Telah Terbit Terang (3)

Agustus 19, 2010 pukul 1:35 pm | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | Tinggalkan komentar
Tag: , , , , , ,

Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah, kata-Nya: “Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!”
(Markus 1:14-15)

Ini seri yang ketiga dari “Telah Terbit Terang”.

Topik ini memang sangat luar biasa. Dan kata yang amat sangat membuat penasaran adalah kata, “Waktunya telah genap”.
Yudea dan sekitarnya pada waktu itu sedang dibawah pengawasan republik Romawi, dan pemerintahan pusat memberikan semacam gubernur-gubernur daerah untuk mengepalai daerah-daerah tertentu. Pada saat itu Yahudi sangat diterima oleh pemerintahan, khususnya di Yudea, karena memang rakyatnya, yang Yahudi, masih “konservatif” dan lebih suka dinaungi oleh tokoh agama ketimbang pemerintahan sekular. Dan kemungkinan besar sekali beberapa pemerintah sekular ini akhirnya tertarik memelajari kebudayaan Yahudi. Romawi yang ini memang masih turunan dari kebudayaan Helenis, Makedonia dahulu, yang sangat terpelajar.
Walau tidak bisa dikatakan akan sedang hancur tetapi Romawi pada saat itu masih tergolong kuat, korupsi dan sebagainya pasti sudah menggerogoti, masalah-masalah pemberontakan tentu akan selalu terjadi, sebab wilayahnya sangat luas, dan rakyat yang dibawahinya sangat multikultural. Salah satunya Yahudi ini, di Yudea, tempat Raja Daud dulu memulai kerajaan makmur Israel Raya. Dalam keadaan rusak inilah otoritas Yahudi memasuki ranah politik, dan politik sudah tidak terlalu mapan, sudah diambang kehancuran oleh moral yang rusak. Gelap.

Salah satu simbol nyata dari kerusakan itu adalah ditangkapnya Yohanes Pembaptis. Ada apa dengan Yohanes Pembaptis ini? Bisa dikatakan Yohanes adalah “orang gila”, ia berteriak ke sana ke sini di padang gurun, hanya di padang gurun saja, teriakannya adalah …”BERTOBATLAH”….ia tidak takut sama siapa saja, mau imam Yahudi, mau pejabat, ia teriakin, ia suruh bertobat,… benar-benar roh Elia mengalir kepada dia ini, roh yang sama ketika darah Israelnya memanas waktu ia dengan gagah berani menguji kuas-kuasa allah lain, Baal, allah yang gagal, allah yang bisu, berani-beraninya berhadapan dengan ALLAH ISRAEL, ALLAH YANG HIDUP…,… roh yang sama ada pada Yohanes… dan pengikutnya sangat begitu diayomi oleh keberanian ini,… dan pada masa tertentu tidak ada yang berani-baik pejabat, baik otoritas Yahudi- mengganggu dia, sebab banyak rakyat yang bertobat oleh “teriakan” Yohanes. Simbol dari pemerintah kotor memang ada salah satunya di situ, takut kepada rakyat…takut dalam arti yang sangat absurd sekali….
Tetapi… saatnya telah tiba Yohanes pengkotbat di padang gurun, didatangi oleh orang-orang, sekarang ditangkap,…… ia dipenjara,…akhirnya kepalanya ditebas untuk hadiah, oleh hadiah demi perjinahan… Ketika pemerintahan yang cenderung kuat dan korup itu, ketika otoritas Yahudi yang mengaku bersih itu berpadu bersama, maka pada saat itulah YESUS berkata: “Waktunya telah genap”…..
Maka waktunya sudah genap,… Yesus sekarang berjalan menuju Samaria-Galilea-Yudea-Yerusalem, Terang ini datang menjemput orang-orangNya, mempersiapkan, DIA mendatangi orang-orang, berbeda dengan Yohanes yang didatangi, tetapi YESUS mendatangi orang-orang, IA juga berkotbah: “Bertobatlah Kerajaan ALLAH sudah datang”,… siapa Raja Sorga? IA adalah TERANG yang datang di dalam manusia itu, MESIAS itu, YESUS. Jadi Kerajaan Allah benar-benar datang menjemput mereka-mereka yang mau melihat terbitnya TERANG di hati mereka. Sangat amat tepat sekali Injil Matius menulis: “Maka genaplah nubuat menurut Nabi…”, “tepat seperti nubuat nabi…”, “maka digenapilah apa yang tertulis”,…. Kenapa? karena WaktuNya sudah genap, bahwa segala sesuatu nubuat yang diucapkan oleh Roh Kristus pada masa silam akan sedang digenapkan di dalam diri, didalam Pribadi Anak Allah Yang Tunggal, YESUS Kristus.
Dan amat sangat terbukti, bahwa waktu yang tepat itu, tidak dapat disangkal lagi, bahwa harga diri, kekuasaan, kemunafikan, lebih diutamakan ketimbang mengaku salah di hadapan YESUS, dan sedemikian kedegilan yang sama yang dapat kita perhatikan pada diri Firaun, kekerasan hati yang sama yang dapat kita lihat pada imam-imam BAAL ketika berhadapan dengan TUHAN ISRAEL jaman Elia,…dan rencana Agung Kristus menumpahkan darah demi tebusan manusiapun terlaksana….. TUHAN tidak gagal, TUHAN tidak kurang hikmat, TUHAN amat sangat luar biasa, terlalu indah untuk hanya diucapkan….
Waktunya sudah tepat, Mesias datang, ditolak tetapi berhasil….
Yang tidak mendalami waktu yang tepat itu malah dengan berani membangkitkan mesias sendiri, dengan mengumpulkan “penggemarnya”, maka mesias ini bergerak membangkitkan perang melawan Romawi, mungkin bisa dianggap sebagai tugas utama Mesias, mereka berperang, sedangkan Mesias Yang Satu itu sudah tepat waktuNYA untuk di dalam sedang meruntuhkan kerusakan moral…. Tetapi mesias ini gagal, karena waktu dia tidak tepat, dan lebih pas lagi ia bukan Mesias yang tertulis HidupNya di dalam Alkitab, iapun mati, dan banyak “penggemarnya” dibuang ke seluruh wilayah penjajahan Romawi, yang diharapkan menyatukan pemerintahan di bawah tangan mesias palsu itu, taunya semua hancur lebur….mesias yang satu inu disayang tetapi gagal….

Sedemikian juga, ada kelak waktunya yang akan tepat lagi, yaitu waktu sampai DIA datang diawan-awan, dan semua lidah mengaku bahwa DIA adalah TUHAN dari segala tuhan, RAJA di atas segala raja. Sebab sebelumnya si pendurhaka yang melawan DIA akan dihapuskanNya dengan nafas mulutNYA sendiri…

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: