Mencoba membuka rahasia ALLAH

Juni 2, 2010 pukul 7:53 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | Tinggalkan komentar
Tag: , ,

(John 10:32-33 [ITB])
Kata Yesus kepada mereka: “Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?”

Jawab orang-orang Yahudi itu: “Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah.”

kenapa ada dialog ini?, tentu karena ada ‘klaim’ Yesus yang sangat menampar ‘pengetahuan’ ahli taurat dan agama pada waktu itu…. dimana? coba kita perhatikan…

Perkataan Yesus yang berikut mungkin akan mudah diamini oleh siapapun, baik ahli taurat, ahli agama, dari dulu sampai sekarang,…

(John 10:29 [ITB])
Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.

Bapa,… Abba, orang Israel memanggil TUHAN sebagai Bapa…
Dan Bapa memang disebut Maha Besar, HaGadol,…Ia Besar…,

nah coba kita bandingkan dengan perkataan Yesus sebelum perkataan di atas,…

(John 10:28 [ITB])
dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.

Yesus sedang menceritakan tentang Dirinya sendiri, setelah itu Ia menceritakan Bapa, TUHAN, dan disimpulkan bahwa…

(John 10:30 [ITB])
Aku dan Bapa adalah satu.”

Allah memang Esa, berapa kali Yesus juga mewahyukan bahwa Ia adalah Allah,…tetapi
dipenjelasan lain Ia seolah terpisah dari Allah,… rahasia yang dijabarkan kemudian di abad keempat sebagai Tritunggal.

Dan rahasian inilah yang susah untuk diterima oleh ahli-ahli agama, ahli taurat pada saat Yesus berdialog dengan mereka….
Sebab setelah dialog di atas, Yesus jelas langsung ‘mengutip’ Kitab Suci, wahyu atau penyataan ALLAH kepada manusia, dan ternyata wahyu yang sudah jelas itu masih belum dimengerti oleh ahli agama dan ahli taurat. Wahyu yang ada pada mereka selama ribuan tahun tidak dipahami bagaimana dengan wahyu yang dinyatakan di dalam diri YESUS? tentu sangat berat….

Banyak bagian yang dipertahankan TUHAN tetap di dalam RAHASIA, tetapi ada banyak hal yang IA nyatakan dengan jelas kepada manusia secara utuh dan kokoh…Melalui WAHYU TUHAN menceritakan atau membuka RAHASIA-RAHASIA tentang DIRINYA. Sangat disayangkan ketika wahyu itu sudah selesai dan tergenapi, manusia berusaha memasukkan TUHAN ke dalam bungkus akal manusia, dan bungkus itulah yang ada pada ahli agama dan ahli taurat pada masa itu, dan itu masih juga berlaku sampai sekarang….bahwa manusia berusaha mendefinisikan TUHAN dengan berkata: “Ini adalah ‘agama’ TUHAN yang sempurna”….kita pada dasarnya tahu TUHAN adalah MAHA, jika kita masih mempercayai demikian, maka kita jangan coba-coba membuka Rahasia Allah dengan pikiran kita, sebab semua rahasia ALLAH yang diperhitungkan sebagai cukup untuk dapat diterima manusia sebagai pengetahuan tentang ALLAH, untuk mengajar dan untuk menyatakan kesalahan dan sebagainya seluruhnya sudah tertulis di dalam ALKITAB.

Contoh kecilnya adalah, Kita tahu bahwa YESUS adalah Firman yang menjadi manusia, Roh yang menjadi daging. Beritanya KOKOH dan TEGUH, tetapi ada rahasia yang tersimpan…. bagaimana Anak Manusia bisa sekaligus menjadi Anak Allah?, kita tidak tahu….

atau… Bagaimana Air menjadi Anggur?,…. kita tidak tahu…

dan sebagainya…

Berita Gembiranya adalah…. TUHAN Yang Maha Tahu, rela mendekatkan Diri kepada kita yang tidak tahu…
dan karena keterbatasan manusia ini, ada waktunya TUHAN berkata :”Percayalah…”. Sebab ada hal yang tidak dapat dijelaskan dengan mudah, dan ada juga hal yang tidak dapat kita tampung di dalam nalar, .. sehingga pada akhirnya setelah semuanya terjadi, barulah kita dapat menalar… dan hanya satu yang dapat kita ucapkan: “Haleluya, terpujilah Engkau TUHAN Semesta Alam, Allah Yang Maha Besar, Yang mau melawat umatMu”.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: