Ya Abba, Ya Bapa

Mei 27, 2011 pukul 9:36 pm | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 2 Komentar
Tag: , , ,

Ketika YESUS berdoa sesaat sebelum derita salib DIA jalanin Ia berdoa:
Kata-Nya: “Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki.”
(Markus 14:36)

Ketika Roh ALLAH oleh hikmad Paulus menjelaskan tentang hidup orang yang percaya ia menulis:
Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!”
(Roma 8:14-15)

Dan ketika hikmad yang sama menjelaskan tentang bagaimana orang yang percaya dihargai sebagai anak oleh TUHAN, dikatakan:
Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: “ya Abba, ya Bapa!”
(Galatia 4:6)

Kita coba menelusuri dari salah satu isi Hukum Taurat berikut:
Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.
(Keluaran 20:7)

Di dalam bahasa batak isi kutipan berisi Hukum Taurat ini dapat dijelaskan seperti ini: “Jangan menyebut nama TUHAN, jika perbuatanmu tidak benar”.

Dari sini dapat dan amat sangat jelas bagaimana kekuatan dan anugerah yang diserahkan oleh YESUS kepada kita, sebab oleh DIA kita dapat memanggil Nama TUHAN sebagai BAPA. Kita memanggil NamaNYA karena dibenarkan oleh TUHAN YESUS, bahkan kita disebut anak ALLAH.

Kasih seorang bapa digambarkan seperti kasih ALLAH,…
Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia.
(Mazmur 103:13)

Sebab kita dilahirkan dalam keadaan baharu, lahir dari Roh, maka kita disebut anak-anak ALLAH, dan karena kita sekarang disebut anak maka BAPA sayang kepada kita, dan DIA sayang kepada kita karena karakter KRISTUS ada pada kita, sebab kita percaya kepadaNYA dan kita menerima DIA. Dan TUHAN sayang kepada KRISTUS sebab ALLAH adalah KASIH. Sebab KRISTUS adalah kekuatan ALLAH, NAMA ALLAH menjelaskan karakterNYA, dan YESUS adalah karakter terkuat yang bisa kita lihat, paling tidak ada orang yang pernah melihatNYA secara langsung di dalam keadaan manusia, dan meski itu terjadi di waktu yang dahulu sekali, kita disebutkan adalah orang yang amat sangat berbahagia sebab meski kita tidak melihat secara langsung tetapi oleh berita dari mereka yang melihat secara langsung kita percaya, melalui kesaksian ALKITAB kita percaya, maka kita sekali lagi disebut berbahagia,… berbahagia sebab kita sama seperti mereka yang melihat secara langsung juga akan disebut anak-anak ALLAH, sebab Bapa kita adalah SATU.

Dari titik tolak ini dapatlah kita sebutkan bahwa oleh YESUSlah kita layak dan bisa memanggil NAMA TUHAN,….
dan jika tidak maka jangan memanggil NamaNYA. Karakter KRISTUS memampukan kita memanggil Ya ABBA, Ya BAPA…
Jika bukan karena karakter yang kita percayai ini, maka Jangan menyebut nama TUHAN Allah dengan sembarangan,…. sebab jika karakter KRISTUS tidak ada maka perilaku kita pasti tidak benar. Dan yang tidak benar tidak akan diperkenankan memanggil BAPA, ia tidak diperkenankan karena YESUS sumber kebenaran-lah yang memampukannya.

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. penggambaran hubungan antara manusia dan Tuhan yg paling baik ada di dalam Alkitab…. “Bapa dan Anak”… “Sahabat”… ini menunjukkan besarnya kasih Tuhan kepada manusia melalui pengorbanan Kristus… bukan “tuan dan hamba” apalagi “majikan dan jongos”😛
    yang menarik dari pemakaian istilah Bapa dan Anak adalah hubungan antara Yesus dan Allah… Yesus tidak dilahirkan dari daging, tetapi Ia dipanggil “Anak” dan Ia pun diberi kuasa untuk memanggil “Bapa”… sebuah petunjuk bahwa inilah yang akan diterima oleh semua orang yang percaya pada Yesus dan pengajaran-Nya..

  2. Smoga thn Mmbrkati Engkauu??
    haleLuyaa!!!!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: