Nasehat dari Alkitab

April 17, 2010 pukul 12:55 am | Ditulis dalam Apologet | 4 Komentar
Tag: , ,

Paulus menulis surat kepada sebuah jemaat awal, Filipi namanya. Surat ini jelas agak berbeda dari surat-surat penggembalaan lainya, jika kita mengenal Kitab Roma sebagai kitab dengan pemikiran yang sangat dalam, maka di surat Filipi ini akan terlihat kelembutan hati, seperti seorang bapa berbicara kepada anak-anaknya, lembut dan mengayun.

Filipi sendiri adalah sebuah daerah, bisa jadi adalah kota, yang diambil namanya sesuai nama bapak dari Alexander yang agung, Philips. Filipi berada di wilayah Makedonia, sebuah propinsi yang besar dari pemerintahan pusat di Roma.

Mengingat Filipi, sama dengan mengingat Lidia, seorang perempuan yang taat beribadah kepada Allah, ia seorang pedagang kain ungu (kain ungu adalah kain termahal kala itu). Ia sudah taat kepada Allah sebelumnya, tetapi setelah mendengar Injil, Kabar Gembira dari pemberitaan Rasul Paulus, Lidia percaya, Tuhan membuka hatinya,…anugerah yang sangat besar, dan yah seisi rumahnya langsung dibaptis, mereka percaya. Dari sini kita bisa melihat kerukunan keluarga Lidia ini. Tidak ada pertentangan sama sekali, mereka benar-benar mengasihi Allah.
Dan tentu semua kejadian itu, pelayanan itu, dimulai dari visi Paulus, pemberitahuan dari Allah bahwa Asia sudah waktunya mendengar Injil, dan terbukti, oleh Filipi semua daratan Eropah terbuka untuk Injil. Filipi adalah gerbang Injil keluar dari Yerusalem.

Sebagai umat Allah di Filipi, mereka tentu tidak luput dari penderitaan-penderitaan. Masa itu penderitaan orang Kristen sangat laur biasa, mengerikan. Darah Kristen legal untuk dicurahkan. Umumnya mereka adalah pedagang, jadi kebayanglah betapa merosotnya kehidupan mereka jika pemerintah mengejar-ngejar mereka bak kriminal paling kotor. Mereka menjadi sangat miskin, jadi sebagai manusia layaklah untuk khawatir dan stress…..sehingga oleh Roh Allah, Paulus menulis surat penggembalaan kepada Jemaat Allah ini, dan kemudian menjadi nasehat yang luar biasa bagi kita….Nasehat dari Alkitab, Allah berbicara…

(Filipi 4:4-9 [ITB])
Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!
Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat!
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.
Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.
Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima, dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu. Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu.

dan tentu, sebuah kekuatan yang amat terkenal di mata rohanis setiap Kristen

(Filipi 4:13 [ITB])
Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

4 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Siapakah paulus itu?

    bisa di lihat disini, mantan rektor universitas kristen papua,

    http://aslibumiayu.wordpress.com/2010/04/20/video-mantan-rektor-universitas-kristen-papua/

    • @maulana

      saya lebih percaya kepada tulisan Paulus sendiri mengenai dirinya sendiri, daripada seorang professor theologia sekalipin di 2000 tahun berikutnya,

      dan saya lebih percaya 2000 saksi mata daripada seorang yang mengaku nabi 600 tahun berikutnya,

      gimana dengan Anda?

  2. Sy adalah seorang yg baru d baptist menjadi kristen setelah hampir 4 thn pergumulan dan beberapa kali bertemu yesus dalam mimpi,,dan d dalam kenyataan sy telah d berkati.
    Haleluyah..
    Trima kasih tuhan

    • @Agung lisa

      terimakasih sudah mampir di blog ini…
      saya selalu dibayangi prinsip, bahwa orang yang dijamah TUHAN pada masa-masa dewasa, seperti saudara, akan lebih teguh dan gigih imannya dibanding kami orang-orang yang sudah sejak lahir dididik di dalam iman Kristen…

      berdirilah teguh, saling mendoakan,… salam sejahtera..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: