Kiasan Baptisan Yang Menyelamatkan

Juli 13, 2010 pukul 12:16 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 2 Komentar
Tag: , , , , ,

(1Petrus 3:20b-21 [ISH])
Pada waktu itu Allah menanti dengan sabar selama Nuh membuat kapalnya. Hanya orang-orang yang ada di kapal saja–semuanya delapan orang–yang diselamatkan melalui banjir besar itu.

Nah, kejadian itu merupakan kiasan dari baptisan yang sekarang ini menyelamatkan kalian. Baptisan ini bukanlah suatu upacara membersihkan badan dari semua yang kotor-kotor, melainkan merupakan janjimu kepada Allah dari hati nurani yang baik. Baptisan itu menyelamatkan kalian karena Yesus Kristus sudah hidup kembali dari kematian,….

Nuh dan keluarga diselamatkan dari air bah. Pemandian bumi oleh air bah itu diibaratkan sebagai baptisan, yang membunuh segala manusia jahat dan menyisakan manusia yang mengenal dan takut akan TUHAN. Dan dijelaskan di atas, baptisan itu bukan upaya untuk membersikan badan secara literal, ibarat mandi, karena awalnya baptisan dilakukan secara baptis selam… dan jika maknanya diangkat keatas lagi, maka baptisan juga tidak untuk mendapatkan kebersihan dan kesucian jasmaniah, lahiriah, tetapi perkara kita mendapat hati nurani yang baik, sebab melalui baptis kita berjanji kepada TUHAN untuk setia dan tunduk, yaitu untuk “mematikan’ tubuh kita dengan segala hawa nafsunya…..
Nuh dengan ketiga anaknya bisa menjelaskan itu, kenapa nenek moyang orang Kanaan dikutuk sementara Shem diberkati, karena Kanaan tidak memiliki nurani yang baik sementara Shem memilikinya, Nuh mabuk malah dipermaikan oleh Kanaan, nuraninya dimana?….dan kita yang mengaku dibaptis seharusnyalah kita memiliki hati nurani yang baik, karena Yang Baik telah ada pada kita…

kenapa Yang Baik ada pada kita? karena apapun namanya itu disebut manusia, baptis selam, baptis percik, baptis apapun namanya diberikan manusia, cara apapun itu, baptis hanya satu, yaitu baptis oleh ALLAH.
Nubuat Yohanes pembaptis harus kita ingat: “Aku membaptis engkau dengan air, tetapi DIA yang lebih besar dari aku akan membaptis kamu dengan Roh Kudus”,…. yah sebab manusia memang melakukan prosesi, tetapi kalau kita ingat bahwa Air Bah diadakan oleh TUHAN, bahwa baptis adalah pekerjaan TUHAN,….YESUS-lah yang membaptis kita,…dan jika air bah menyelamatkan Nuh, dimana bahteranya adalah perlambang akan Kristus maka kita juga yang dibaptis oleh Kristus akan beroleh selamat, karena Bahtera telah tersedia bagi kita, yaitu Bahtera keselamatan, yang menyeberangkan kita dari kematian yang mematikan,….

……
……
……

sebelum Kristus Baptisan itu memang bayangan, kiasan, tetapi setelah Kristus datang…. semua menjadi kenyataan. Dan semua kenyataan itulah yang disodorkan untuk dipilih, dan pilihan bijaksana adalah pilihan yang berani berdiri di sisi ALLAH.

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Lae ku yg terkasih

    Yang menjadikan agama Kristen itu unik adalah keyakinan mereka yg percaya di dalam nama Yesus Kristus untuk masuk ke dalam Baptisan yg melambangkan persatuan yg dipulihkan antara Allah dgn manusia maka kita harus disucikan melalui lambang air dan roh. Adapun baptisan itu adalah lambang yg mengkiaskan pengakuan manusia akan segala dosa-dosanya yg percaya di ampuni di dalam nama ANAK ALLAH YANG MAHA TINGGI . Dan hal itu hanya ada di dalam keyakinan Kristen. Itu adalah tanda-tanda Ilahi yg meneguhkan bagi siapa saja yg mempercayainya. Tidak ada satupun keyakinan di dunia ini yg langsung ALLAH yg memerintahkan demikian dan langsung DIA yg mengerjakan.

    Salam kasih laeku

    • @lae Sihotang

      tepat lae,
      keyakinan yang teguh, kepercayaan yang nyata itulah yang dipanggil Kristen…

      salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: