Mengeraskan hati

Agustus 9, 2011 pukul 8:22 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 2 Komentar
Tag: , , ,

Dalam Kitab Keluaran ada tertulis beberapa kali TUHAN mengatakan bahwa IA akan mengeraskan hati Firaun. Tujuannya hanya satu yaitu supaya seluruh orang Mesir dan orang Israel mengetahui bahwa TUHAN (YHWH) adalah ALLAH Yang Benar dan ESA.

Kita ambil salah satu contohnya saja.

Aku akan mengeraskan hati Firaun, sehingga ia mengejar mereka. Dan terhadap Firaun dan seluruh pasukannya Aku akan menyatakan kemuliaan-Ku, sehingga orang Mesir mengetahui, bahwa Akulah TUHAN.” Lalu mereka berbuat demikian.
(Keluaran 14:4)

sumber gambar http://www.ebibleteacher.com

Dari secuplik peta di atas kita akan mengetahui bagaimana “mekanis” mengeraskan hati, dan bagaimana kita harus juga menyelidiki diri kita sendiri dalam ROH TUHAN, siapa tahu ternyata hati kita juga sudah dikeraskan atau sedang menuju keras.
Pemazmur berkata “Siapakah yang dapat mengetahui kesesatan? Bebaskanlah aku dari apa yang tidak kusadari.” (Mazmur 19:12)

Peta di atas dicuplik dari sekian rute yang dilewati oleh bangsa Israel yang akan menuju tanah Kanaan.
ASal tahu saja rute itu adalah rute alternatif TUHAN. Ia mengajak orang Israel menuju bibir pantai. Air laut yang mengurung mereka sehingga tidak dapat lari kesana kemari.

Hubungannya dengan Firaun/Mesir yang dikeraskan hatinya apa?
Orang-orang yang mengaku pintar dan berkuasa itu langsung berhitung matematis. Mereka yang sedang mengejar bangsa Israel itu mengira bahwa orang-orang Israel, manta budak mereka itu telah menuju ajalnya. Sebab Laut Teberau menutup langkah mereka, dan pembantaian akan terjadi.
Kalau kita utak-atik peta di atas (yang kotak merah) dapat dibuat sketsa sbb:

Mesir di bawah Firaun mengejar Israel, dan Israel dituntun TUHAN melewati bentangan pantai Laut. Dalam gerutu pertama orang tidak beriman, yang sebenarnya ada pada beberapa orang Israel adalah: “Mati kita, Musa telah membawa kita ke pantai ini untuk dijagal oleh Mesir”.

Melihat situasi ini maka hitungan ahli perang Mesir, yang mana mereka telah dilatih untuk itu, sebab Mesir kala itu adalah Adikuasa, bahwa mereka telah berhasil, sebab nyata sekali, dalam taktik perang pasti Israel yang sekarang terkurung dengan persenjataan apa adanya akan kalah besar.

Pikiran, rasional yang mumpuni jika menghilangkan saatu variable saja itu akan menghasilkan ERROR juga. Apalagi faktor yang dihilangkan adalah KUASA TUHAN. Firaun merasa dengan kekuasaan allah-allah yang ia sembah pasti ia berhasil. Faktor x yang ia masukkan adalah faktor allah-allah lain, dalam bahasa Alkitab Bahasa Indonesia disebut dewa-dewa kesia-siaan. Menjijikkan. Perhitungan yang salah, karena tuhannya salah, dan karena tuhannya salah, maka TUHAN mau menunjukkan bahwa DIALAH TUHAN, persis kutipan di atas.

Pemandangan spektakuler, yang luar biasa akan sedang dipertontonkan ketika faktor allah lain itu dikalahkan oleh TUHAN, IA membelah laut itu sampai kering tak berlumpur sehingga bangsa itu terperangah dan tersenyum melewatinya, sehingga tak satupun yang tertinggal untuk disentuh pedang Mesir, bahkan pasukan Mesir yang menghitung dengan allahnya mati, binasa.

Bisa saja kita berhitung rasional, berhitung dengan logika, tetapi saya takut ternyata faktor X, variable utama justru kita ganti atau malah tiadakan. Bahkan beberapa diantara kita sering memasukkan pikiran kita sendiri sebagai variable utama. Mesir telah memulainya dan telah menjadi contoh bagi kita, mereka jauh hari, ratusan tahun telah bahagia dengan allahnya, tetapi sekejab kalah oleh ALLAH Yang mau melihat umatNYA menderita.

Seorang raja, penulis, yang bijaksana menulis:
Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.
(Amsal 3:5)

Bersandar kepada allah bisa saja, tetapi carilah ALLAH Yang Benar. Semoga IA berkenan ditemui. Jika tidak bisa jadi hati kita telah dikeraskan untuk binasa dan kutuk yang telah disediakan sejak dahulu kala.

Jalan TUHAN adalah jalan luar biasa, meski sedih, tangis dan ketidakmampuan kita berpikir diuji dan diasah.


sumber gambar: http://www.ebahana.com

Karena Musa tidak keras hati, maka ia dimampukan melakukan perkasa hebat, luar biasa, ia menjadi perantara bagaimana TUHAN membelah Laut Teberau.

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Isa bin maria .atau Isa Almasih ( Isa Penyelamat ) adalah Faktor X . Seorang Utusan Allah yg sangat di Rindukan oleh Semua Umat Muslim. Bahkan kedudukan Isa Almasih Diatas Nabi muhamad saw. Apa yg ingin dilihat umat muslim ? Jawab; kami ingin melihat Isa Almasih Turun dan mengobati kerinduan umat Muslim dengan ALLAH SWT.

    • terimakasih sudah mampir…

      bisa saja disebut begitu, tetapi bisa saja FAKTOR X lain telah saudara pakai sebagai jendela dalam melihat YESUS KRISTUS…

      salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: