2 Nabi, Satu TUHAN, 1 INJIL

April 13, 2011 pukul 8:07 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | Tinggalkan komentar
Tag: , , ,

Kisahnya ada di 1 Raja-raja 13.

Kira-kira begini ringkasannya.

Dahulu kala jaman raja-raja, ada dua orang Nabi di sekitar Israel/Yehuda, tentu mereka bisa jadi adalah 2 dari beberapa nabi yang hidup di jaman itu. Kala itu Israel Raya sudah terbelah dua, Utara, Israel, dan Selatan, Yehuda.
Nabi yang satu berasal dari Yehuda, ia mengemban tugas untuk mengingatkan Raja Israel, Raja Yerobeam, mantan ‘anak buah’ Raja Salomo.
Tugas yang ia emban langsung terjadi pada sesaat setelah ia mengumandangkan maksud TUHAN untuk Raja Yerobeam. Setiap nabi atau hamba TUHAN pasti berdetang jantungnya dalam hal menyaksikan itu, dimana TUHAN beracara secara lansung. Pengalaman yang menggetarkan.

Dalam hal mengemban tugas, si nabi Yehuda ini mendapat peringatan dari TUHAN YANG ESA itu, peringatan itu adalah…
Jangan makan roti atau minum air dan jangan kembali melalui jalan yang telah kautempuh itu

Setelah tugas selesai ia siap-siap berangkat menuju Yehuda, dengan mencari jalan lain sesuai perintah TUHAN.

Di Betel lah kejadian itu terjadi, karena di Bethel Raja Yerobeam telah melakukan kejahatan yang luar biasa kepada TUHAN. Bethel sangat dekat dengan Yerusalem. Bethel dijadikan oleh Raja Yerobeam sebagai tempat peribadatan, tetapi bukan kepada TUHAN, melainkan kepada berhala-berhala, dewa-dewa kesia-siaan dan dewa-dewa memuakkan. Bahkan ia mengangkat sendiri imam-imamnya, sementara Yerusalem telah dipilih oleh TUHAN sebagai pusat peribadatan oleh karena doa Raja Salomo. Bethel artinya Rumah TUHAN, dijadikan rumah dewa-dewa, melawan RUMAH TUHAN di YERUSALEM, dan menantang juga atas pilihan TUHAN atas suku Lewi, Imam yang diharuskan melayani peribadatan di RUMAH TUHAN.

Di tengah perjalanan ia ditemui oleh seorang Nabi Tua, Nabi dari Bethel. Ia datang menemui Nabi Yehuda tadi. Lalu percakapanpun terjadi,


Nabi Bethel: “Marilah bersama-sama aku ke rumah untuk makan roti.”
Nabi Yehuda: “Aku tidak dapat kembali bersama-sama engkau dan singgah kepadamu; aku tidak dapat makan roti atau minum air bersama-sama engkau di tempat ini, sebab telah diperintahkan kepadaku atas firman TUHAN: Jangan makan roti atau minum air di sana. Jangan berjalan pulang melalui jalan yang telah kauambil itu.”

Nabi bethel: “Akupun seorang nabi juga seperti engkau, dan atas perintah TUHAN seorang malaikat telah berkata kepadaku: Bawa dia pulang bersama-sama engkau ke rumahmu, supaya ia makan roti dan minum air.”

Tetapi ia berbohong kepadanya. Kemudian orang itu kembali bersama-sama dia, lalu makan roti dan minum air di rumahnya.
(baca 1Raja-Raja 13:15-19)

Apa yang terjadi adalah Nabi Yehuda akhirnya mati mengenaskan karena ia melawan TUHAN.
Maksud TUHAN telah ia dengar, lalu oleh berita malaikat (meski disamarkan oleh Nabi Bethel), ia berani melawan.
Ajaran yang sudah diucapkan TUHAN, tidak bisa dibongkar oleh malaikat apapun meski ia berasal dari sorga sekalipun atau meskipun itu diatasnamakan atas Nama TUHAN…….
Sebab TUHAN ESA, maka ESA pula ‘perantara’ antara ALLAH dan manusia, Firman itu pasti ESA, tidak mungkin dibatalkan oleh Malaikat manapun…

mengingat perihal ini kita dapat mengerti bagaimana Rasul Paulus menulis :

(Galatia 1:8 [ITB])
Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.

(2Korintus 11:4 [ITB])
Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima.

Satu TUHAN yang diberitakan bisa diajukan oleh dua nabi, dua rasul, atau dua manusia, tetapi hanya ada satu maksud TUHAN, satu Injil TUHAN,….

Melencengkan dan memercayai hal yang berlawanan dengan maksud TUHAN, dengan LOGOS TUHAN, itu berakibat fatal, KITAB SUCI telah memberikan contoh-contoh perbandingan kepada kita…

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: