Kristen?

Maret 29, 2010 pukul 9:14 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 17 Komentar
Tag: ,

Kisah Para Rasul 11:26 Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

Pengikut YESUS, atau yang percaya bahwa Janji TUHAN atas datangnya MESIAS yang dipenuhi di dalam YESUS, disebut orang-orang Galilea, atau orang-orang Nasrani, sama seperti asal YESUS, Wilayah Galilea di Nazareth, Israel (Utara), atau Samaria atau Israel saja. Yesus lahir di Betlehem, Israel (Selatan), atau Yudea saja. Pengertian Yahudi di masa itu bahwa Nasrani berarti gerakan orang-orang Nazareth, yang kemudian disebut sebagai salah satu sekte dari Yahudi, karena memang mereka adalah orang-orang Yahudi.
Salah satu tokoh yang disebut pengikut Kristus, Nasrani, adalah Paulus, tercatat di Kisah Para Rasul 24:5, ketika Paulus dituduhkan berbagai tuduhan oleh beberapa orang Yahudi yang masih belum percaya YESUS. Sebelum Paulus menjadi Kristen telah banyak orang yang menjadi Kristen, dan Paulus mengakui bahwa ia menjadi Kristen adalah diawali dari perjumpaannya dengan YESUS, diteguhkan di dalam roh nubuatan oleh Ananias (orang Damsyik), dan disahkan di dalam baptisan, serta diterima oleh saudara-saurada, senior dia, antara lain Yakobus, Petrus, dan Yohanes. Paulus berkata: “Telah ada Kristen sebelum aku”.
Artinya Nasrani atau Kristen adalah identik, yaitu orang-orang yang percaya YESUS, pengikut YESUS

Tetapi mari melangkah dari peristiwa silam itu, mari kita lihat sekarang…sebab sudah ada yang disebut agama Kristen.
Masih dalam nuansa yang sama, penganut agama Kristen adalah orang-orang yang sejatinya adalah pengikut YESUS. Namun harus ditanya dulu, mengikuti dari luar? atau mengikuti di dalam?

mengikuti

mengikuti


Seperti skets ini, ada seorang yang mengikuti mobil. Mungkin jika mobilnya lambat, maka ia dapat menyeimbangi, tetapi jika mobil telah berjalan kencang, maka ia akan ketinggalan…. ini dia pengikut yang salah….Ia menjadi pengikut, tetapi berada di luar, ia kurang paham dinamika di dalam. Dan ada kecenderungan orang seperti ini menjadi komentator, kita dapat menemui banyak orang seperti ini di Gereja.

di dalam

di dalam


Pengikut yang benar adalah orang yang percaya “kekuatan” mobil, lalu ia masuk di dalamnya, dan ia paham dinamika di dalamnya…ini dia Nasrani, ini dia pengikut Orang Galilea itu, ini dia Kristen.

Iklan

17 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Kristen?

  2. Gini ya Par : Analogimu menarik. Tetapi dalam soal realitas kehidupan kita kan perlu melihat fakta empiriknya. Kita membahas implementasi agama kan iya : Mengikuti dari dalam dan dari luar itu konsep realnya gimana menurutmu ?

    Sopirnya siapa ? Mobilnya siapa ? Yang kamu maksud mengikuti dari dalam itu contoh riilnya bagaimana ?

    Misalnya semua umat jadi pendeta semua, atau harus nurut 100 persen sama pendeta sama seperti dulu semua umat harus patuh sama surat indulgensia ? Atau apa ? Dalam tataran implementasi bukan retorika apakah yang dimaksud dengan mengikuti dari luar dan mengikuti dari dalam ?

    SALAM Parhobass
    GBU

    • @lovepassword

      jangan terlalu menohok di dalam duniawinya…
      karena yang disebut Kristen bukanlah orang yang KTP-nya Kristen atau ia sering ke Gereja, melainkan mereka yang tunduk dan hidup di dalam Kristus, saya kira sudah jelas di atas keterangan saya…

      mengikuti itu begini:
      seperi seorang yang sedang berjalan-jalan di tepi sungai, ia bisa mengetahui arah dan tujuan sungai, tetapi ia hanya mengikuti dari luar, ia tidak menjeburkan diri ke dalam.
      nah di dalam realita juga begitu,… ada banyak ahli, yang biasanya disebut skeptik, mengikuti kabar, informasi tentang Kristus, ia bisa menguasai tentang sejarah dan sebagainya tentang Kristus, bahkan bisa lebih menguasai dari orang Kristen sendiri… tetapi perkara Kristen kan bukan perkara mengetahuai segala sesuatu, melainkan mengikuti di dalam YESUS, percaya di dalam YESUS…nah dengan demikian banyak juga orang yang mengaku Kristen tetapi hakekatnya hanyalah seorang yang “mengikuti”

      di dalam:
      Kristen itu bukan sesuatu yang disebut filsafat atau retorika, tetapi real. Mungkin Anda bisa mengngat kata Alkitab :”Kamu adalah terang dan garam dunia”… nah Terang akan dilihat di dalam kegelapan dan garam akan terasa jika ia berbaur di dalam masakan.. garam terlalu sedikit tidak baik dan lebih tidak baik jika terlalu banyak, makanya Kristen itu akan selalu sedikit… hehehe kan gitu…

  3. Mau tahu tentang pembuat agama kristen?

    Bisa lihat disini, dipaparkan langsung oleh mantan pendeta yg dapat S3 di Vatikan, perintis dan juga mantan Rektor Universitas Kristen Papua, dipaparkan secara jelas, dan kelucuan-kelucuan yang terjadi ketika masih jadi pendeta, juga setelah masuk islam

    Baca juga Rahasia yang terkandung di dalam injil, yang ditutup-tutupi oleh pendeta-pendeta mereka…
    Dijamin anda tercengang membacanya…. ada di kitab injil yang anda pegang,… kalau tidak percaya, baca sendiri disini:
    http://www.aslibumiayu.wordpress.com
    http://aslibumiayu.wordpress.com/2010/04/15/apa-rahasia-itu/
    http://aslibumiayu.wordpress.com/2010/04/20/video-mantan-rektor-universitas-kristen-papua/

    • @Maulana

      Iblis saja murtad dari kasih ALLAH, penghulu malaikat lho itu…
      apalagi manusia, pendeta,….

      pertanyaannya, kapan Anda mau mengenal dosa-dosamu?

      • beda iblis dengan anda,

        kalau iblis tahu, hanya Allah lah yang wajib disembah,
        Iblis dahulunya adalah makhluk yang taat kepada allah, melebihi malaikat,
        tapi karena kesombongan, maka iblis tidak mau sujud kepada nabi adam, karena adam terbuat dari tanah, padahal ini perintah Allah,

        Makanya iblis dilaknat Allah, sehingga terusir dari surga,
        Tapi iblis meminta umurnya dipanjangkan hingga hari kiamat, untuk menyesatkan banyak manusia, dan Allah kabulkan,

        Makanya, barangsiapa mengikuti ajakan iblis, maka ia akan menjadi temannya di neraka kelak,

        Jadi kapan anda berlepas diri dari mengikuti iblis??

        Jika anda tidak masuk ke dalam islam, anda bersama mereka di neraka, kekal abadi selama2nya,

        Dan iblis tidak mentaati Allah, karena kesombongan, demikian pula, banyak manusia dengan kesombongannya menolak agama islam,

        dan sudah dari dulu, pendeta2 kalian itu selalu membawakan kedustaan kepada jamaatnya, bukan hal aneh, silahkan lihat disini:
        http://aslibumiayu.wordpress.com/2010/04/20/video-mantan-rektor-universitas-kristen-papua/

  4. @ Maulana Mufti

    Kami hanya menyarankan terimalah Kristus itu dalam hatimu . Dia menderita dan mati di kayu salib hanya untuk menyelamatkan setiap orang yg percaya kepadaNYa.
    .
    Kamu boleh percaya dan itu untuk keselamatanmu sendiri dan tidak dihalangin Allah juga untuk menolak keselamatan yg dari padaNya jikalau kamu tidak percaya.
    .
    Semua rahasia yg terkandung jelas di ayat suci sudah dibukakan melalui diri Yesus Kristus. Dan melalui kematian dan kebangkitanNya maka terbukalah misteri isi hati Allah kepada dunia ini.
    Semoga kamu memahaminya .
    .
    Salam Kasih Kristus

  5. Kalau yesus itu mati disalib, lalu siapa tuhan kalian??
    Siapa yang kalian sembah??

    Yesus anak tuhan??

    tunjukan dari kitab injil anda, dalam surat apa ayat berapa, yang menyuruh untuk menyembah yesus…

    tolong dong berikan, biar saya baca, dari kitab injil kalian,

    baca nih artikel bagus,

    http://aslibumiayu.wordpress.com/2010/04/22/pelajarilah-agama-nashrani/

    • baca semua PL dan baca semua PB

  6. Nabi luth menghamili kedua putri kandungnya?

    baca di injil anda:
    (Kejadian 19:30-38). Heboh … !!! Skandal seks ayah dan anak kandung oleh nabi??

    Amnon (putra Daud) memperkosa saudara perempuannya (II Samuel 13: 7-14). Incest antara anak nabi dengan saudaranya sendiri ?!?

    baca yang lainnya disini:
    http://aslibumiayu.wordpress.com/2010/04/15/apa-rahasia-itu/

    • @ Maulana Mufti

      Nabi luth menghamili kedua putri kandungnya?

      baca di injil anda:
      (Kejadian 19:30-38). Heboh … !!! Skandal seks ayah dan anak kandung oleh nabi??

      Amnon (putra Daud) memperkosa saudara perempuannya (II Samuel 13: 7-14). Incest antara anak nabi dengan saudaranya sendiri ?!?

      .
      .
      Sebenarnya kamu belum memahami dirimu sendiri tetapi sudah berusaha memahami diri orang lain , hehehe saya yakin beberapa tahun dr sekarang ini, kamu pasti akan diingatkan Tuhan Yesus Kristus dr apa yg saya katakan ini .. itulah tandanya bhw Dia Allah yg ada di Surga sekarang ini…
      .
      .
      Baiklah saya jawab pertanyaanmu ya..
      Itulah perbedaan Allah yg kami kenal dgn allah yg kamu kenal . Dlm Kitab Suci Alkitab , baik buruk kelakuan setiap manusia harus diberitahukan karena Allah tidak memandang rupa atau ibadah manusia yg penuh kepura-puraan . Allah yg dikenal org-2 Kristen adalah Allah yg menghendakin perkataan hati nuranimu paling dalam , itu makanya Allah dlm kasih Kristus tidak memandang rendah orang yg datang kepadaNya dgn hati yg remuk dn hancur karena semua dosa-dosa yg membebanin hatinya. Semua dosa-dosa yg paling jahat tidak akan pernah tidak diampuni oleh ALLAH yg ada di dalam Yesus Kristus.
      .
      .
      Semua skandal di Alkitab dituliskan utk membuka kemunafikan orang-orang jaman dahulu dgn disertai penghukuman dari Allah. Semua itu dituliskan spy kita yg hidup jaman sekarang ini dgn membaca itu tidak ada satupun yg menirunya atau berusaha mendapatkan hukuman dari Allah spt cerita itu. Paham kan !

      • @Lae terkasih Sihotang

        terimakasih lae sudah merepotkan lae di blog ini, terimakasih sudah menjawab rekan-rekan yang mencari dan yang mempertanyakan Kristus di blog ini,

        saya agak sibuk lae, mungkin akan jarang online, semoga lae bisa dengan sabar menjawab semua pertanyaan di blog ini,…

        Mungkin belum bisa menjawab pertanyan2 yang ke saya juga, so saya serahkan ke lae sepenuhnya dulu, ok hehehehe

        Salam lae,
        TUHAN YESUS YANG MULIA memberkati…

  7. @ Maulana Mufti

    Kalau yesus itu mati disalib, lalu siapa tuhan kalian??
    Siapa yang kalian sembah??

    Yesus anak tuhan??
    .
    .
    Satu- satu kamu tanyakan maka akan kau dapatkan jawabannya , asal dgn hati yg damai kau membacanya perlahan-lahan …
    .
    1. Pertanyaan yg sudah sering kelian tanyakan tetapi baiklah akan saya jwb dgn langsung saja ya, Yesus Kristus adalah manusia yg seutuhnya. Selama di dunia maka Dia melepaskan segala kesetaraanNya dgn ALLAH, ini diperbuatNya spy dalam kejasmanian manusiaNya segala kutuk dosa dan murka Allah ditanggungNya. Pada waktu Dia mati di kayu salib maka segala kejasmaniaan dan manusiaNya binasa seperti manusia biasa. Maka surutlah murka Allah itu dgn Yesus sbg korban kutuk yg seharusnya ditanggung manusia itu. Itu makanya saat Yesus meregang nyawaNya berteriak pedih kepada Bapa Allah ELI ELI LAMA SABAKHTANI sbg lambang teriak seluruh manusia kpd Allah yg tetap memandang bersalah seluruh manusia krn dosa awal manusia pertama dulu. Jadi kau camkan dan lihatlah bhw Allah adalah ILLAHI satu-satunya yg Maha Esa dgn bekerja dalam caraNya yg tidak dapat akan kamu mengerti. Dia yg menciptakan dan yg menebus ciptaanNya semua hanya melalui anakNYa Yesus Kristus.
    .
    .
    @ Maulana Mufti
    tunjukan dari kitab injil anda, dalam surat apa ayat berapa, yang menyuruh untuk menyembah yesus…

    tolong dong berikan, biar saya baca, dari kitab injil kalian,
    .
    .
    Baiklah nak Mufti , ini ayat yg lgsg dari Tuhan Semesta Alam itu …

    (Wahyu 1 ; 5-8)
    1:5 dan dari Yesus Kristus, Saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja bumi ini. Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya–
    1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, –bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
    1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
    1:8 “Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.”

    Semoga kamu mendapat kasih karunia Yesus Kristus

  8. @lae Sihotang

    sepertinya mas Maulana ini ngga ada niat untuk menerima jawaban, dia hanya mengutarakan kebingungannya;

    semoga dia tidak larut di dalam kebingungan itu sehingga menjadikan dia menyembah allah lain;

    salam lae

  9. Tunggu tanggal postingan,

    Karena Kidung Agung, saya masuk Islam

    Siapa yang berani baca kidung agung didepan orang umum??

    • @Maulana Mufti

      kenapa dengan Kidung Agung kawan?

      saya bertanya satu bisa dijawab ngga mas?

      yaitu,
      Apakah allah Anda selalu memperhatikan dan melihat umatnya?

      semoga dijawab,
      Salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: