Diskusi dua orang percaya

Juni 21, 2010 pukul 9:43 pm | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 27 Komentar
Tag: , , , , ,

Diskusi dua orang yang mengaku masih percaya TUHAN,

A: “Pak, kenapa seh dua dikali dua harus sama dengan empat”
B: “Lho, kenapa emang pak?”

A: “Ya, kenapa dua dikali dua harus sama dengan empat”
B: “Yah, hukumnya sudah begitu, emang kenapa”

A: “Saya masih mikir bahwa ada kemungkinan bahwa dua dikali dua harus tidak sama dengan empat, tetapi bisa saja sepuluh atau tujuh”
B: “Hmm kenapa bisa berpikiran begitu?”

A: “Kan kita tahu ada Tuhan, dan bagi Tuhan apa saja mungkin”
B: “Trus?”

A: “Ya itu, bisa saja bahwa dua dikali dua tidak sama dengan empat. Kan manusia yang memunculkan perkalian itu”
B: “Trus?”

A: “Trus kan, satu hal, bahwa Tuhan kalau berfirman jadilah maka akan jadi, dan bagi Dia tidak ada yang mustahil”
B: “Ooo; jadi dua kali dua bisa saja tidak sama dengan empat dengan asumsi Tuhan bisa, begitu maksudnya?”
A: “Ya tepat…”

B: “Trus?”
A: “Pendapatmu gimana”

B: “Bapak percaya bahwa TUHAN adalah pencipta kan?”
A: “Percaya”

B: “Bapak percaya bahwa TUHAN adalah pencipta kan?”
A: “Percaya”

B: “Bapak percaya bahwa TUHAN adalah pencipta kan?”
A: “YA, Percaya, kenapa sampai ditanya berulang-ulang?”

B: “Karena sepertinya memang belum”
A: “Koq bisa?”

B: “TUHAN adalah Pencipta, dan artinya IA yang memberikan hikmat kepada manusia, semua berasal dari DIA, tetapi karena berdosa, manusia terpisah”
A: “Hubungannya?”

B: “Karena terpisah itu; manusia selalu berpikiran bahwa ia sanggup, dan ketika semakin merasa sanggup ia semakin jauh dari TUHAN”
A: “Saya belum bisa menangkap”

B: “Artinya biarpun ia semakin terpisah tetapi manusia tidak dapat menyangkal bahwa hikmat yang ada padanya asalnya dari TUHAN”
A: “Trus?”

B: “Karena hikmat manusia berasal dari TUHAN, maka TUHAN tentu tidak bertentangan dengan TUHAN…”
A: “Dengan bahasa yang sederhana please…”

B: “Manusia pada dasarnya berasal dari ALLAH, hikmatnya itu berasal dari ALLAH, karena berasal dari ALLAH maka apa yang berasal dari ALLAH itu pasti tidak akan
bertentangan dengan ALLAH itu sendiri, jadi yang kita tahu itu ya dari TUHAN asalnya… cuman menjadi ada pengetahuan itu yang rusak karena manusia sudah keluar dari ALLAH..”

A: “Hubungannya dengan dua kali dua sama dengan empat di atas?”

B: “Sangat salah mengatakan dua kali dua bisa dirubah oleh TUHAN dengan berkata bahwa segala sesuatu bisa saja terjadi, tetapi jika kita bisa memahami bahwa
hikmat dua di kali dua itu adalah hikmat yang berasal dari ALLAH, bukan sesuatu yang diciptakan oleh manusia itu, karena kita sudah percaya bahwa TUHAN adalah pencipta”

A: “Oooo; mungkin ada kaitannya dengan TUHAN tidak bisa menyagkal diriNya itu yah?”

B: “Ngga usah terlalu jauh ke sana dulu deh, biar on track dengan obrolan kita, saya tertarik dengan Keluaran 31:3 dan telah Kupenuhi dia dengan Roh Allah, dengan keahlian dan pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan,”

Iklan

27 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Pernyataan yang sangat filosofis ala Raden Mas Parhobass ..He he he…

    Saya bisa rasa setuju pointnya meskipun alasannya mungkin lain…

    Jika Tuhan Maha Kuasa dapatkah Tuhan membuat bau biru?

    Jika Tuhan Maha Kuasa dapatkah Tuhan membuat segitiga yang memiliki sembilan sisi?

    He he he…Pertanyaan aneh yang menuntut jawaban lebih antik dari pertanyaannya…

    Manusia menangkap Tuhan itu kan dari sisi keterbatasan manusia…

    Jika ditanya bagaimana membuat segitiga dengan sembilan sisi, gambaran seperti itu bahkan tidak terbayangkan oleh manusia…

    Jadi bisa atau nggak bisa bahkan dari sisi manusia tidak ada bedanya, karena apa ? Lha karena manusia tidak punya parameternya…

    Jangankan membuat parameter, membayangkannya saja nggak bisa…

    Kayaknya gicu kan….

    Konsep bahwa Tuhan tidak semena-mena, Tuhan dibatasi oleh diriNya sendiri sebenarnya memang konsep klasik. Sayangnya banyak orang yang lebih suka berpikir jika Maha berarti tidak terbatas. Padahal ada banyak ayat dalam banyak agama yang menegaskan bahwa Tuhan membatasi diriNya…

    Misalnya dalam Islam ada ayat Tidak ada perubahan dalam Sunnatullah

    Dalam Kristen seperti katamu ada konsep Tuhan tidak bisa menyangkal diriNya…

    Jika ada pertanyaan : Karena Tuhan Maha Kuasa bisakah merubah Sunnatullah ? Ini kan namanya membenturkan…

    Masalahnya bukan pada titik itu tetapi persepsi manusia atas batasan itu. Karena manusia sangat terbatas maka penilaian manusia akan Tuhan tereduksi dalam bingkai kecil.

    SALAM

    SALAM Par

    See You

  2. @lovepassword

    Jika Tuhan Maha Kuasa dapatkah Tuhan membuat bau biru?

    Jika Tuhan Maha Kuasa dapatkah Tuhan membuat segitiga yang memiliki sembilan sisi?

    Masalahnya bukan pada titik itu tetapi persepsi manusia atas batasan itu. Karena manusia sangat terbatas maka penilaian manusia akan Tuhan tereduksi dalam bingkai kecil.


    sengaja saya kutip pernyataan2 dan pertanyaan2 di atas, karena intinya kan di situ…

    sangat tepat sekali kawan…
    sesuai diskusi di atas, apa yang sudah umum bdan benar di manusia, tanpa dalih dan pertentangan, berarti memang datang dari TUHAN,…

    sementara yang bertentangan dan lain sebagainya, hanya atau bisa jadi hanya ilusi dan angan2 manusia itu sendiri…

    dan ilusi/angan2 banyak yang tidak bisa menyentuh realita, berlawanan dengan logic dls..

    contohnya segitiga yang memiliki sembilan sisi, pernyataan ini saja sudah upsidedown, bagamana bisa menyelesaikannya ya toh?…
    yang namanya segitiga yah sisinya 3 buah tidak akan dan tidak akan pernah sembilan.. kan gitu toh…

  3. Lantas apa dan dimana porsi “Mukjizat”? hiih…
    kalau bicara ttg ke maha-an Allah, jangankan 2×2 bisa tidak sama dgn 4, alam semesta beserta seluruh isinyapun bisa tiba-tiba menjadi ada atau bisa juga tiba2 tiada…..
    buat fanya, keyakinan atas ke Maha Kuasa-an Allah seyogianya bukan utk memperdebatkan kemungkinan terjadinya sesuatu yg absurd, melainkan lebih utk dijadikan reason mengapa kita wajib takwa pd-Nya.

    salam

    • @fanya,

      Anda persis seperti si A di diskusi di atas,

      Si A di atas sedang mengakui dan percaya bahwa ada TUHAN, dan pasti percaya mukjizat pasti ada, dalam hal ini sama dengan B, tetapi si A telah salah meletakkan pengetahuannya itu… yaitu jika ada sesuatu yang benar, maka TUHAN belum pasti menilai itu benar, lalu si B menjawab sesuatu yang benar y sudah ngga usah diutak-atik menjadi salah karena sesuatu yang benar itu adalah dari TUHAN… manusia saja yang tidak tahu itu berasal dari ALLAH, mereka tidak tahu karena mereka jauh dari TUHAN…

      jadi bukan KEMAHAAN TUHAN yang harus dibenturkan jika manusia mengalami ketidaksanggupan, dan bukan menguji TUHAN yang harus dilakukan jika manusia memikirkan hal-hal yang imaginasi dan angan-angan…

      seperti pernyataan lovepassword di atas,
      bisa tidak membuat segitiga yang sembilan sisi,… kalau bicara BISA, namanya TUHAN pasti bisa,… tetapi timbul pertanyaan, masa TUHAN berdusta? padahal kita katakan DIA BENAR, KUDUS dan SUCI, jadi memang IA tidak bisa berdusta.. itu ukan MENGURANGi KEMAHAAN DIA, kenapa? karena IA tidak bisa menyangkal diriNya sendiri… BENAR YA BENAR, BENAR itu bukan sesuatu YANG MUNGKIN BISA BENAR… nah itu sejajar dengan segitiga yang sisinya sembilan,… namanya saja sudah segitiga, ya sisinya tiga, kalau sisinya sembilan itu sudah bukan segitiga…

      Contoh lain, seorang anak kecil merengek kepada ibunya waktu sedang mau makan di McD, “Mami saya mau susu”,… trus tiba-tiba dia teriak lagi, “Saya mau McD”,.. trus teriak lagi; “Saya mau soup kambing”,…nah si ibu tentu akan bertanya: “Mau mu apa seh? susu, soup kambung atau McD?”, “tadikan mau makan McD katanya, makanya mama ajak ke sini”…. nah sama dengan di atas, maumu apa seh? segi tiga atau segi sembilan?
      itu sangat berbeda dengan Air menjadi Anggur (salah satu mukjizat kesukaan saya di artikel2 di blog ini)…Seseorang mau anggur, tetapi anggur sudah tidak ada lagi, lalu TUHAN YESUS mengubahkan Air menjadi Anggur, itu nyata, …kalau bicara sudut di atas, TUHAN YESUS mengubah segi tiga menjadi segi sembilan…dan segi sembilan itu sudah bukan segitiga lagi.. OK…

      TUHAN YESUS memberkatiSalam

  4. kalo kata Ahmad Nizam:
    “Allah adalah PENCIPTA SEGALA SESUATU wahai saudara

    Jika ada roh lain yang datang bukan dari ALLAH, bermakna ada PENCIPTA LAIN

    Jangan terpengaruh dengan Falsafah YUNANI kuno yang diserapkan oleh Paulus dalam AlKitab Parhobass

    Falsafah Yunani banyaknya berkhayal dan semakin menyesatkan AQIDAH manusia 🙂

    • @Anak Adam

      kalo kata Ahmad Nizam:
      “Allah adalah PENCIPTA SEGALA SESUATU wahai saudara
      Tidak ada yang protes dengan itu,… 6000 tahun yang lalupun manusia udah tahu itu…

      saya bisa bertanya, dan pertanyaan ini masih belum Anda jawab dari dulu dengan tuntas,….

      A. Allah adalah pencipta segala sesuatu
      B. Kejahatan adalah sesuatu
      C. Allah menciptakan kejahatan

      Bagaimana Anda menyelesaikannya?

      Jika ada roh lain yang datang bukan dari ALLAH, bermakna ada PENCIPTA LAIN
      roh itu apa saudara anak Adam?

      Jangan terpengaruh dengan Falsafah YUNANI kuno yang diserapkan oleh Paulus dalam AlKitab Parhobass

      Falsafah Yunani banyaknya berkhayal dan semakin menyesatkan AQIDAH manusia

      ??????, target Anda apa?
      a.Falsafah Yunani Kuno yang mana yang Anda maksud?
      b. Aqidah manusia itu apa?
      c. Udah selesai belum PR Anda membandingkan perilaku Paulus dengan salah satu panutan yang Anda kenal di agama Anda?

      • a. Beribadah hanya kepada Allah adalah jalan yang benar sesuai dengan perintah-Nya,
        b. mengatakan bahwa putra Maryam adalah Allah adalah.
        c. barang siapa mengikuti petunjukNya maka tidak ada kekhawatiran atas mereka dan mereka tidak bersedih hati. Adapun orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat-Nya mereka penghuni neraka. mereka kekal di dalamnya.

        maka dari itu tidaklah Allah mendzalimi sedikit pun orang yang mendapat azab, tapi merekalah yang zalim pada diri mereka sendiri.
        telah saya selesaikan.

        tentang falsafah kuno tanyakan sama Ahmad Nizam. kamu bisa kunjungi blog miliknya, atau membalas komentarnya di blog anak Maryam.

        tentang roh itu justru kamu yang tidak menjawabnya: http://putramaryam.wordpress.com/2009/12/18/yesus-isa-putra-maryam-menyuruh-bani-israel-untuk-beribadah-hanya-kepada%C2%A0allah/#comment-788

        Bagaimana Anda menyelesaikannya?

        dengan ini pun cukup jelas; bagai mana bedanya ajaran paulus dengan ajaran Tuhan yang dibawa oleh Rasul kita.

      • @Anak Adam;

        ada sebuah nasehat dari Yunani, kalau berdialog maka biasakan mendengar dan menjawab pertanyaan lawan bicara,

        Anda jauh dari nasehat itu, apa allah Anda tidak mengajari demikian?

        kapok dah berdialog dengan Anda,… ehehhehe

        tetapi tidak apalah, mungkin memang tipe Anda begitu, lari dari masalah, dan tidak pernah menjawab pertanyaan,….

        a. Beribadah hanya kepada Allah adalah jalan yang benar sesuai dengan perintah-Nya,
        apa itu beribadah?
        apa itu perintah allah Anda?

        b. mengatakan bahwa putra Maryam adalah Allah adalah.
        adalah apa? Isa Almasih tidak sama dengan Yesus Kristus, allah Anda atau nabi Anda atau umat allah Anda yang salah mengatakan Yesus Kristus sama dengan Isa Almasih?

        c. barang siapa mengikuti petunjukNya maka tidak ada kekhawatiran atas mereka dan mereka tidak bersedih hati. Adapun orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat-Nya mereka penghuni neraka. mereka kekal di dalamnya.
        apakah allah Anda tidak memberi petunjuk cara diskusi yang benar? kalah dong sama filasafat Yunani…

        maka dari itu tidaklah Allah mendzalimi sedikit pun orang yang mendapat azab, tapi merekalah yang zalim pada diri mereka sendiri.
        telah saya selesaikan.
        memang manusia yang tidak mau mengakui bahwa Yesus Kristus telah mendamaikan Anda dengan ALLAH, Anda saja yang masih tidak percaya dan menerima malah percaya kepada allah lain…

        tentang falsafah kuno tanyakan sama Ahmad Nizam. kamu bisa kunjungi blog miliknya, atau membalas komentarnya di blog anak Maryam.

        tentang roh itu justru kamu yang tidak menjawabnya: http://putramaryam.wordpress.com/2009/12/18/yesus-isa-putra-maryam-menyuruh-bani-israel-untuk-beribadah-hanya-kepada%C2%A0allah/#comment-788
        heran sama Anda…Anda bukan seorang penakut bukan?

        Bagaimana Anda menyelesaikannya?

        dengan ini pun cukup jelas; bagai mana bedanya ajaran paulus dengan ajaran Tuhan yang dibawa oleh Rasul kita.
        memang berbeda, allah Anda saja yang mengaku2 bahwa Isa Almasih sama dengan Yesus Kristus. Paulus percaya dan saksi kuat kuasa Yesus Kristus, sementara rasul Anda saksi dari allah Anda…tetapi bisa juga dilihat dari kita berdua, saya mengikuti imannya Paulus yang berani berdialog sama ahli filsafat Yunani, sementara Anda sepertinya mengikuti nabi Anda yang tidak mau berdialog dan hanya mau menang sendiri…. allah yang aneh

      • anda mengedit tulisan saya atau saya yang lupa?. seingat saya, saya tadi menulis dengan teliti bahwa: b. mengatakan bahwa putra Maryam adalah Allah adalah salah.

      • janganlah anda mengedit tulisan saya disini, menampilkan sebahagian dan menyembunyikan sebahagiannya, seperti kelakuan mereka yang mengedit injil menjadi bahasa indonesia setelah mereka menyembunyikan kebenaran yang ada di dalamnya.

        perhatikan pertanyaannya: http://putramaryam.wordpress.com/2009/12/18/yesus-isa-putra-maryam-menyuruh-bani-israel-untuk-beribadah-hanya-kepada%C2%A0allah/#comment-788
        Katamu ada sebuah nasehat dari Yunani, kalau berdialog maka biasakan mendengar dan menjawab pertanyaan lawan bicara,

        Anda jauh dari nasehat itu, apakah anda menyuruh saya, padahal anda sendiri tidak melakukannya?

      • @Anak Adam

        hehehe anak adam anak adam;
        Anda yang salah malah menuduh saya yang ngga ngga,
        allah Anda yang salah malah menuduh umat Allah mengedit Alkitab
        lucunya Anda ini hehehehe

        nasehat saya, sebelum komen biasakan baca sekali lagi, atau biasakan jgn kopi paste… atau biasakan dengan hati yang damai… ok… mungkin nasehat ini tidak dipesankan oleh allah Anda…

        y sudahlah, kalau Anda tidak mau berdiskusi, dan memang sejak dahulu kala Anda sudah dan bukan pendiskusi yang baik, sepertinya memang allah Anda tidak mengajarkan demikian, maaf saya harus tegas dan keras kepada Anda…

        salam selalu…

    • @Anak Adam

      heheheh…. koq malaj tuduh menuduh, wadduh ngga bagus itu buat kesehatan…
      tetapi biarpun tulisan Anda itu tidak jelas, saya bisa paham maksud Anda…

      tugas menjawab pertanyaan saya masih belum Anda selesaikan,…
      nasehat Yunani, mendengar dan menjawab lawan bicara, gimana? allah Anda mewahyukan yang lain dari situ kah?

      waiting…

  5. saya bisa bertanya, dan pertanyaan ini masih belum Anda jawab dari dulu dengan tuntas,….

    A. Allah adalah pencipta segala sesuatu
    B. Kejahatan adalah sesuatu
    C. Allah menciptakan kejahatan

    Bagaimana Anda menyelesaikannya?

    akan saya jawab
    Allah menciptakan segala sesuatu. Termasuk neraka bagi orang yang jahat. Apakah Allah menciptakan kejahatan?

    contoh kejahatan adalah menyembah yesus yang tidak bisa memberi manfaat sedikitpun pada mereka yang menyembahnya.

    kejahatan seperti ini ada dan disebut jahat karena Allah mengatakan bahwa perbuatan itu adalah jahat.
    Selesai.

    dan saya peringatkan bahwa Allah tidak menzalimi orang yang kekal dalam neraka karena menyembah yesus, akan tetapi mereka sendiri yang zalim kepada diri mereka.
    Demikian telah saya jelaskan

    sekarang jawab pertanyaan saya. ini masih belum Anda jawab dari dulu dengan tuntas,….
    : Jika Roh anti kristus bukan ciptaan Tuhan siapa yang menciptakannya?
    tugas menjawab pertanyaan saya masih belum Anda selesaikan,…
    nasehat Yunani, mendengar dan menjawab lawan bicara, gimana? allah Anda mewahyukan yang lain dari situ kah?

    waiting…

    • @Anak Adam..

      hmmmm….

      saya bisa bertanya, dan pertanyaan ini masih belum Anda jawab dari dulu dengan tuntas,….

      A. Allah adalah pencipta segala sesuatu
      B. Kejahatan adalah sesuatu
      C. Allah menciptakan kejahatan

      Bagaimana Anda menyelesaikannya?

      akan saya jawab
      Allah menciptakan segala sesuatu. Termasuk neraka bagi orang yang jahat. Apakah Allah menciptakan kejahatan?

      contoh kejahatan adalah menyembah yesus yang tidak bisa memberi manfaat sedikitpun pada mereka yang menyembahnya.

      kejahatan seperti ini ada dan disebut jahat karena Allah mengatakan bahwa perbuatan itu adalah jahat.
      Selesai.

      dan saya peringatkan bahwa Allah tidak menzalimi orang yang kekal dalam neraka karena menyembah yesus, akan tetapi mereka sendiri yang zalim kepada diri mereka.
      Demikian telah saya jelaskan


      alurnya salah, kesimpulannya ngawur,
      dari jawaban Anda saya singkat begini;
      a. Tepat Allah menciptakan segala sesuatu, termasuk neraka buat yang jahat
      b. Menyembah Yesus adalah kejahatan

      nah jika diteliti pertanyaan menjadi dua
      1. Apakah Allah yang menciptakan Penyembahan kepada YESUS?
      2. Apakah Kristen adlah Allah, karena mereka telah membuat penyembahan kepada YESUS…

      hmmm, nasehat saya, alur dan pemikirannya jawablah dengan pelan dengan hati yang damai

      sekarang jawab pertanyaan saya. ini masih belum Anda jawab dari dulu dengan tuntas,….
      : Jika Roh anti kristus bukan ciptaan Tuhan siapa yang menciptakannya?
      tugas menjawab pertanyaan saya masih belum Anda selesaikan,…
      nasehat Yunani, mendengar dan menjawab lawan bicara, gimana? allah Anda mewahyukan yang lain dari situ kah?

      waiting…
      wahh wahh, Anda ini suka ngopi2 yah, dah ngopi trus nuduh2 saya salah.. seperti cerita 1400 tahun lahu hahahaha…
      sebenarnya pertanyaan Anda ini sama dengan pertanyaan saya di atas, cuman karena memang Anda tidak bisa menjawabnya maka Anda linglung,

      gini Anak Adam yang tidak penakut dan yang masih belajar berdiskusi ala filsuf Yunani,

      A. Allah adalah pencipta segala sesuatu
      B. Roh anti Kristus adalah sesuatu
      C. Allah menciptakan roh Anti Kristus

      A. Tidak ada satupun yang melawan itu, semua orang yang percaya kepada TUHAN pasti percaya bahwa TUHAN adalah ALLAH yang menciptakan segala sesuatu..

      B/C. roh Anti Kristus adalah roh yang menentang TUHAN, kenapa bisa menentang? Karena TUHAN menganugerahkan kasih kepada setiap orang dan ciptaanNYA… Karena kasihlah maka TUHAN tidak menghukum Anda secara langsung dikala berdosa atau memilih pilihan yang salah…dan karena kasih juga ALLAH seolah membiarkan orang membuat pilihan yang salah… dan karena kasihlah ALLAH datang di dalam Kristus supaya yang salah pilih itu bisa menjadi benar pilihannya… nyatanya kan tidak? Anda misalnya malah menghina Kristus… pertanyaan, apakah khinaan itu datang dari Kristus? jelas bukan… itu adalah buah dari kasih yang diberikan ALLAH kepada Anda; cuman kasih ALLAH yang diberikan telah Anda gunakan secara salah…Dan karena bebas memilih itulah maka ALLAH adil menjadi HAKIM…

      Nah roh antikristus lahir dari pemberontakan kepada ALLAH, salah sasaran,.. dan ALLAH pasti tidak salah sasaran, karena kita percaya bahwa ALLAH adalah BENAR…dan roh antikristus telah menyeret banyak orang untuk terus berada di sisi yang salah,… selidikilah hati Anda, apakah Anda telah menghina Kristus atau Anda memilih memujiNYA?; TUHAN dengan kasihNYA memberi Anda pilihan… kalau Anda memilih salah, jangan salahkan TUHAN dong…OK


      PR Anda yang belum dijawa:
      1. Apa itu ibadah
      2. Apa itu Filsuh Yunani Kuno
      3. Apa perintah allah Anda
      4. Apakah allah Anda tidak memberi petunjuk cara berdiskusi yang benar?
      5. roh itu apa?
      6. Aqidah manusia itu apa?
      7. Apa perbandingan Paulus dengan salah satu panutan agama Anda?

    • @ Anak Adam

      contoh kejahatan adalah menyembah yesus yang tidak bisa memberi manfaat sedikitpun pada mereka yang menyembahnya.

      kejahatan seperti ini ada dan disebut jahat karena Allah mengatakan bahwa perbuatan itu adalah jahat.
      Selesai.

      .
      .

      Sekalipun ada orang yg menyembah patung dan berhala di depan saya , tetapi saya tidak akan menyebut itu adalah suatu kejahatan. Saya hanya menyebut itu adalah suatu keyakinan mereka. Kamu terlampau gegabah menilai orang dgn memakai keyakinanmu itu hehehe..
      Dapatkah kau yakinkan orang utk memeluk keyakinanmu jikalau kau menyalahkan kepercayaan orang itu salah ?? Disitulah perbedaan kita hai kamu Anak Cucu dan Cicit Adam …
      Dlm ajaran keKristenan semangat kasih harus ditonjolkan krn tidak ada manusia yg benar selain Allah yg Maha Kudus. Dan kekudusan itu Dia tampakkan dgn merelakan diriNYa dibunuh utk meyakinkan dirimu. So simple saja bukan ??
      S E L E S A I J U G A

  6. @Parhobass

    Di bagian mn ada topik “roh anti Kristus” Tulang? Koq tak ada q baca?

    @Anak Adam
    Jawabanmu tentang ketiga pertanyaan sama sekali tidak menjawab pertanyaan.
    “kejahatan adalah menyembah yesus yang tidak bisa memberi manfaat sedikitpun pada mereka yang menyembahnya.

    kejahatan seperti ini ada dan disebut jahat karena Allah mengatakan bahwa perbuatan itu adalah jahat.”

    Apakah allahmu yang mengatakan menyembah Yesus itu adalah perbuatan jahat? Adakah itu tertulis di Qur’an atau hanya ucapanmu semata?

  7. 1. Tuhan adalah Pencipta segala sesuatu
    2. kejahatan adalah sesuatu
    3. Tuhan menciptakan kejahatan

    kamu menyuruh saya menyelesaikan ini untuk apa?
    untuk bisa menyelesaikannya maka saya ambil contoh perbuatan jahat yaitu mencuri.

    mencuri disebut perbuatan jahat karena Tuhan menyatakan bahwa mencuri adalah salah satu dari perbuatan yang jahat. karena itulah disebut Tuhan menciptakan kejahatan.

    menciptakan ini ma’nanya luas lae…

    contoh kenapa kursi kita sebut kursi, dan meja kita sebut meja dan Yesus kita panggil Rasul? karena ada yang memberi nama, dengan kata lain ada yang menciptakan sebutan mereka.

    telah saya selesaikan tapi kamu tidak setuju karena ada benci dihatimu setelah saya menjelaskannya. Jika kamu tidak setuju silahkan selesaikan sendiri!

    dan jangan lupa pertanyaanku:
    1. Tuhan pencipta segala sesuatu
    2. Roh anti kristus bukan ciptaan Tuhan (1Yohanes 4:2-3)

    siapa yang menciptakannya?

    • @Anak Adam;

      1. Tuhan adalah Pencipta segala sesuatu
      2. kejahatan adalah sesuatu
      3. Tuhan menciptakan kejahatan

      kamu menyuruh saya menyelesaikan ini untuk apa?
      yah paling tidak ingin mengetahui alur pikiranmulah hehehe, syukur2 bsia tahu alur penyelesaian yang allah Anda sodorkan di dalam menyelesaikan masalah…

      untuk bisa menyelesaikannya maka saya ambil contoh perbuatan jahat yaitu mencuri.

      mencuri disebut perbuatan jahat karena Tuhan menyatakan bahwa mencuri adalah salah satu dari perbuatan yang jahat. karena itulah disebut Tuhan menciptakan kejahatan.

      Nah karena kata Anda allah Anda menciptakan kejatan, pertanyaan, dengan apa allah Anda menciptakan kejahatan? bukankah allah Anda menciptakan segala sesuatu dari dirinya sendiri?

      menciptakan ini ma’nanya luas lae…

      contoh kenapa kursi kita sebut kursi, dan meja kita sebut meja dan Yesus kita panggil Rasul? karena ada yang memberi nama, dengan kata lain ada yang menciptakan sebutan mereka.
      menurut Anda siapa yang memberi nama allah Anda?,
      alurmu memang ngawur, Anda harus mengakui itu… saya masih mencari alur pikiran Anda sehingga menghubungkannya dengan pertanyaan diatas,… bisa lebih diperjelas…?

      telah saya selesaikan tapi kamu tidak setuju karena ada benci dihatimu setelah saya menjelaskannya. Jika kamu tidak setuju silahkan selesaikan sendiri!
      Anda merasa sudah selesai, tetapi karena jawabannya tidak enak didengar dan ngawur maka masih butuh jawaban…

      dan jangan lupa pertanyaanku:
      1. Tuhan pencipta segala sesuatu
      2. Roh anti kristus bukan ciptaan Tuhan (1Yohanes 4:2-3)

      siapa yang menciptakannya?
      sudah saya jelaskan di atas, perhatikan saja…

      note PR ANDa yang belul dijawab,

      1. Apa itu ibadah
      2. Apa itu Filsuh Yunani Kuno
      3. Apa perintah allah Anda
      4. Apakah allah Anda tidak memberi petunjuk cara berdiskusi yang benar?
      5. roh itu apa?
      6. Aqidah manusia itu apa?
      7. Apa perbandingan Paulus dengan salah satu panutan agama Anda?

  8. Kenapa seh @Anak Adam kurang suka dengan filsafat Yunani ? Menurutku, agama tanpa filsafat adalah hampa karena hanya menekankan pada “keharusan utk percaya” tanpa boleh dipertanyakan.

    Mungkin betul yg dikatakan Nietzsche, “Kepercayaan berarti ketidak-inginan utk mengetahui apa itu kebenaran”.

    Salam

    • @Dawkintz;

      itulah yang sampai sekarang saya tanyakan dengan agak keras kepada dia, hehehe

      kita tunggu sajalah, mungkin dia agak pesimis dengan filsafat,

      salam

  9. Bagiku, Tuhan tidaklah terpisah dengan diri kita sebab jika Ia terpisah berarti ada batas yg memisahkan antara kita dan Dia. Dapat dikatakan Tuhan itu dibatasi (terbatas) oleh ruang.

    Kita tidak terpisah dengan-Nya tapi seolah-olah terpisah ibarat air berwarna merah dalam Samudera Luas yg biru tampak terpisah, padahal sebenarnya tidak. Itu hanyalah ilusi dari rasa “ke-aku-an” yg membuat jiva individu ‘terpisah’ dengan-Nya.

    Salam

    • @Dawkintz

      Tuhan menganugerahkan Rohnya kepada manusia,… dan oleh Roh ALLAH kita sanggup berhubungan di dalam doa dan ibadah dan perbuatan …

      saya kira begitu…

      tetapi tidak semua orang mengetahuinya, dan lebih banyak yang tidak memahaminya…

  10. @Parhobass : Masalah filsafat Yunani menarik juga, yah. Seperti yang kita bahas pada bagian lain terutama hubungan antara iman dan akal. Letak akal termasuk filsafat dalam agama memang cukup seru pembahasannya.

    Lha sebagai seseorang yang kemarin menasehatiku soal iman di atas akal, dsb – tak kusangka lho kamu membela filsafat Yunani…. 😉

    Kalo ngomong soal Paulus, Paulus juga cukup kompleks karena dia bisa dibilang menguasai Yunani , area jalan–jalannya memang di Yunani dan mungkin berinteraksi dengan pakar2 filsafat Yunani – tetapi Paulus sebenarnya juga sempat belajar belasan tahun di Arab kalo saya gak salah.

    Kalo bicara misalnya Aristoteles, manusia satu ini diakui atau tidak – membawa pengaruh kepada tokoh2 Islam dan Kristen, semisalnya Ibnu Rusyd salah satu pemikir Islam. Begitu juga membawa pengaruh kepada Thomas Aquinas kalo kita ngomongin Kristen…

    Pada masa keduanya mungkin perdebatan antara filsafat dan iman cukup seru diperdebatkan. Sampai sekarang pun perdebatan ini cukup seru.

    Lha aku rada surprise padamu karena kupikir gayamu sudah kayak Agustinus yang pernah ngefans dengan salah satu aliran filsafat kemudian berubah pikiran. Akibatnya dia jadi “berhati-hati” dengan filsafat. Mungkin karena itulah dia melihat akal membahayakan. Nuansanya rada beda dengan Aristoteteles serta pakar2 yang belajar Aristoteles, sebagian malah menciptakan aliran filsafat yang bisa dibilang cukup religius. Misalnya : Darimana bisa disimpulkan Tuhan ada ?

    Lha dari biodatamu Par, kamu pernah terjerumus dengan ngefans aliran filsafat yang aneh2. Tidak heran kamu rada berhati-hati menempatkan akal.. Hi Hi Hi…Tetapi dalam kasus ini mengapa kamu tampaknya ‘tidak terlalu takut’ dengan filsafat ? meskipun pada diskusi kita yang lain aku malah menangkap kesan sebaliknya…

    SALAM

  11. @lovepassword

    jangan salah sangka lagi dengan bahasa saya,

    saya sedang berbicara dengan Anak Adam perihal ketakutan dia dengan filsafat lalu menghakimi filsafat itu ngawur termasuk di dalamnya filsafat Yunani…. saya sedang menantang beliau untk keluar dari tempurungnya….

    jadi saya tidak membela filsafat Yunani,….Ok bung?

    Yup, Paulus adalah murid Rabbi Gamaliel,murid terbaik, tidak ada orang yahudi masa itu yang tidak mengaminkan itu, setelah bertobat ia memang mengasingkan diri ke Arab sekitar 14 tahun, seorang “pembantai”, pembunuh” memang butuh “pengasingan diri”, untuk mengenal cinta kasihn TUHAN, untuk merenung, d.l.l, Paulus juga adalah kewarganegaraan Romawi, terbukti dari daerah asalnya, Tarsus daerah Kilikia, hanya beberapa kilometer dari Galatia, Turki bagian selatan, salah satu daerah pusat propinsi besar, dan dia paham betul arti “melek” berpikir… makanya ia menyempatkan diri untuk “berdialog” dengan para ahli filsafat di Aeropagus,… ia paling tidak menguasai dua bahasa itu, Ibrani dan Yunani…

    karena akal, filsafat, dan sebagainya adalah “tubuh” kita, dan tidak ada yang salah dengan itu semua, yang salah adalah jika tubuh itu berhasil menjadi tuan atas diri kita tuan atas nurani, tuan atas tujuan-tujuan kita….bagaimana kita mampu mengendalikannya? yaitu tadi dengan iman…kenapa harus takut berfilsafat? bukanlah Roh Allah yang diam di dalam kita jauh lebih kuat?kan gitu? tetapi kalau kita tidak memiliki iman, ya siap2 saja murtad dan kecewa kepada TUHAN….

    karena Paulus yakin betul dan imannya kuat, kokoh di dalam Kristus maka ia berani “beradu pikiran” di Aeropagus… karena semua harus dijangkau, ya toh?

    berbahagialah yang kakinya berpijak pada dasar yang kokoh, dan dasar Yang Kokoh adalah Kristus…

    salam

  12. Salah satu orang yg mempunyai ragu dan kecewa kepada Tuhan adalah saya. Hehehe… :mrgreen:

    Salam, Herwitz (Dawkintz)

    • @Herwitz

      kecewa dan ragu itu wajar,… karena kita dikasih pikiran, anugerah terbesar,…

      nah kalau kecewa atau ragu, bagaimana kita mengatasinya? kan gitu yang menjadi pertanyaan…
      kita kecewa dan ragu lalu kita menjadikan akal kita sebagai tuan atas diri kita…itu yang sudah salah, kalau terus2 begitu, dan karena kita ada batas waktu untuk hidup ya siap2lah menerma ganjaran atas kekecewaan dan keraguan kita…

      ada orang yang kecewa dan ragu tetapi memacu dia untuk semakin meneliti lebih dalam dan lebih dalam…
      dan berbahagialah mereka yang dulunya ragu dan kecewa tetapi diubahkan oleh TUHAN,…
      artinya kalau kita kecewa dan ragu…. ucapan orang lain mungkin bisa membantu, tetapi akhirnya kitalah yang menentukan, apakah kita manusia yang kecewa atau ragu karena kekerasan kepala kita atau karena kt tidak memahami dasar… kita berusaha menjangkau segala sesuatu padahal batas pikiran kita kan ada….contohnya, semua manusia berlomba untuk mengerti maksud TUHAN, padahal kita sendiri kadang kala tidak dapat mengerti apa yang kita ucapkan atau kenapa kita mengucapkan sesuatu, kan gitu? hehehhe

      salam deh,
      semoga kekecewaan dan keraguanmu berbuahkan kematangan Anda untuk hidup dan bukan untuk mengalirkan kekecewaan dan keraguan Anda kepada orang lain…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: