Apa yang dilihat Bileam?

Oktober 14, 2010 pukul 9:22 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 4 Komentar
Tag: , , , , ,

Ketika Bileam memandang ke depan dan melihat orang Israel berkemah menurut suku mereka, maka Roh Allah menghinggapi dia.
Lalu diucapkannyalah sanjaknya, katanya:
“Tutur kata Bileam bin Beor, tutur kata orang yang terbuka matanya;
tutur kata orang yang mendengar firman Allah,
yang melihat penglihatan dari Yang Mahakuasa sambil rebah,
namun dengan mata tersingkap.

Alangkah indahnya kemah-kemahmu,
hai Yakub,
dan tempat-tempat kediamanmu,
hai Israel!

Sebagai lembah yang membentang semuanya;
sebagai taman di tepi sungai;
sebagai pohon gaharu yang ditanam TUHAN;
sebagai pohon aras di tepi air.

Air mengalir dari timbanya,
dan benihnya mendapat air banyak-banyak.

Rajanya akan naik tinggi melebihi Agag,
dan kerajaannya akan dimuliakan.
Allah, yang membawa mereka keluar dari Mesir,
adalah bagi mereka seperti tanduk kekuatan lembu hutan.

Bangsa-bangsa yang menjadi lawannya akan ditelannya habis,
dan tulang-tulang mereka akan dihancurkannya dan akan ditembaknya tembus dengan panah-panahnya.

Ia meniarap dan merebahkan diri sebagai singa jantan,
dan sebagai singa betina;
siapakah yang berani membangunkannya?
Diberkatilah orang yang memberkati engkau,
dan terkutuklah orang yang mengutuk engkau!”
(Bilangan 24:2-9)

Bileam adalah seorang nabi yang disewa oleh orang Moab, untuk mengutuki Israel.
Berbagai cara ia lakukan untuk membuktikan bahwa ALLAH sedang berjalan bersama Israel, dan berbagai cara pula ia mengelak dari upaya penyuapan dirinya itu, tetapi ia tetap saja melakukannya.
Lain kesempatan kita akan membahas siapa Bileam ini.

Yang menjadi point utama di sini adalah apa yang telah dilihat oleh Bileam dari puncak gunung itu, ia melihat ke arah gurun dimana orang Israel sedang berkemah.

Tepat, ia sedang melihat perkemahan dari orang Israel, suku persuku.
Bagaimana bentuknya?
Maka kita akan meluncur kepada perintah ALLAH kepada Musa supaya mendirikan Kemah Pertemuan (Tabernakel) yang kemudian dikelilingi oleh perkemahan 12 suku Israel sebagai berikut (lihat Bilangan 2):

Timur, total = 186.400 Yehuda 74.600
Ishakar 54.400
Zebulon 57.400
Selatan total: 151.450 Ruben 46.500
Simeon 59.300
Gad 45.650
Barat total: 108.100 Efraim 40.500
Manasye 32.200
Benyamin 35.400
Utara total: 157.600 Dan 62.700
Asyer 41.500
Nafthali 53.400

Di tengah-tengah perkemahan itu ada Tabernakel, Kemah Pertemuan.
Dan perkemahan itu akan tampak seperti berikut:

Perkemahan Israel

Perkemahan Israel

Seperti Roh Allah menjelaskan segala sesuatu kepada Bileam, sedemikian Roh Allah bekerja melihat skets perkemahan yang dilihat oleh Musa sebagai sampel yang ia lihat di sorga, dan sedemikian yang dilihat Bileam setelah menjadi nyata di bumi.

shalom

4 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Bileam adalah seorang nabi yang disewa oleh orang Moab, untuk mengutuki Israel.==> ternyata nabi ada juga yang sewaan ya ? Jangan2 sekarang juga banyak yang sewaan..hi hi hi

    • @lovepassword

      banyak…
      ada pesan, jika ternyata itu menjadi batu sandungan bagi Anda, “Jangan lihat apa yang mereka lakukan, tetapi lihatlah apa yang mereka ajarkan”…

      sama seperti Bileam, jika melihat apa yang ia lakukan, nabi disuap, maka tentu Israel tidak akan mendengar dia, tetapi nyatanya, mulut Bileam dipakai TUHAN untuk memberkati Israel… sebab “kenabian”nya memang tidak dapat dibatalkan oleh karena perbuatannya… TUHAN sedang beracara jangan main-main..

      salam

  2. “Jangan lihat apa yang mereka lakukan, tetapi lihatlah apa yang mereka ajarkan”…===> Kamu bahkan mencoba mengingkari salah satu point ajaran Yesus : Nilailah pohon dari buahnya..hik hiks….Duh…

    Kalo cuma ngomong banyak yang pinter kayaknya…bener nggak ? termasuk aku dan kamu kan pinter kalo cuma omong doang. Lha yang membedakan itu kan bukan ajaran tetapi bisa dilakukan atau tidak bisa dilakukan oleh Sang Pengajar. Kayaknya gitu sih.

    SALAM

    • @lovepassword

      kamu pintar ngomongnya, tetapi ngga berani menjebur di dalamnya, itulah retorika yang tidak bagus…

      Ada perbuatan yang tidak bagus dari orang2 yang mengaku pengajar Kristen. Mereka mengkotbahkan jangan mencuri, tetapi ada kalanya mereka kedapatan disuap, dibayar secara tidak benar, d.l.l,… nah dalam hal inilah Anda harus mendengarkan ajarannya mengenai jangan mencuri itu, tetapi jangan mengikuti perilakunya yang salah itu… bisa ditangkap? sangat bisa…

      setingkat lebih tinggi dari itu adalah,.. “kenali orang dari buahnya”…
      sebab ada juga orang yang kelihatan baik, ajarannya baik, tetapi kita tidak tahu baru 1000 tahun kemudian dapat diketahui ternyata ia adalah pedhofile dan telah mengajak menyembah allah lain, contonya saja itu,… nah akhirnya kita hanya harus memilih mengikuti “topeng”nya dia atau menolaknya, karena dari buah perbuatan dan ajarannya ternyata sudah melenceng…bisa ditangkap ngga? saya yakin bisa…

      jadi masalah Anda dimana?
      masalahnya adalah di penolakan Anda kepada TUHAN…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: