Edom di mata Nabi Obaja

Mei 31, 2011 pukul 7:41 pm | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | Tinggalkan komentar
Tag: , , ,

Sebagai gambaran singkat untuk membaca ayat ini,
1. Edom adalah gelar/nama bagi Esau (Saudara kembar Yakub), ia disebut Edom karena ia menyepelekan hak kesulungan yang malah ia tukarkan dengan hanya sepiring kacang merah. Hak kesulungan adalah suatu hak yang menjadi jalan berkat dari TUHAN kepada manusia.

2. Edom berasal dari kata dasar “merah”. Ingat dosa manusia digambarkan sebagai merah, oleh karena itu orang yang masih belum menerima YESUS bisa kita sebut sebagai orang yang tidak mau menerima hak kesulungan, menyepelekan hak kesulungan.

3. Esau, dapat diartikan ‘berbulu’, jadi bukan karena rambut/bulu itu dia disebut EDOM, tetapi karena peristiwa ‘kacang merah’.

4. keturunan Edom lebih maju daripada keturunan Israel, mereka telah lebih dahulu memiliki raja. Tetapi dibaca dari segi rohani, bangsa Edom ini lebih dulu mengingkari TUHAN, sebab nenek moyang mereka mengimani bahwa TUHAN adalah RAJA, sehingga ketika Israel meminta raja, itu sama dengan mulai menolak TUHAN. Jadi sebagai bangsa yang lebih maju dari Israel, Edom telah lebih dahulu melawan TUHAN.

5. Kemajuan dan kekuatan Edom dipergunakan untuk melawan/menindas Israel, yang terkadang masih disebut saudaranya,

6. Ketidakmampuan keturunan Edom membaca tanda-tanda penyertaan TUHAN atas Israel ketika kembali ke Kanaan, semakin membuat bangsa ini membakar Amarah Suci TUHAN…

7. Nubuatan leh Obaja menggambarkan penghukuman kepada Edom, yang bisa diaplikasikan sebagai sudah terlaksana, akan sedang terlaksana, dan akan terlaksana kemudian.

Mari kita baca nubuatan yang ada di Obaja, hanya satu pasal, tetapi khusus kepada EDOM, mungkin juga bisa diaplikasikan kepada kita yang masih “MERAH seperti kermiji” dan “MERAH seperti kesumba”
Obaja 1:1-21
(1) Penglihatan Obaja. Beginilah firman Tuhan ALLAH tentang Edom–suatu kabar telah kami dengar dari TUHAN, seorang utusan telah disuruh ke tengah bangsa-bangsa: “Bangunlah, marilah kita bangkit memeranginya!” —
(2) Sesungguhnya, Aku membuat engkau kecil di antara bangsa-bangsa, engkau dihinakan sangat.
(3) Keangkuhan hatimu telah memperdayakan engkau, ya engkau yang tinggal di liang-liang batu, di tempat kediamanmu yang tinggi; engkau yang berkata dalam hatimu: “Siapakah yang sanggup menurunkan aku ke bumi?”
(4) Sekalipun engkau terbang tinggi seperti burung rajawali, bahkan, sekalipun sarangmu ditempatkan di antara bintang-bintang, dari sanapun Aku akan menurunkan engkau, –demikianlah firman TUHAN.
(5) Jika malam-malam pencuri atau perampok datang kepadamu–betapa engkau dibinasakannya–bukankah mereka akan mencuri seberapa yang diperlukannya? Jika pemetik buah anggur datang kepadamu, bukankah mereka akan meninggalkan sisa-sisa pemetikannya?
(6) Betapa kaum Esau digeledah, betapa harta bendanya yang tersembunyi dicari-cari!
(7) Sampai ke tapal batas engkau diusir oleh semua teman sekutumu; engkau diperdayakan, dikalahkan oleh sahabat-sahabatmu. Siapa yang makan sehidangan dengan engkau memasang jerat terhadap engkau. –Tidak ada pengertian padanya.
(8) Bukankah pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN, Aku akan melenyapkan orang-orang bijaksana dari Edom, dan pengertian dari pegunungan Esau?
(9) Juga para pahlawanmu, hai Teman, akan tertegun, supaya semua orang di pegunungan Esau lenyap terbunuh.
(10) Karena kekerasan terhadap saudaramu Yakub, maka cela akan meliputi engkau, dan engkau akan dilenyapkan untuk selama-lamanya.
(11) Pada waktu engkau berdiri di kejauhan, sedang orang-orang luar mengangkut kekayaan Yerusalem dan orang-orang asing memasuki pintu gerbangnya dan membuang undi atasnya, engkaupun seperti salah seorang dari mereka itu.
(12) Janganlah memandang rendah saudaramu, pada hari kemalangannya, dan janganlah bersukacita atas keturunan Yehuda pada hari kebinasaannya; dan janganlah membual pada hari kesusahannya.
(13) Janganlah masuk ke pintu gerbang umat-Ku pada hari sialnya, bahkan janganlah memandang ringan malapetaka yang menimpanya pada hari sialnya; dan janganlah merenggut kekayaannya pada hari sialnya.
(14) Janganlah berdiri di persimpangan untuk melenyapkan orang-orangnya yang luput, dan janganlah serahkan orang-orangnya yang terlepas pada hari kesusahan.
(15) Sebab telah dekat hari TUHAN menimpa segala bangsa. Seperti yang engkau lakukan, demikianlah akan dilakukan kepadamu, perbuatanmu akan kembali menimpa kepalamu sendiri.
(16) Sesungguhnya, seperti kamu telah minum di atas gunung-Ku yang kudus, segala bangsapun akan minum dengan tidak henti-hentinya; bahkan, mereka akan minum dengan lahap, dan mereka akan menjadi seakan-akan mereka tidak pernah ada.
(17) Tetapi di gunung Sion akan ada orang-orang yang terluput, dan gunung itu akan menjadi tempat kudus; dan kaum keturunan Yakub akan memiliki pula tanah miliknya.
(18) Kaum keturunan Yakub akan menjadi api dan kaum keturunan Yusuf menjadi nyala api, dan kaum keturunan Esau menjadi tunggul gandum: mereka akan membakar dan memakan habis sekaliannya, dan dari kaum keturunan Esau tidak ada seorangpun yang terlepas, sebab Tuhanlah yang berfirman demikian.
(19) Maka orang-orang Tanah Negeb akan memiliki pegunungan Esau, dan orang-orang Daerah Bukit akan memiliki tanah orang Filistin. Mereka akan memiliki daerah Efraim dan daerah Samaria, dan suku Benyamin akan memiliki daerah Gilead.
(20) Orang-orang Israel yang diangkut ke dalam pembuangan akan memiliki tanah orang Kanaan sampai ke Zarfat; dan orang-orang Yerusalem yang diangkut ke dalam pembuangan, yang ada di Sefarad, akan memiliki kota-kota di Tanah Negeb.
(21) Penyelamat-penyelamat akan naik ke atas gunung Sion untuk menghukumkan pegunungan Esau; maka Tuhanlah yang akan empunya kerajaan itu.

Edom

Edom

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: