Si Penyesat dan si Anti-Kristus

Agustus 26, 2011 pukul 8:17 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 2 Komentar
Tag: , , ,

Pada jaman Kristen perdana begitu banyak aliran bertumbuhan perihal menunjukkan keimanan mereka kepada YESUS Kristus.

di ayat 4 dari pasal 1 Kitab 1 Yohanes dapat kita telusuri:
(1Yohanes 4:1) Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

Ucapan ini bisa jadi menceritakan kejadian pada saat itu, tetapi melihat secara keseluruhan perintah ini juga berlaku sampai maranatha, sampai TUHAN KRISTUS datang untuk menghakimi.

Pada saat itu ada sebuah golongan yang dikelompokkan pada aliran Gnostic. Sesuai namanya gnosis, pengetahuan, maka pemikiran pastilah sangat melangit, sedemekian dengan melihat kuasa dan muzijat-muzijat YESUS mereka mengedepankan ke-ILAHI-an YESUS, dan menolak bahwa bahwa TUHAN datang sebagai manusia. YESUS bukan manusia, itu singkatnya. Tetapi rasul-rasul awal berjuang keras, dimana Rasul Yohanes salah satunya, untuk menjelaskan makna yang selengkapnya, yang sekiranya bisa diterima untuk dapat dimengerti dan seperlunya bahwa YESUS adalah TUHAN yang datang, menjadi manusia melalui Kuasa ROH KUDUS yang lahir melalui Maria.

(2 Yohanes 1:7) Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.

Ayat ini sangat tegas, keras dan memukau.

(2 Yohanes 1:7) Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia,

Jika kita menelusuri perintah agung, Amanat Agung Kristus di kitab Markus,..

(Markus 16:15) Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.

Maka dapat kita temukan kesamaan dalam hal memberitakan, tujuan pemberitaan, dan wilayah atau object pemberitaan. Yang membedakan adalah ISI dari pemberitaan itu.
Sangat jarang kita menemui orang Yahudi meng-Yahudi-kan orang atau bangsa lain, mereka eksklusif. Bahkan awalnya murid-murid YESUS juga eksklusif, sampai mereka melihat beberapa kali YESUS menerima non Yahudi maka terbukalah mata mereka.

Penyiaran agama ke berbagai penjuru, oleh orang, oleh siapapun bisa digolongan kepada dua kelompok. Berdasarkan ISI pemberitaannya, itu akan dijawab berikutnya….

yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia.

… yaitu “yang tidak mengaku, bahwa YESUS Kristus telah datang sebagai manusia”
Ada sebuah pengertian yang dalam dari kalimat sederhana ini.

Jika 4 kitab Injil mencatat kelahiran YESUS sebagai awal pembuka, maka itu menjadi sebuah jawaban kepada kita kenapa kita harus mengakui bahwa YESUS Kristus telah datang sebagai manusia. Dan hebatnya beberapa orang yang masuk kepada Kristen awal telah menjadi susah menerima bagaimana mungkin TUHAN menjadi manusia di dalam diri YESUS. Bahkan ketika Paulus dipertanyakan ke-Kristen-annya, ia membentangkan pekabarannya di depan saksi-saksi awal Kristus ketika menjadi manusia itu. Paulus mengaku bahwa Kristus telah pernah menjadi manusia, Kristus YESUS.

Dalam berbagai terjemahan kata “bahwa YESUS Kristus telah datang sebagai manusia” dapat diterjemahkan sebagai “bahwa YESUS Kristus wajib/harus datang menjadi/sebagai manusia”.
Dua terjemahan ini memiliki makna yang sama, meski penekanannya bisa berbeda, yaitu bahwa YESUS KRISTUS memiliki pra existensi. Menjelaskan tentang keadaan YESUS sebelum IA menjadi manusia. YESUS ini siapa sebelum IA harus menjadi manusia. Kata “menjadi” itu sendiri telah menjelaskan dengan tegas, bahwa Anak Manusia yang ini, YESUS, mempunyai sesuatu yang harus dijelaskan panjang lebar menyangkut ke-manusia-anNYA.

Jika Injil YOHANES dibaca, maka sepanjang narasinya dapatlah kita temui begitu kaya dan dalamnya beliau menjelaskan bagaimana pra-existensi kemanusiaan YESUS.

Injil Yohanes membawa kita ke awang-awang pemikiran. Kita sekaligus dibawa dalam sekali tentang YANG ADA, tetapi sekaligus juga membatasi kita tentang kesanggupan pikiran kita menalar segala-galanya. Sehingga sangat banyak bukti-bukti yang diberikan yang meski tidak dapat dinalar sampai keujung, tetapi Yohanes mengatakan inilah yang terjadi, itulah kejadiannya, dan inilah yang kami lihat, sehingga ditutuplah sebuah kalimat di akhir Injil Yohanes:

(Yohanes 20:31) tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

Tidak ada paksaan kita harus mempercayai atau tidak, Yohanes memberikan kejadian nyata, semua fakta yang dapat dilihatnya, sehingga olehnya kita dapat berkata “aku percaya”, dan dapat berkata: “Benar bahwa TUHAN telah datang sebagai manusia”… atau berkata: “TUHAN NamaNYA adalah YESUS”.

Itu adalah si penyesat dan antikristus.

Jika seorang pengajar, yang mungkin pada saat Yohanes mengaku sebagai nabi, imam atau pengajar yang mungkin besar mengaku bahwa YESUS ada di dunia sebagai manusia, tetapi tidak mengaku pra-existensiNya, maka ia penipu, penyesat, antikristus.

atau
Jika seorang pengajar, yang mungkin pada saat Yohanes mengaku sebagai nabi, imam atau pengajar yang mungkin besar mengaku bahwa YESUS bukanlah TUHAN yang pernah menjadi manusia, maka ia penipu, penyesat, antikristus.

atau
Jika seorang pengajar, yang mungkin pada saat Yohanes mengaku nabi, imam atau pengajar yang mungkin besar mengajarkan atau menyebarkan tentang YESUS yang lain, Injil yang lain, maka ia penipu, penyesat, antikristus.

dan … jika itu terjadi pada masa Yohanes, sekitar abad pertama Masehi, maka berlaku jugalah peringatan itu sampai jaman kita ini.

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. penyesat dan Anti Kristus sudah diramalkan bahkan oleh Tuhan Yesus sendiri, akan tiba saatnya mereka datang dan mengajarkan sesuatu yg jelas-jelas berbeda bahkan menyimpang dari kasih Tuhan
    o.k. itu menjadi tugas kita, tidak hanya berhati2 agar tidak disesatkan oleh penyesat, tetapi juga memenangkan jiwa orang2 lain yang sampai hari ini masih hidup di bawah kuasa para penyesat dan Anti Kristus. agar semakin banyak org yg mengenal Kristus yang benaršŸ˜€


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: