Hanya ada satu Pembuat hukum dan Hakim

Juni 26, 2010 pukul 1:07 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 2 Komentar
Tag: , ,

(Yakobus 4:11-12 [ITB])
Saudara-saudaraku, janganlah kamu saling memfitnah! Barangsiapa memfitnah saudaranya atau menghakiminya, ia mencela hukum dan menghakiminya; dan jika engkau menghakimi hukum, maka engkau bukanlah penurut hukum, tetapi hakimnya.

Hanya ada satu Pembuat hukum dan Hakim, yaitu Dia yang berkuasa menyelamatkan dan membinasakan. Tetapi siapakah engkau, sehingga engkau mau menghakimi sesamamu manusia?

Berulang kali Kitab Yakobus ini mengucapkan nasehat-nasehat kepada mereka yang disebut saudara. Tentu saudara di sini bukanlah manusia-manusia semuanya,melainkan mereka yang disebut pada saat itu dan saat sekarang Kristen.

Kristen sendiri adalah mereka, manusia-manusia, yang sudah menerima Roh Kesaksian, Roh Kebenaran. Dan kalau kita tahu kita dipilih karena kita suci atau untuk menjadi suci lahiriahnya, tetapi supaya kita memiliki nurani, belas kasihan. Dan oleh Roh inilah kita disanggupkan mengenal Kristus TUHAN. Dan maaf kata itu tidak dapat dipikirkan sebagai memakaikan pakaian saja, meminta kepada TUHAN untuk memiliki pakaian nurani yang lemah lembut, tidak, kita harus melatih indera kita, melatih tubuh kita, melatih rohaniah kita untuk terus dapat menangkap maksud-maksud TUHAN, rangancangan TUHAN. Latihan itulah yang membuat kita tampak gagah menghadapi segala dunia ini, karena kita semakin mengenal Kristus. Setiap orang berbeda, sama seperti olahragawan, tidak semua dapat menjadi juara satu, selalu ada masa untuk gagal dan gagal,… sedemikian juga latihan-latihan rohaniah,….

Ketika ada seseorang gagal,…. AWAS…. jangan menghakimi, jangan memfitnah dia, kenapa? karena kita, Kristen, memiliki Roh Yang Satu, TUHAN Yang Satu,…dan kita tidak dapat mengetahui waktu dan masa bagaimana TUHAN menjamah dia… dan berbalik dari kegagalannya… manusia sangat labil tetapi TUHAN adalah tetap, ketika kita bisa tidak mengasihi karena alasan tidak enak hati atau perasaan-perasaan lainnya, TUHAN selalu tetap dan kekal dengan segala kasihNYA. Memang keadaan hati kita bisa membutakan penglihatan rohaniah kita.

Ketika ada gereja yang gagal, jangan menghakimi, jangan difitnah, tetapi bagi mereka yang memiliki hikmat, nyatakanlah kesalahan-kesalahan dengan hikmat yang dari sorga, dengan lemah lembut…Dan baiklah kita juga senantiasa dapat menerima pengajaran-pengajaran dan didikan serta nasehat-nasehat, ..
Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat. (Yakobus 3:16 [ITB])

Karena Kepala Gereja adalah Kristus, dan setiap tubuh kita adalah gereja dan bukan gedungnya, di dalam nurani kita masing-masing daging kita berjuang melawan Roh Allah, dan karena demikian seseorang kiranya dapat memberitakan Kasih Kristus melalui perbuatannya baik di dalam waktu yang tidak mengenakkan maupun atau lebih lagi pada saat menyenangkan…. sebab Hanya Satu Pembuat Hukum, dan IA adalah HAKIMnya, lalu apakah kita sehingga mau menghakimi Roh Allah yang telah diberikan ALLAH kepada manusia?…

Semisalpun kita harus menderita karena integritas, maka TUHAN adalah ADIL, IA Yang membuat HUKUM dan tentu IA tahu dan melihat jauh ke kedalaman hati manusia. Dan karena IA Yang membuat HUKUM, maka DIA-lah HAKIM… Karena ROH ALLAH mengetahui semua PIKIRAN-PIKIRAN ALLAH.

Iklan

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. @ Laeku Parhobas

    Sangat benar perkataan lae di atas ..
    .
    Manusia lebih mudah mengungkapkan segala kekurangan orang lain bahkan lebih jahat dgn memfitnah mereka.
    .
    Hanya Allah sang Hakim itu yg berhak menilai kita. Karena setiap orang di satu saat nanti hanya mempertanggung jawabkan dirinya sendiri kpd Seseorang Yang Maha Kudus.

    Salam Kasih laeku

    • @lae Sihotang

      salam juga lae


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: