Aku tidak mengerti

Juni 19, 2010 pukul 3:34 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 2 Komentar
Tag: , ,

Yohanes 2:9 Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu–dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya

Yap, Yesus mengubah Air menjadi Anggur,

Banyak hal yang tidak kita mengerti, dan pengertian kita berasal dari ALLAH, tetapi karena manusia telah “keluar” dari ALLAH, maka ada pengertian-pengertian yang tidak searah dengan TUHAN,… dan kita harus menghadapinya dengan dingin dan bijaksana, Kitab Suci mengajarkan demikian,…

Terkadang kita kelewat batas karena alasan-alasan tertentu, …. yang sebenarnya mudah untuk dijawab, yaitu dengan berkata: “Aku tidak mengerti…”.

Nah pertanyaan yang mana yang sangat mudah dijawab dengan jawaban seperti itu?
Yaitu jika ada pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya dikategorikan sebagai: “Bagaimana caranya YESUS mengubah Air menjadi Anggur”. Memang sangat mudah jawabnya, dengan berfirman, dengan melakukan mukjizat, sebab dengan demikianlah pelayan-pelayan itu mengetahuinya, tetapi kalau bicara detail, kita tidak dapat menjelaskan selain dengan kata mukjizat. Dan mukjizat adalah “hal” yang nyata terjadi, tetapi tidak dapat kita jelaskan dengan gamblang, mukjizat nyata, tetapi terjadi di luar kebiasaan kita…karena di luar kebiasaan kita, maka jawaban yang tepat adalah… “Tidak mengerti”.

Meski mukjizat di luar kesanggupan kita, tetapi kita sebagai manusia dapat merasakannya, dan karena kita dapat mengecapnya, maka penerimaanlah sebagai garis terluar dari batas ketidakmengertian, dan batas terendahnya adalah kekeraskepalaan.

Jebakan untuk menjawab semua pertanyaan adalah point utama, nah jikalau kita bisa memilah-milah pertanyaan dan bisa memilah-milah kesalahan pertanyaan, dan bahkan kita akan bisa melihat betapa sesatnya sipenanya. Sesat karena sadar atau tidak sadar, ia tidak mengerti juga apa yang ia tanyakan, ia tidak berani berkata: “Aku tidak mengerti”. Bukan perkara kita menghakimi seseorang tersesat, tetapi ini adalah perkara bahwa jika kita mengetahui warna penanya, maka kita akan mudah membimbing dan menunjukkan Jalan Lurus, atau kita menjawab dengan: “Aku tidak mengerti”, perkara dia menolak itu adalah pilihan, karena dengan membiarkan ia memilih jalannya sendiri adalah suatu pilihan buat kita bahwa itu adalah kasih yang tidak terbatas. Membiarkan manusia memiliki pilihannya sendiri adalah Kasih Allah yang luar biasa, anugerahNYA yang sangat besar. Dan dengan mengatai orang bodoh adalah penghakiman yang sangat tidak ilahi.

Lalu akan adakah dead lock? TIDAK.
Seperti orang yang mengikuti pesta di Kana, Galilea di atas saja, ia tidak mengerti bagaimana ada anggur yang baik setelah semua persediaan seharusnya sudah tidak ada, ia tidak dapat mengerti, … tetapi karena anggur itu nyata di hadapannya, ia meresapinya, dan karena ia meresapinya ia berbahagia dan senang….
Demikian jugalah kita, kita tidak dapat mengerti segala sesuatu, tetapi kalau kita berani dan kuat untuk mencicipi Kasih Karunia TUHAN, maka kita akan meresapi hasil Kuasa TUHAN, kita hanya bisa berkata: “Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum, barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang.” (Yohanes 2:10).

Apa yang dapat kita mengerti hanya diperbolehkan sejauh TUHAN berkata-kata di dalam ALKITAB.

Iklan

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Sayangnya mukzizat nyata itu kemudian di anggap sihir. 😥

    • @fitri,

      ya tidak apa2… semua adalah pilihan,… tetapi ada pilihan yang bijaksana, ada yang tidak…

      apapun pilihan kita, TUHAN kita mengaku Maha Kuasa, jadi IA bisa mengendalikan yang jahat demi kebaikan kita, IA sungguh adalah Hikmad

      salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: