Percaya ngga kamu sama AKU

Juli 29, 2011 pukul 8:11 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 1 Komentar
Tag: , , , ,

Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH, Yang Mahakudus, Allah Israel: “Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu.”
(YESAYA 30:15)

Dalam beberapa kesempatan di Alkitab kita diajak untuk berjuang keras, untuk memikul salib, bahkan siap sedia untuk menderita, diajarkan untuk memegang teguh iman meski dihadang segala sesuatu yang mungkin menyakitkan.

Dalam sekejab di ayat kutipan di atas jika dibaca secara sederhana kita diajarkan untuk tinggal tenang.
Apa maksudnya?

Yesaya menuliskan firman TUHAN ini tak kala sedang membicarakan Israel yang dalam keadaan himpitan besar. Pernah TUHAN berjanji kepada raja-raja awal Israel, bahwa jika mereka taat maka TUHAN akan memelihara mereka tetapi kutuk juga akan hadir jika mereka melawan dan menjauh dari TUHAN. Ketika YESAYA menjadi pelayan TUHAN kutuk itu ternyata sudah menjalar, dia sedang di dalam upaya mengingatkan bangsanya untuk kembali kepada TUHAN, mereka harus bertobat.
TUHAN punya alasan sebab jika mereka tidak bertobat maka Israel akan diluluhlantakkan sama sekali.
Pada saat itu penjajah sedang memasuki Israel, datang dari wilayah utara. Sedang dalam keadaan begitu Israel diharapkan bergantung saja kepada TUHAN mereka, nyatanya mereka bergantung kepada Mesir, menjadikan mereka sekutu yang kuat untuk melawan penjajah, asal tahu saja Mesir memang bangsa yang dipandang waktu itu.

Sedemikian Israel, kita juga demikian, sering kita dihimpit oleh masalah-masalah, baik jasmani baik rohani, dan terkadang kita susah untuk memilah dan memilih, terkadang frustasi. Sebab kadang kala kita merasa pertolongan TUHAN tidak kunjung datang, kita diperhadapkan dengan pilihan yang amat berat. Ketika dukun gampang dicari dan bisa merasakan kesembuhan, maka beberapa orang akan berdoa kesetan dan rela memberi uang kepada dedengkan iblis itu, ketimbang harus bersabar menunggu waktu TUHAN.
Sakit penyakit di dunia modern ini semakin kompleks, sekilas bisa kita buat ukuran, semakin maju pengobatan malah penyakit makin terlihat kompleks, ada beberapa diantara mereka yang memang membutuhkan tangan TUHAN untuk disembuhkan, atau tangan-tangan di luar medis, dan sering yang terjadi adalah manusia mencari si Gelap satu itu, Iblis, Olkustisme.

Sekarang TUHAN juga mengajak kita, melalui Kitab YESAYA, yaitu: “Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu.”

Tinggal diam menjelaskan tentang bagaimana kita mempercayakan sepenuhnya diri kita kepada campur tangan TUHAN yang perkasa itu. Biarkan DIA beracara secara menyeluruh.
Jika kita maju mundur, atau ragu-ragu, maka semakin sulit terlihat dan semakin kabur waktu TUHAN, dan semakin bimbang kita melihat rancangan damai sejahtera TUHAN. Pertanyaan kita ketika di dalam keadaan ini adalah…”Waduh bener ngga ya, TUHAN menolong ngga ya”.
Ketika kebimbangan ini terjadi maka melalui kutipan di atas mungkin dalam bahasa sederhana TUHAN sedang berkata: “Percaya ngga kamu sama AKU”. Jika tidak maka bertobatlah, setelah itu serahkan semuanya kepada DIA yang MAHA mengerti, jika ada hambatan maka tenang saja, legakan hatimu dalam memikul salibmu, lapangkan dada ketika darahmu kemungkinan harus menetes, … dalam bahasa tragis tersenyumlah seperti Paulus tak kala beberapa saat lagi harus dipenggal. Sebab pertandingan kita adalah pertandingan yang berakhir kepada kemenangan yang ajaib, TUHAN beserta kita, IMANUEL.

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. amin. . memang jalan keluar yg disediakan BAPA kt kadang sederhana dan tdk rumit, justru kt sendiri yg mempersulit. gbu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: