Dikhususkan, dikuduskan

Februari 18, 2011 pukul 7:21 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 2 Komentar
Tag: , , ,

Mari kita lihat catatan pembuka dari Surat-surat penggembalaan. Surat di sini kita ambil dari surat yang ditulis Paulus, Petrus, Yakobus dan Yudas…

Yudas:
Dari Yudas, hamba Yesus Kristus dan saudara Yakobus, kepada mereka, yang terpanggil, yang dikasihi dalam Allah Bapa, dan yang dipelihara untuk Yesus Kristus.
(Yudas 1:1)

Yakobus:
Salam dari Yakobus, hamba Allah dan Tuhan Yesus Kristus, kepada kedua belas suku di perantauan.
(Yakobus 1:1)

Petrus:
Dari Petrus, rasul Yesus Kristus, kepada orang-orang pendatang, yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia,
(1Petrus 1:1)

Dari Simon Petrus, hamba dan rasul Yesus Kristus, kepada mereka yang bersama-sama dengan kami memperoleh iman oleh karena keadilan Allah dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.
(2Petrus 1:1)

Paulus:
Dari Paulus, seorang hukuman karena Kristus Yesus dan dari Timotius saudara kita, kepada Filemon yang kekasih, teman sekerja kami
(Filemon 1:1)

Dari Paulus, hamba Allah dan rasul Yesus Kristus untuk memelihara iman orang-orang pilihan Allah dan pengetahuan akan kebenaran seperti yang nampak dalam ibadah kita,
(Titus 1:1)

Dari Paulus, rasul Kristus Yesus oleh kehendak Allah untuk memberitakan janji tentang hidup dalam Kristus Yesus,
(2Timotius 1:1)
Dari Paulus, rasul Kristus Yesus menurut perintah Allah, Juruselamat kita, dan Kristus Yesus, dasar pengharapan kita,
(1Timotius 1:1)

Dari Paulus, Silwanus dan Timotius, kepada jemaat orang-orang Tesalonika di dalam Allah Bapa kita dan di dalam Tuhan Yesus Kristus.
(2Thesalonika 1:1)
Dari Paulus, Silwanus dan Timotius kepada jemaat orang-orang Tesalonika yang di dalam Allah Bapa dan di dalam Tuhan Yesus Kristus. Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu.
(1Thesalonika 1:1)

Dari Paulus, rasul Kristus Yesus, oleh kehendak Allah, dan Timotius saudara kita,
(Kolose 1:1)

Dari Paulus dan Timotius, hamba-hamba Kristus Yesus, kepada semua orang kudus dalam Kristus Yesus di Filipi, dengan para penilik jemaat dan diaken.
(Filipi 1:1)

Dari Paulus, rasul Kristus Yesus oleh kehendak Allah, kepada orang-orang kudus di Efesus, orang-orang percaya dalam Kristus Yesus.
(Efesus 1:1)

Dari Paulus, seorang rasul, bukan karena manusia, juga bukan oleh seorang manusia, melainkan oleh Yesus Kristus dan Allah, Bapa, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati,
(Galatia 1:1)

Dari Paulus, yang oleh kehendak Allah menjadi rasul Kristus Yesus, dan dari Timotius saudara kita, kepada jemaat Allah di Korintus dengan semua orang kudus di seluruh Akhaya.
(2Korintus 1:1)
Dari Paulus, yang oleh kehendak Allah dipanggil menjadi rasul Kristus Yesus, dan dari Sostenes, saudara kita,
(1Korintus 1:1)

Dari Paulus, hamba Kristus Yesus, yang dipanggil menjadi rasul dan dikuduskan untuk memberitakan Injil Allah.
(Roma 1:1)

Rumusan dari surat-surat penggembalaan itu antaralain adalah:
Dari … , ..ke….

Dari di sini disebutkan nama, dan siapa yang mengutus/disahkan oleh siapa, dan kenapa diutus.

Contoh nama sudah kita sebut, sedang siapa yang mengutus/siapa yang mensahkan, dan kenapa diutus adalah oleh YESUS Kristus di dalam Nama Bapa.

Semua rumusan di atas dapat kita simpulkan dan jabarkan pada Roma 1:1,

Dari Paulus, hamba Kristus Yesus, yang dipanggil menjadi rasul dan dikuduskan untuk memberitakan Injil Allah.
(Roma 1:1)

Dan yang kita dalami sekarang adalah salah satu makna dari kata “dikuduskan”. Dikuduskan arti utamanya adalah dikhususkan.

Maksudnya adalah… bahwa ada begitu banyak yang percaya, bahwa ada banyak yang dipanggil, tetapi dari sekian yang dipanggil itu ada yang menerima tugas khusus, menerima pekerjaan khusus.
Contohnya adalah bahwa semua orang Israel dipilih untuk meninggalkan Mesir menuju Kanaan, tetapi Musa, Harun dan Myriam dipilih secara khusus, dikuduskan, untuk tugas khusus. Begitulah juga Paulus, Petrus, Yohanes, Yudas, Yakobus, dan lain sebagainya rasul-rasul pertama. Mereka dikhususkan dari sekian orang yang percaya untuk tugas terkhususkan dari YESUS KRISTUS. Jadi secara mekanis sederhana dapat dipastikan hanya orang yang percaya kepada YESUS yang telah datang sebagai manusia-, Firman ALLAH yang adalah ALLAH sendiri telah menjadi Manusia untuk mati dalam penebusan, dan bangkit dan naik ke sorga kembali, -lah yang dipilih dan dikhususkan, salah satunya menjadi Rasul.

Dan oleh karena perlunya mengetahui tugas-tugas khusus dari TUHAN kepada kita, maka kita perlu mengenal roh yang ada pada kita, perlu terus berdoa dan berseru di dalam ROH KEBENARAN.

Jadi kita dikhususkan dari dunia, dan dari sekian dari kita yang dikhususkan itu ada lagi pengkhususan tersendiri untuk tugas-tugas terkhusus dari TUHAN. Dan klaim atas pengkhususan inilah yang sering dibawa oleh orang-orang sehingga terkadang menyematkan nama-nama mereka yang terkhusus untuk menulis injil-injil palsu.

Iklan

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. terimakasih kami mendapat berkat yang menguatkan kami,Tuhan memberkati

    • @anak sugeng

      salam dan saling mendoakan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: