Bukan tanpa alasan kita menderita

Juli 11, 2010 pukul 2:36 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | Tinggalkan komentar
Tag: , , , ,

(1Petrus 3:17-20 [ITB])
Sebab lebih baik menderita karena berbuat baik, jika hal itu dikehendaki Allah, dari pada menderita karena berbuat jahat.
Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh, dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara, yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.

TUHAN memang menjanjikan damai sejahtera, sukacita dan sebagainya kepada mereka yang diam dan hidup di dalam Kristus, tetapi jika ada rencana TUHAN yang sedang atau akan terjadi maka IA berdaulat untuk membawa “penderitaan”.
Tidak akan ada yang menyangsikan akan murid-murid awal, betapa mereka mengikuti Tuan mereka, Yesus Kristus, tetapi tidak akan ada sejarah yang tidak mencatat betapa mereka penuh ratap dan tangis di dalam menjalakankan iman mereka….mereka 99 % mati mengenaskan, Stefanus sebagai martir pertama mati dilempari batu, Petrus disalib terbalik, bahkan saudara-saudara yang lain banyak yang dikasih ke binatang-binatang buas sebagai makanan, ada yang ditenggelamkan ke dasar air, ada yang dibakar, digergaji…. itu semua penderitaan…. Paulus mati martir juga di Roma,…dan pertanyaan, kenapa mereka bisa kuat dan tabah?….karena mereka mengenal alasan kenapa itu semua terjadi. Saking dekatnya mereka kepada TUHANNYA, KRISTUS, maka mereka begitu mengenal rancangan, kehendak TUHAN, yang harus dijalankan, yaitu menyebarkan secepatnya Injil kepada dunia…. dapat kita bayangkan jika Petrus tidak mengalami pengejaran di mana-mana ia tidak akan ke Anthiokia, atau tidak akan ke daerah-daerah lain, jika Paulus tidak mengalami penganiayaan maka ia tidak akan bersaksi di Roma….jika mereka nyaman di Yerusalem, maka nubuat YESUS sewaktu kebangkitan tidak akan terjadi, kehendak Yesus adalah supaya murid-murid memberitakan Kristus keluar dari Yerusalem, ke ujung-ujung bumi…

Katakanlah ada orang yang tidak terlalu mengenal kehendak ALLAH pada masa itu, itupun jika ada, kenapa Kristen pada masa itu kuat dan tabah?,…. satu kemungkinan besar, adalah bahwa mereka masih mengingat dengan jelas, baik dari orang perorang maupun sebagai saksi mata sendiri, betapa mereka mengenal teladan yang ilahi, teladan Kristus yang mereka kenal…..

Kutipan di atas sangat jelas menggambarkan semua hal itu, Petrus sedang di dalam menasehati umat ALLAH, agar jika penderitaan ada, oleh karena kehendak ALLAH, maka mereka harus mengingat Kristus…Petrus sedang tidak berkata-kata tentang sosok yang sama sekali tidak mereka kenali, tetapi sangat mereka kenali…. tetapi meskipun mereka kenali ada rahasia yang sangat kuat yang diberitahukan Roh Kudus kepada umat ALLAH, yaitu tentang Kristus yang mengabarkan Injil di dunia orang mati…

Pelajaran buat kita adalah,… semisal kita tidak dapat melihat atau mendalami kehendak apa yang sedang TUHAN lakukan kepada kita, yang biasanya semuanya baru ditemui setelah segala sesuatu terjadi, maka, sekali lagi, semisal kita tidak tahu kehendak apa dari ALLAH yang sedang terjadi di dalam hidup kita, dan membuat kita menderita, maka tanamkanlah di hati bahwa ada teladan yang harus diikuti yaitu Kristus….jika kita kuat meneladani DIA, maka kita akan dapat membaca kehendak ALLAH. Dan pada akhirnya kita memahami bukan tanpa alasan kita menderita.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: