Dimengerti dan mengerti

Maret 7, 2011 pukul 7:36 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | Tinggalkan komentar
Tag: , ,

Ada banyak–entah berapa banyak–macam bahasa di dunia; sekalipun demikian tidak ada satupun di antaranya yang mempunyai bunyi yang tidak berarti. Tetapi jika aku tidak mengetahui arti bahasa itu, aku menjadi orang asing bagi dia yang mempergunakannya dan dia orang asing bagiku.
(1Korintus 14:10-11)

Dalam bab-bab ini Kitab Korintus sedang menjelaskan kepada kita tentang bahasa ROH. Dalam dua ayat ini kita sedang menarik sebuah sub pembahasan, yang saya sebut sebagai saling mengerti, dimengerti dan mengerti.

Di lingkungan tertentu bisa saja kebaikan yang kita anggap baik, tetapi jika diperlihatkan akan menjadi seolah kurang pantas,… kurang baik, contoh saja, di lingkungan orang Batak, seorang istri dari anak kita jika terlalu dekat dengan kita maka akan menjadi batu sandungan bagi masyarakat sekitar. Memang Kasih Kristus lebih berkuasa dari pada segala kasih dan perbuatan, tetapi Kasih Kristus jika dilakukan tanpa ingin mengerti “kelemahan” orang lain akan menjadi sebuah “masalah” bagi orang lain. Dan untuk itulah diperlukan memancarkan hikmad, tentu hikmad dari Kristus yang Mulia, TUHAN kita.

Dalam konteks ayat di atas disebut contoh yang paling mengena, yaitu bahasa. Jika kita mengucapkan puisi-puisi indah untuk memuja muji pujaan hati kita, atau misalkan kata-kata pertolongan kepada orang lain, dan ternyata dia tidak mengerti sepatah katapun dari bahasa yang kita ucapkan, bukankah itu menjadi sia-sia?….

!@#$%^&*())(*&^%E#@……… apa gunanya?

Mampulah untuk mengerti orang lain, dan mampukan juga diri kita untuk dapat dimengerti orang lain,…
Merendahkan diri bukan berbicara mengenai tidak tampil ke atas, tetapi berbicara tentang seberapa jauh kita dapat membawa pengertian, semakin dalam, maka semakin sejahtera kita mempertimbangkan segala sesuatu.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: