Telah terbit Terang

Juli 24, 2010 pukul 4:37 pm | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 3 Komentar
Tag: , ,

Telah terbit Terang

…bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang.”
(Matius 4:16)

Yesus lahir di Betlehem, (rumah roti artinya, bandingkan dengan klaim Yesus bahwa Ia adalah Roti dari sorga) dulu disebut Israel Selatan, atau Yehuda saja, dan setelah “dibawa lari” oleh Yusuf dan Maria ke Mesir akibat pengejaran Herodes, Ia tumbuh dan besar di Galilea, di utara, dulu disebut Kerajaan Israel Utara atau Israel saja. Pada saat itu dua daerah ini sudah “hantam kromo”, terpisah. Karena praktek keagamaan juga sudah berbeda, maka semakin kloplah perpisahan itu, perpisahan itu sudah berusia lebih kurang 5 abad. Galilea artinya “circuit” atau bisa juga “district”. Galilea berada di sekitar daerah suku Zebulon dan Naftali.
Yesus memulai pelayanannya di sini, di Galilea, kalau kita perhatikan, Petrus dan saudaranya Andreas adalah orang Galilea, mereka dipanggil di sini. Dan banyak orang Galilea percaya kepada Yesus,.. orang yang dikatai kafir oleh otoritas Yahudi, bangsa yang gelap, yang tidak mengenal TUHAN, sekarang telah mengenal YESUS. Terang Allah.
Setelah dari Galilea-lah Yesus baru menuju Kerajaan Selatan, Yehuda, ke pusatnya langsung Yerusalem, pusat keagamaan sejak ratusan tahun silam. Dan di sinilah IA mengajar di sinagoga-sinagoga, di jalan-jalan, dan sebagainya.
Itulah salah satu makna yang jelas kepada kita, bahwa dari daerah utara yang telah hilang itu, dari daerah utara yang jahat-jahat itu, dari daerah utara yang gelap dan penuh praktek penyembahan dewa-dewa kesia-siaan itu Tuhan Yesus memulai pelayananNYA, DIA adalah TERANG dunia, maka genaplah nubuat nabi Yesaya berikut,

Yesaya (9-1) Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar. (menurut penomoran Tanakh Yahudi).

Galilea daerah yang ratusan tahun menjadi daerah kegelapan atas ketidakpengenalan akan ALLAH sekarang dapat mengenal. Dan karena begitu lama tidak mengenal jalan-jalan TUHAN, baik di dalam praktek keagamaan itulah maka orang-orang selatan selalu sedikit memandang rendah atas mereka,…. Galilea sudah diserahkan kepada bangsa yang tidak mengenal TUHAN sejak jaman raja-raja, orang-orang Aramlah yang berkuasa di sana. Ketika Aram berkuasa atas Israel, Yehuda masih kokoh dan praktek keagamaan masih ada.

Nabi-nabi yang berasal dari Galilea dan sekitarnya adalah Yunus, kemungkinan Hosea dan Nahum dan tentu yang terkenal adalah nabi Elia. Jika kita memandang nabi-nabi ini di dalam Alkitab, maka korelasi yang luar biasa sedang ditunjukkan kepada kita bagaimana nubuat dan penggenapan terjadi pada diri Yesus.
Yunus menceritakan tentang pertobatan , penghakiman, kebangkitan, dan kemuliaan bersama TUHAN.
Hosea menggambarkan tentang kerelaan seseorang berkorban demi keberdosaan.
Nahum tentang otoritas apa yang dilayakkan untuk pembangunan kembali bait Allah.
Dan Elia tentang kenaikan ke sorga.

Terang telah ada….dan Terang itu sedang bersinar, DIA menuju YERUSALEM, menuju YEHUDA….untuk meneguhkan semua nubuat-nubuat itu. Bahwa IA akan bersinar lebih dari sekedar di Galilea, di Yerusalem, tetapi seperti semula di seluruh alam semesta IA bersinar….

Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
(Kejadian 1:2)

Galilea sudah seperti samudera raya, gelap gulita pengajaran dan cara hidup telah menutupi… Dan Roh Allah menyinari kegelapan itu lalu berkarya, menciptakan segala yang ada,… demikian juga ROH yang telah menjadi manusia itu YESUS, berkarya dan membuat jalan Keselamatan buat kita semua, ini bukan perkara satu agama pada masa tertentu, tetapi perkara semua manusia di segala jaman dan abad, semuanya IA selamatkan, sebab pertama IA menciptakan juga bukan untuk satu agama pada masa suatu tertentu, tetapi IA mencipta untuk semuanya untuk segala jaman dan abad..semuanya…

Allah adalah Terang, dan kita kegelapan jika menerima Roh Allah maka akan terbitlah terang itu.
Surat yang penuh semangat, api yang membakar, dari Petrus menggambarkan dengan sangat penuh tenaga kepastian,

Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib…
(1Petrus 2:9)

so, daerah kita mungkin masih gelap, sebagai orang yang sudah menerima Terang, bersinarlah, maka Terangpun akan terbit.

3 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Kalau tak salah di Mesir sampai sekarang ada penganut agama Kristen Koptik. 🙂

    • @fitri

      bisa dijelaskan apa itu Kristen Koptik?
      dan relefansinya dengan artikel!!

      terimakasih dan salam

  2. @ Fitri

    Kalau mau belajar dari sejarah ttg penulisan Alquran maka hampir 90% isinya mengacu kpd injil yg tertulis dari bhs Kristen Koptik itu Fit…
    Hanya saja saya tidak tahu mengapa kebanyakan isi Alquran tsb memutar balik ttg keyakinan Kristen yg sebenarnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: