Dari Hizkia ke Manasye ke Amon

Mei 26, 2011 pukul 9:08 pm | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | Tinggalkan komentar
Tag: , ,

Jika kita meneliti Raja Hizkia maka kita akan mengenang seorang raja yang takut akan TUHAN. Awal cerita pemerintahannya di dalam Alkitab langsung dibuka dengan kata-kata berikut:
Ia melakukan apa yang benar di mata TUHAN, tepat seperti yang dilakukan Daud, bapa leluhurnya.
(2Raja-Raja 18:3)

Beliau disamakan dengan Daud, dan tentu bagi mereka yang berdiri pada janji TUHAN, itu sebuah berita yang menyenangkan.

Sampai suatu saat nubuat datang kepada Nabi Yesaya, demikian:
Lalu Yesaya berkata kepada Hizkia: “Dengarkanlah firman TUHAN! Sesungguhnya, suatu masa akan datang, bahwa segala yang ada dalam istanamu dan yang disimpan oleh nenek moyangmu sampai hari ini akan diangkut ke Babel. Tidak ada barang yang akan ditinggalkan, demikianlah firman TUHAN. Dan dari keturunanmu yang akan kauperoleh, akan diambil orang untuk menjadi sida-sida di istana raja Babel.”
(2Raja-Raja 20:16-18)

Raja Hizkia hidup sejaman dengan Nabi Yesaya, seorang nabi yang begitu dihormati.
Kita tidak terlalu mengerti memang kenapa Raja Hizkia membuat nama penerus tahtanya dengan Manasye, entah karena nubuatan itu atau apapun itu yang pasti Manasye diambil dari kata dasar nasha (lupa), yang dapat diterjemahkan sebagai menjadi lupa, atau dilupakan, atau menyebabkan terlupa.

Yah Manasye memang menjadi penerus Raja Hizkia, dan menjadi seperti arti namanya sendiri, ia menjadi raja yang amat sangat jahat. Kejahatannya sendiri dibandingkan dengan orang Amori yang pernah nenek moyangnya hancurkan oleh karena kejahatan mereka. Dikatakan bahkan Raja Manasye lebih jahat dari mereka. Ia membangun kembali tugu-tugu, mezbah-mezbah berhala. bahkan di dalam Bait Suci yang di Yerusalem, yang dikuduskan oleh TUHAN, dibangunnya mezbah berhala. Tak sampai disana ia bahkan membakar anaknya demi sesembahan kepada roh-roh jahat, roh tenung, horoskop, dan lain sebagainya. Ia seperti lupa akan bagaimana menyembah TUHAN seperti yang pernah dilakukan oleh ayahnya.

Sang ayah yang disejajarkan dengan DAUD oleh karena kesetiaan kepada TUHAN, sekarang Manasye dibandingkan dengan orang Kanaan, yang bahkan disebut lebih jahat dari mereka.
Nubuat YESAYA kepada Raja Hizkia ayahnya, sekarang sudah mulai terbuka untuk terlaksana, secepatnya…
Dan semakin dapat dilihat beridiri di muka gerbang, sebab anak Raja Manasye yaitu Amon sekarang menjadi raja menggantikan dirinya, dan ia juga dikenang sebagai raja yang sama jahatnya.

Sebelum kematiannya dengan cara dibunuh, Alkitab mencatat sejarah hidupnya dengan amat sangat memilukan…
Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN seperti yang telah dilakukan Manasye, ayahnya. Ia hidup sama seperti ayahnya dahulu sambil beribadah kepada berhala-berhala yang disembah oleh ayahnya dan sujud menyembah kepada mereka. Ia meninggalkan TUHAN, Allah nenek moyangnya dan tidak hidup menurut kehendak TUHAN.
(2Raja-Raja 21:20-22)

Ia meninggalkan TUHAN…. dan ia dikenang sama seperti ayahnya Raja Manasye, penyembah berhala, menantang TUHAN…
Dua raja terakhir yang disebutkan di atas menjadi pondasi dari ‘dilupakannya’ janji TUHAN kepada ISRAEL. Dan sudah sedang menunggu penghancurkan kepada YEHUDA, sebab ISRAEL saudaranya sendiri sudah terbuang ke ASYUR.
BABEL, di ujung timur wilayah Israel, sudah sedang menggeliat untuk meluluhlantakkan YEHUDA, bahkan menghancurkan Bait Suci yang di Yerusalem.

Hizkia mengingatkan orang kepada Raja Daud, Manasye tahu cara melupakannya, dan Amon melanjutkan cara ayahnya.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: