Yoel sang pelihat

Oktober 13, 2010 pukul 11:25 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 2 Komentar
Tag: , ,

Di dalam kamus Alkitab Smith, ada paling tidak 14 orang tokoh di Alkitab dengan nama Yoel.
Yoel, atau YHWH El, sering diterjemahkan sebagai:
1. Bagi dia yang YHWH adalah Allah
2. YHWH adalah Allahnya
3. YHWH adalah ALLAH

Umumnya terjemahan nomor 3 di ataslah yang diterima, meski semua arti di atas sama saja applikasinya, bahwa YHWH adalah ALLAH.

Yoel yang sedang kita bicarakan ini adalah Yoel sang pelihat yang kepadanya Firman TUHAN datang, dan tertulis si dalam Kitab yang sekarang kita sebut sebagai Kitab Yoel. Yoel bin Petuel. Pethuel adalah ayah Yoel, Pethu-El artinya “Yang dibukakan oleh Allah”, secara konteks bisa juga disebut “Penglihatan dari ALLAH”.

Jika membicarakan tentang nubuat atau penglihatan maka dapat dipastikan Yoel menulis Firman yang datang kepadanya itu jauh sebelum kejadian itu terjadi.
Bicara tentang kejadian yang sedang akan terjadi maka Yoel menulis hal-hal yang akan terjadi dengan sangat akurat dan luar biasa.
Penafsir menggolongkan Yoel ini Gagah seperti Mikha, Lembut seperti Yeremia, Tegas seperti Nathan dan Indah/Agung seperti Yesaya.

Kejadian apa yang sedang Firman TUHAN ungkapkan kepada Yoel?
Yaitu tentang “kehancuran” Yehuda oleh 4 kekaisaran, Babel, Medo-Persia, Yunani dan Romawi (yang di dalam kitab itu dilambangkan sebagai hama yang merusak tanaman pertanian secara habis-habisan dan tiada hentinya, yaitu belalang pengerip, belalang pindahan, belalang pelompat dan belalang pelahap).
Semua itu sudah terjadi.
Dan tentu apa yang sedang Rasul Petrus “pidatokan” pada saat-saat MESIAS dipertanyakan oleh orang-orang Yahudi yang percaya kepada ALLAH yang sedang hadir di Yerusalem, orang-orang Yahudi yang sudah lama merantau tiba di Yerusalem untuk mendengar bahwa ROH TUHAN telah turun kepada manusia (baca Yoel 2:28 dan Kisah Para Rasul 2:17), dan mereka paham betul “ucapan” Petrus itu di dalam bahasa mereka masing-masing, paham implikasinya dan paham muatan di dalamnya, sehingga tidak keliru bahwa ada sekitar 3000 orang langsung percaya kepada MESIAS, di dalam Nama YESUS.
Semua itu sudah sedang terus akan terjadi, ROH TUHAN tercurah bagi setiap manusia yang TUHAN kenankan.

Yoel berasal dari Yehuda, dan meski ia sering berkata-kata tentang Yehuda dan Yerusalem, itu selalu dapat diartikan sebagai Israel, 12 suku secara keseluruhan.
Dan Yoel menuliskan Firman TUHAN itu sangat luar biasanya, difirmankan bahwa sebelum semua penghancur itu “bekerja”, maka TUHAN tidak akan datang, Hari TUHAN tidak akan dinyatakan….dan kita hanya bisa tertunduk sekarang untuk dapat merenungkan betapa nubuatan itu telah terjadi,… sebab setelah 4 kekuatan besar itu, pagan itu, menguasai, menghancurkan ISRAEL, pada saat itulah IMANEUL, TUHAN Beserta kita, disebut YESUS, datang ke dunia menceritakan tentang Kerajaan Sorga dan bagaimana menyatu dengan Kerajaan itu… menyatu dengan Kerajaan dengan cara menerima “KTP” sorgawi dari Sang Raja itu, “KTP” bertandatangankan darah tebusan Kristus di Salib. Sehingga olehnya kita menerima kuasa dari ROH Kristus yang bekerja, dan dengan menyebut Nama TUHAN kita diselamatkan (bandingkan Yoel 2:32 dengan Roma 10:13).

Nabi atau mungkin Imam Yoel kita tidak tahu banyak perihal hidupnya, kita tidak tahu dia lahir dimana dan bagaimana, kita pun tidak tahu bagaimana akhir hidupnya, yang pasti kita tahu bahwa FIRMAN TUHAN, haDavar ELOHIM datang kepada dia untuk dituliskan, dan oleh itu maka Firman TUHAN yang bukan tulisan lagi, melainkan Firman Yang Hidup, NamaNYA YESUS KRISTUS sedang akan datang kepada dunia. IA Sudah datang, dan akan datang kemudian, yang kedua kali. Ketika itulah ada Damai Yang Kekal.

Yoel sang pelihat, dibukakan yang terjadi kepadanya oleh TUHAN,…
Kita tidak tahu awal dan akhir hidupnya, yang tersisa adalah Firman TUHAN yang datang kepadanya, sebagai salah satu bukti kepada kita bahwa memang hanya TUHAN yang layak dan patut di pertuhankan, dengan tidak memandang manusia penerimanya, tidak memandang dan mengkultuskan orang dan manusia yang menerima Firman Tuhan, bahwa TUHAN kita adalah TUHAN YANG ESA Yang dikenal melalui FirmanNYA, YESUS KRISTUS.
Dan bukti juga bahwa Firman TUHAN yang tertulis tidak menjadi dari ilham dan hikmat manusia.

Kemulian hanya bagi TUHAN, Yang berkenan kepada manusia di dalam Nama YESUS Kristus Tuhan kita.

Shalom

Iklan

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Yeah!
    Dahulu Yoel telah melihat-Nya
    Sekarang kita sedang melihat-Nya
    Dia Firman Yang Hidup, Yesus nama-Nya.

    Ia telah datang meragakan kemuliaan-Nya
    Ia sedang datang meragakan kuasa-Nya
    Ia akan tiba membagikan kerajaanNya

    Pantesan kita diajarin doa …
    Karena Engkaulah yg empunya Kerajaan dan
    Kuasa dan Kemuliaan sampai selama-lamanya.
    Amin!

    Terima kasih Lae!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: