YESUS ke Tirus dan Sidon

September 8, 2011 pukul 8:07 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | Tinggalkan komentar
Tag: , , , , , , ,

Jika kita membaca Alkitab, maka ada janji buat Abraham, bahwa keturunannya akan diberikan tanah Kanaan.

(Kejadian 10:19) Daerah orang Kanaan adalah dari Sidon ke arah Gerar sampai ke Gaza, ke arah Sodom, Gomora, Adma dan Zeboim sampai ke Lasa.

Itulah salah satu batas daerah utara Kanaan pada masa purba di Alkitab. Sidon.
Sebelum bangsa Israel memasuki tanah Kanaan itu, mereka terlebih dahulu mengundi suku-suku dan menetapkan daerah mana yang akan mereka tinggali. “Mengundi” dalam tradisi Alkitab selalu berkaitan/dimaknai dengan keputusan TUHAN yang diutamakan, bukan keputusan manusia. Bahkan di gunung Nebo, sebelum Musa mati, kepada Musa telah diperlihatkan Tanah Perjanjian itu.


(Ulangan 34:1-4) Kemudian naiklah Musa dari dataran Moab ke atas gunung Nebo, yakni ke atas puncak Pisga, yang di tentangan Yerikho, lalu TUHAN memperlihatkan kepadanya seluruh negeri itu: daerah Gilead sampai ke kota Dan, seluruh Naftali, tanah Efraim dan Manasye, seluruh tanah Yehuda sampai laut sebelah barat, Tanah Negeb dan lembah Yordan, lembah Yerikho, kota pohon korma itu, sampai Zoar….

Dan kalau kita sampai kepada masa-masa Hakim-Hakim, masa setelah Yosua mati, maka Sidon tidak pernah dikuasai oleh Israel.
Pada masa Yosua diperkirakan peta Israel adalah sbb:

Tetapi pada masa Hakim-Hakim, dapat kita perhatikan petanya menjadi sbb:

(Hakim-Hakim 1:31-32) Suku Asyer tidak menghalau penduduk Ako, penduduk Sidon serta Ahlab, Akhzib, Helba, Afek dan Rehob, sehingga orang Asyer itu diam di tengah-tengah orang Kanaan, penduduk asli di negeri itu, sebab orang-orang itu tidak dihalaunya.

Terlihat Sidon tidak masuk wilayah Israel.
Bahkan ketika masa kejayaan Salomo, dimana masa itu Salomo memperluas wilayahnya, ia tidak juga pernah mengusai Sidon. Sidon di luar Israel. Pada masa itu Sidon telah dikuasai oleh orang-orang Fenesia.


Pengaruh Salomo yang sampai Damascus tidak berpengaruh ke Fenesia. Daerah itu disebut wilayah Lebanon pada waktu itu.

Bahkan setelah 12 suku terpecah belah oleh dosa-dosa mereka, wilayah Israel dihancurkan oleh penjajah. Dan bahkan oleh ulah jahat keturunan Raja Salomo, Israel Raya terpecah menjadi dua bagian. Utara dan Selatan atau lebih dikenal sebagai Israel dan Yudea.

Pada masa perpecahan oleh penjajah-penjajah, maka Israel telah terpecah belah, dan kemudian dikuasai oleh beberapa kerajaan.
Sekali lagi Sidon tidak masuk wilayah Israel/Yudea lagi. Bahkan Israel sendiri telah terhilang dalam sejarah penebusan. Tanah mereka bahkan telah diisi oleh orang-orang yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan Penebusan TUHAN, tanah Israel, yang sering disebut Samaria pada maa YESUS telah sejak dahulu dihuni orang-orang yang disuruh Raja Asyur untuk tinggal disana. Dan dalam masa Ezra kita ketahui mereka ini mengaku menjadi bagian dari orang Yudea, atau orang Israel secara umum dalam iman, karena mereka menyembah ALLAH Israel (Baca Ezra 4:2)

Pada masa pelayanan YESUS, peta Palestina, ya daerah itu telah dikuasai oleh kekaisaran Romawi.

Terlihat hampir seluruh wilayah Israel Kuno telah dikuasai oleh Romawi. Kita tidak tahu bagaimana Romawi membagi wilayah, apakah berdasar sejarah atau hal lain, tetapi pada masa pemerintahan mereka Yudea pernah dijadikan menjadi sebuah Propinsi tersendiri, diperkirakan sekitar tahun 6 M. Tanpa menyebutkan Samaria lagi, yang dapat dipastikan Sidon menjadi bukan bagian dari Yudea.

Peta berikut adalah peta propinsi-propinsi Romawi pada tahun tertentu:

Terlihat bahwa Sidon dan Tirus tidak termasuk pada Yudea lagi, melainkan masuk ke Propinsi Siria.
Berikut peta Propinsi Yudea;

Sejarah yang sangat panjang, hampir 2000 tahun mengatakan bahwa Sidon dan Tirus berada diambang batas Kanaan, tidak lagi termasuk kepada wilayah Israel, Yudea.

Sehingga suatu saat seorang perempuan Kanaan, yang kemungkinan salah satu dari orang yang diangkut orang Raja Asyur untuk tinggal di daerah Israel Kuno, bertemu YESUS …

(Matius 15:22-25) Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: “Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita.”
Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: “Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak.”
Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.
Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: “Tuhan, tolonglah aku.”

Terkadang kata-kata hanya umat Israel akan sering dipermainkan oleh banyak orang untuk menyelipkan maksud lain, demi kebutuhan allah lain.
Kata bergaris bawah di atas akan dapat dimengerti jika dibaca dalam iman, Israel yang dicari adalah Israel sejati.
Suatu waktu YESUS pernah mengabarkan Injil jauh sampai ke daerah Sidon. Berikut peta pelayanan tersebut:

Jika kita perhatikan maka YESUS berkeliling di wilayah yang bukan wilayah Israel, baik Israel kuno maupun Israel masa itu, bahkan Israel modern sekarang sekalipun.
Peta Israel modern:

Wilayah Sidon dan Tirus masuk wilayah Lebanon.

Bahwa YESUS merespon wanita kanaan itu oleh karena imannya, dan karena YESUS ternyata juga melayani sampai jauh ke Sidon dan Tirus (bulan wilayah Israel), maka kita dapat mengerti dan sedemikian oleh iman dapatlah juga kita semakin jelas memahami oleh makna dari tulisan di Kitab Perjanjian Baru berikut:

(Roma 2:29) Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah.

Oleh ROH Kudus, yang mengenal segala pikiran dan hati dan dapat memilah pertimbangan-pertimbangan seseorang, IA dapat mencari dan mengumpulkan kita Israel Sejati. IA adalah Penginjil Ulung, dapat dipastikan oleh pekerjaan ROH KUDUS-lah Perjanjian Baru dapat ditulis, oleh DIA-lah segala pengajaran YESUS dapat diingat kembali oleh murid-murid yang kemudian menuliskan Kitab Injil.
Dan ROH KUDUS, ROH PENGINJIL, masih dan akan masih ada bersama kita, meraih, membuka, mengetok setiap kita yang mengenal DIA dalam ROH dan Kebenaran.
Jika YESUS sampai ke Sidon dan Tirus, jauh dari Israel, maka ROH Kudus telah menjangkau sampai ke ujung-ujung dunia.

Pada masa Penginjilan pertama oleh murid-murid pasca kenaikan YESUS ke sorga, oleh Roh KUDUS ditambahkan orang-orang yang percaya kepada YESUS hampir 3000 orang, dan daerah mereka mencakup daerah-daerah yang luas, dari ujung timur Israel, daerah Mesopotamia sampai Elam (Iran sekarang), sampai ke ujung Barat (daerah Romawi) dan ke selatan (daerah Mesir, dan Arabia)

(Kisah Para Rasul 2:9-11) kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia, Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma, baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah.”

Yang digaris bawahi harus diperhatikan baik-baik, bahwa target penginjilan Roh KUDUS yang diutus oleh KRISTUS, mencakup seluruh orang, seluruh dunia, sampai Maranatha.

Inilah wilayah yang sementara dijangkau oleh Penginjil Agung, paling tidak sampai sekarang, dan semoga persatuan cara pandang iman semakin diperlihatkan dan bukan hal-hal yang duniawi:

Karena di dalam ROH dan Kebenaran, maka kita harus membaca dalam roh, dalam iman. TUHAN tidak akan sampai bersusah payah mengusai dunia ini dalam bentuknya yang lahiriah, jika suatu saat nanti dunia ini akan IA berhentikan, kiamat. Tetapi karena dunia ini akan berlalu, terbakar habis, maka IA menginginkan kita kembali ke hadiratNYA, kita seharusnya ke sana, yaitu ke Kerajaan Sorga, tempat Israel sejati menyembah dan hanya menyembah ALLAH-nya.

sumber gambar:
http://www.preceptaustin.org,
http://www.bible-history.com,
http://en.wikipedia.org,
d.l.l

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: