berbau penjelasan yang berulang-ulang sudah diucapkan tetapi object berita itu tidak terlalu tanggap dan atau mungkin tidak perduli.
Bisa jadi memang si pendengar tidak mendengar dengan serius, dan akan terus bertanya, tetapi bisa jadi si pendengar iseng, menguji kesabaran. Maka si pemberita akan mengucapkan kata ini lagi…

“Ah sudah kubilangpun, allamaaaak”. Itulah lengkapnya.

Yohanes 20:30-31 Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini, (31) tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

Supaya siapapun bisa percaya bahwa YESUS-lah MESIAS, ANAK ALLAH. Nah untuk melandaskan kesimpulan sekaligus ajakan ini sepanjang Injil ini, ROH ALLAH melalui Yohanes memberikan banyak bukti. Dan sekian bukti yang disebutkan ada sektiar 10 deklarasi, 10 AKULAH, 10 “sudah kubilangpun” yang diselipkan secara naratif oleh YOHANES dalam Kitab INJIL RASUL YOHANES.

Mungkin yang terkenal adalah 7 AKULAH…

Mari kita lihat dan telusuri:
1. AKULAH DIA, AKU ADALAH DIA
Perkenalan dan percakapan YESUS kepada murid dan orang yang DIA ajar kerap berbunyi seperti ini. AKULAH DIA, AKU ADALAH DIA.

Ucapan YESUS Bandingkan
a. (Yohanes 4:26)
Kata Yesus kepadanya: “Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau.”
b. (Yohanes 8:24) Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu.”
c. (Yohanes 8:28) Maka kata Yesus: “Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku.
d. (Yohanes 13:19) Aku mengatakannya kepadamu sekarang juga sebelum hal itu terjadi, supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia.
e. (Yohanes 18:6) Ketika Ia berkata kepada mereka: “Akulah Dia,” mundurlah mereka dan jatuh ke tanah.
a. (Ulangan 32:39) Lihatlah sekarang, bahwa Aku, Akulah Dia. Tidak ada Allah kecuali Aku. Akulah yang mematikan dan yang menghidupkan, Aku telah meremukkan, tetapi Akulah yang menyembuhkan, dan seorangpun tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku.
b. (Yesaya 43:25) Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu.
c. (Yesaya 52:6) Sebab itu umat-Ku akan mengenal nama-Ku dan pada waktu itu mereka akan mengerti bahwa Akulah Dia yang berbicara, ya Aku!

2. AKULAH ROTI HIDUP, AKU ADALAH ROTI HIDUP
Ketika YESUS bercakap-capak mengenai Manna di gurun ketika EXODUS, YESUS berkata: “Bukan Musa yang memberi makan, melainkan Bapa”, dan juga dilanjutkan “Karena roti yang dari Allah ialah roti yang turun dari sorga dan yang memberi hidup kepada dunia”. Lalu orang yang percakap-cakap itu meminta “Roti” itu

Ucapan YESUS Bandingkan
a. (Yohanes 6:35) Kata Yesus kepada mereka: “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.
b. (Yohanes 6:51) Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.”
a. (Mazmur 132:15)
Perbekalannya akan Kuberkati dengan limpahnya, orang-orangnya yang miskin akan Kukenyangkan dengan roti,..
b. (Nehemia 9:20)
Dan Engkau memberikan kepada mereka Roh-Mu yang baik untuk mengajar mereka. Juga manna-Mu tidak Kautahan dari mulut mereka dan Engkau memberikan air kepada mereka untuk melepaskan dahaga.

3. AKULAH TERANG DUNIA, AKU ADALAH TERANG DUNIA
Hukuman atas dosa adalah kematian. Dosa itu sendiri disebut sebagai kegelapan, gelap. Dan ketika seorang pelacur hendak dibunuh sesuai hukum Taurat, YESUS ada disana. Perempuan pelacur ini sebagai lambang diri kita dihadapan TUHAN, siap dihukum, siap mati, karena berada pada kegelapan, gelap. YESUS mengatakan tinggalkan kegelapan, ikutlah TERANG, maka kamu akan hidup.

Ucapan YESUS Bandingkan
a. (Yohanes 8:12)
Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.”
b. (Yohanes 9:5)
Selama Aku di dalam dunia, Akulah terang dunia.
a. (Yesaya 42:16)
Aku mau memimpin orang-orang buta di jalan yang tidak mereka kenal, dan mau membawa mereka berjalan di jalan-jalan yang tidak mereka kenal. Aku mau membuat kegelapan yang di depan mereka menjadi terang dan tanah yang berkeluk-keluk menjadi tanah yang rata. Itulah hal-hal yang hendak Kulakukan kepada mereka, yang pasti akan Kulaksanakan.
b. (Maleakhi 4:2)
Tetapi kamu yang takut akan nama-Ku, bagimu akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya. Kamu akan keluar dan berjingkrak-jingkrak seperti anak lembu lepas kandang.
c. (Amsal 6:23)
Karena perintah itu pelita, dan ajaran itu cahaya, dan teguran yang mendidik itu jalan kehidupan,
d. (Mazmur 119:105)
Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.

4. AKULAH PINTU, AKU ADALAH PINTU
Setiap orang yang telah berdosa ini akan dihimpun dalam pemerintahan di dalam Kerajaan SORGA. Dan untuk dapat menjadi warga kerajaan itu maka kita harus tunduk dibawah kaki KRISTUS, mendengar DIA, karna IA adalah PINTU kepada Kerajaan itu.

Ucapan YESUS Bandingkan
a. (Yohanes 10:7)
Maka kata Yesus sekali lagi: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu ke domba-domba itu.
b. (Yohanes 10:9)
Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.
(Yehezkiel 36:37-38)
Beginilah firman Tuhan ALLAH: Dalam hal ini juga Aku menginginkan, supaya kaum Israel meminta dari pada-Ku apa yang hendak Kulakukan bagi mereka, yaitu membuat mereka banyak seperti lautan manusia.
Seperti domba-domba persembahan kudus, dan seumpama domba-domba Yerusalem pada waktu-waktu perayaannya, begitulah kota-kota yang sudah runtuh penuh dengan lautan manusia. Dengan begitu mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.”

lanjut ke Ah sudah kubilangpun (bag.2)

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. […] Ah Sudah kubilangpun (Bag.2) September 15, 2011 at 11:22 am | Posted in Apologet, Pemikiran, Saya melihat | Leave a comment Tags: AKULAH, Yesus, Yohanes baca ini dulu: lanjut ke Ah sudah kubilangpun (bag.1) […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: