Amin

Januari 19, 2011 pukul 8:14 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 2 Komentar
Tag: ,

Amin, atau orang Batak bilang “amen”.
Berasal dari kata Ibrani, אָמֵן, AMN, dibaca amen, dalam bahasa arab disebut amin, dan inilah yang dipakai sekarang di Indonesia, karena memang banyak perbendaharaan bahasa Indonesia yang diambil dari kata Arab. Dalam pelajaran wawasan nusantara ini memang salah satu kekayaan yang mendukung Nusantara kita, sebab diapit oleh dua benua dan dua samudera, sebagai persilangan banyak kebudayaan, dan kita juga mudah “dipengaruhi”.

Amen, amin, biasanya diucapkan pada akhir-akhir doa. Nyatanya paling tidak ada 3 jenis kegunaan yang umum diketahui yang tercatat di Alkitab. Kita tidak perlu membicarakan itu.

Kita ambil contoh:
Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
(Wahyu 1:7)

Akan sedikit berbeda makna dan penekanan pada ayat berikut ini, walau pondasi utamanya sama:
Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: “Ya, Aku datang segera!” Amin, datanglah, Tuhan Yesus! Kasih karunia Tuhan Yesus menyertai kamu sekalian! Amin.
(Wahyu 22:20-21)

3 kata “amin” di atas jika di baca saja agak berbeda penggunaannya.
Bahkan akan berbeda dengan ayat berikut:

“Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah: ….
(Wahyu 3:14)

Meski berbeda, tetapi pondasinya sama, akar maknanya sama. Dan karena akarnya berasal dari Ibrani maka kita akan sedikit memaknainya demikian. Dalam term tertentu AMEN diartikan :”Jadilah”,…”Pasti Jadi…”,..”Akan terjadi”…

Dalam konteks YAHUDI, maka AMEN adalah AMN adalah singkatan dari אל מלך נאמן, el melekh ne’eman, ALLAH adalah RAJA Yang Setia.
Bandingkan itu dengan Kitab Wahyu di atas,… jelas akarnya dari Yahudi, dan karena memang Rasul-rasul adalah Yahudi, dan Iman Kristen jelas diwariskan dari YAHUDI, akar Yahudinya melekat, dan lebih kentara lagi Kristen adalah “dicangkokkan” kepada persekutuan Umat ALLAH YAHUDI…dalam term ini disebut kita menjadi anak-anak Abraham oleh karena kuasa rohani, dan oleh karena itu kita mendapat warisan berkat dari Abraham,…berkat itu adalah..”olehmu semua bangsa akan diberkati“, dan lebih nyata lagi bahwa oleh YESUS yang secara manusia adalah keturunan dari DAUD, keturunan dari Yakub, dari Ishak, dari Abraham…

Jangan memandang YAHUDInya, karena memang banyak juga YAHUDI yang “bloon”, “sangar” dan “mengerikan”,… tetapi pandanglah IMAN YAHUDINYA, nyatanya janji ALLAH datang pertama ke YAHUDI, dan diteruskan ke seluruh DUNIA, dan nyata lagi nabi-nabi kita adalah YAHUDI, dan nyata lagi Keselamatan datang dari YAHUDI…

Oleh YESUS, Sang Amin, Yang Setia, kita menjadi anak-anak Abraham, yang mendapat berkat, warisan iman.
Itu adalah Janji…
Dan karena ALLAH akan menepati janjiNYA, maka IA disebut juga AMIN.
Sekali lagi kita diberitahu bahwa NAMA TUHAN menyatakan PEKERJAANNYA…

Nama TUHAN adalah YA dan AMIN,…AMIN dan SETIA..

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Kiranya Allah sumber kekuatan dan hidup kita itu melimpahkan rahmat dan kasihNYA bagi kita semua yg telah di selamtkan dalam NAMANYA yg KUDUS
    Amin ves Aleluja


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: