Rajawali

Mei 30, 2011 pukul 5:36 pm | Ditulis dalam Pemikiran, Saya melihat | Tinggalkan komentar
Tag: , ,


sumber gambar:
http://mixgsm.net

Di dalam Alkitab berbahasa Indonesia Terjemahan Baru terbitan LAI kita dapat menemukan sebanyak 27 ayat tentang rajawali.
Rajawali dalam deskripsi Taurat adalah salah satu burung yang tidak boleh dimakan, burung ini masuk dalam kelas menjijikkan.

Dalam deskripsi janji TUHAN kepada Israel, rajawali diidentikkan kepada mereka yang akan menghancurkan Israel, menyambar dengan cepat dengan tiba-tiba tanpa dapat disadari.

Perihal kecepatan Yonatahan, anak Saul, maka rajawali menjadi pembanding. Saul dan Yonathan digambarkan bak rajawali dalam hal kecepatan.

Dalam kitab Ayub disebut juga perihal rajawali. Dalam kitab ini dituliskan bahwa hari-hari yang kita lalui jika kita sisihkan untuk membaca masa-masa yang telah kita lalui maka kita sadari bahwa hari-hari itu meluncur cepat bagai rajawali.

Pemazmur dan Yesaya juga tidak luput dari perihal rajawali, dalam hal kekuatan baharu, maka rajawali kembali disebut sebagai pembanding yang sepadan. Rajawali dalam mengarungi jarak yang sangat jauh dengan tidak berlelah-lelah, dan satu yang dapat digambarkan dengan baik adalah bahwa ketika badai atau angin kencang datang menerpa jalurnya, rajawali justru akan terbang lebih tinggi. Seolah memberi gambaran yang jelas kenapa disebut ‘tenaga’ yang baharu, kita sering diharapkan seperti itu, dikala diterpa masalah maka kita harusnya terbang semakin tinggi, mendekat semakin tinggi kepada DIA yang MAHA TINGGI, dan kita akan baharu senantiasa, berkekuatan senantiasa…
Meski Obaja langsung mewanti-wanti dalam hal terbang tinggi ini, dimana jika kita terbang tinggi tanpa kendali dan tanpa tujuan dan semakin tinggi untuk melawan TUHAN, maka dengan pasti TUHAN yang akan menurunkan, akan TUHAN hajar, dihempaskan…

Yeremia menggambarkan rajawali sebagai ‘sesuatu’ yang tangkas,… bertempat tinggal di tempat yang tinggi-tinggi dan mengepakkan sayapnya kala terbang.

Penglihatan-penglihatan oleh Yehezkiel dan Daniel juga melihat sesuatu yang seperti rajawali di sorga sana.

Bahkan ketika TUHAN menjaga Israel, dan ketika TUHAN menjaga kita, digunakan juga sayap rajawali sebagai perbandingan. TUHAN melindungi kita dalam kepakan sayapNYA,.. seperti sayap rajawali yang tangkas dan kuat.

Rajawali yang disebut di dalam Alkitab memang tidak melulu mengacu kepada satu jenis rajawali tertentu, dalam beberapa kata bisa diterjemahkan ‘burung besar’ saja, Namun yang ditegaskan disini adalah karakteristik yang dimiliki oleh rajawali pada umumnya yang dapat disejajarkan untuk keperluan pengajaran dan penggambaran tentang TUHAN, tentang kekuatan, tentang keperkasaan, dan lain sebagainya.

Dapat juga kita mengacu kepada beberapa negara yang banyak sekali menggunakan burung rajawali sebagai lambang pemerintahannya, baik itu dari jaman dahulu kala sampai negara-negara modern sekarang ini, … ada sesuatu pada rajawali yang membuat burung ini dijadikan simbol kenegaraan.

Dan sebagai pembanding, dalam Alkitab Terjemahan Baru Indonesia terbitan LAI maka kita dapat menemukan
hampir 7000 ayat yang memuat kata “TUHAN” (jika dibandingkan maka ayat tentang rajawali itu hanya sekitar 0,4 persennya) ,
hampir 4200 ayat memuat kata “Allah” (jika dibandingkan maka ayat tentang rajawali itu hanya sekitar 0,6 persennya),
hampir 2000 ayat membuat kata “YESUS” (jika dibandingkan maka ayat tentang rajawali itu hanya sekitar 1,35 persennya) dan hampir 600 ayat memuat kata “KRISTUS” (jika dibandingkan maka ayat tentang rajawali itu hanya sekitar 4,5 persennya).

Jika “rajawali” dimuat sebanyak hampir 30 kali dalam Alkitab, karakteristiknya dapat kita pantau dan kita cermati…
coba kita telusuri dengan “TUHAN”, “ALLAH”, “YESUS”, “KRISTUS”…

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: