Roh Penghibur

Maret 17, 2010 pukul 8:58 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 4 Komentar
Tag:

Yohanes 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Yohanes 15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

Itulah nubuat YESUS, yaitu sesuatu yang akan terjadi sesaat setelah kematianNYA. Kita tahu bahwa selama YESUS ada di bumi, pada masa pelayananNYA, tidak pernah IA menulis suatu kitab apapun, dan sedemikian juga murid-muridNYA. Ibarat di sekolah, murid-murid ini diajarkan tentang praktek dulu, mereka sedang hidup di ruangan laboratorium yang disebut praktikum kehidupan, tujuan utamanya adalah melayani, sebab Tuan mereka sendiri, YESUS, datang untuk melayani manusia, agar sekiranya percaya kepada DIA, maka mereka dapat memanggil Tuan itu Saudara, yang tujuannya agar memampukan kita memanggil ALLAH dengan Bapa.

Setelah masa praktikum itu selesai, dan harus selesai, sebab Kitab Suci telah mencatat semua peristiwa yang akan terjadi, semua peristiwa yang akan menimpa Mesias, maka dijanjikanlah kedatangan Roh Kudus, Penghibur.

Di dalam konteks masa itu, maka Penghibur benar-benar telah menghibur mereka, setelah ditinggal oleh kenaikan ke sorga Guru mereka. Mereka diingatkan oleh berita-berita penghiburan yang ada pada YESUS, tentang kuasa, tentang kebangkitan dan tentang kehidupan…hidup bersama ALLAH…IMANUEL,..Petrus menjadi salah satu contoh, meskipun ia martir dengan disalib terbalik, tetapi semua orang beriman akan teringat tentang kuasa ALLAH yang besar turun kepada dia, oleh Petrus ALLAH membangkitkan Tabhita (Dorkas) dari kematian, menyembuhkan yang cacat, dls. Betapa bersuka citanya dia sehingga kuasa yang sama, yang pernah ia lihat ketika Tuannya, YESUS, membangkitkan Lazarus dari kematian, sekarang ia dihibur dengan mampu mempraktekkan kuasa itu…. sedemikian nyatanya kuasa itu, sehingga memampukan dia, merelakan dia, untuk martir, disalib terbalik…

Dan semua guru-guru kita di awal masa itu, mendapat penghiburan yang luar biasa…. saking luar biasanya, seorang yang terpenjara, seperti Paulus, bahkan sanggup menghibur orang-orang yang tidak dipenjara secara daging,…Yohanes tentu sangat sedih ketika saudaranya Yakobus dihukum mati oleh Herodes, tetapi kesedihan itu tidak sanggup mengalahkan hiburan Yang dari TUHAN, ia terus memberitakan Injil.

Penghibur, Roh Kudus, inilah yang mengispirasi, yang mengingatkan murid-murid akan semua perkataan YESUS, yang kemudian dicatat, dan kemudian disebut Kitab Injil, Berita Gembira. Penghibur mengilhami hal-hal yang menggembirakan tentunya. Dan Roh Kudus juga mencatat berita-berita gembira yang lain, yang akan menjadi berita gembira yang sama kepada seluruh dunia, maka lengkaplah semua Perjanjian itu…. Sehingga kegembiraan yang dialami oleh bapa-bapa rohani kita dari masa-ke-masa akan menjadi berita gembira yang sama, sebab asalnya adalah sama, yaitu dari ROH KUDUS, yang menghibur kita sekalian…yaitu tentang janji anugerah kuasa BAPA, ALLAH, dapat dirasakan di bumi ini, janji tentang Imanuel, TUHAN beserta kita, baik di bumi maupun di sorga,…. suatu janji yang menyanggupkan Paulus menulis berita gembira ini..“Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan”, Filipi 1:21

Iklan

4 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Penghibur itu di katakan dalam blog http://penghibur114.wordpress.com/ sebenarnya adalah ramalan akan datangnya nabi Muhammad.

    • @Fitri,

      sangat tepat jika,… ingat jika sipembaca telah membaca Alkitab, tetapi Alkitab dikorupsi sama dia (dikorupsi karena ia membaca Alkitab tanpa bimbingan ROH PENGHIBUR, yaitu ROH KUDUS… yaitu:
      Yohanes 15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

      jika Alkitab dipotong hanya di tinta merah di atas, maka memang bisa dimanfaatkan untuk kepentingannya sendiri, tetapi jika Alkitab tidak dikorupsi, tinta merah dan biru dibaca dan dikutip dengan benar, maka jelas sekali Penghibur itu adalah ROH KUDUS…

      atau gini,
      tanya kepada penulis artikel itu,
      1. apakah Muhammad itu ROH?, saya yakin Muhammad bukan ROH, sebab Muhammad kawin dan dikawinkan, sesuatu yang tidak akan dilakukan oleh ROH…

      2. Apakah Muhammad ALLAH? tentu tidak, sebab ROH KUDUS adalah ALLAH… maka korupsi terhadap Alkitab jelas akan membuat allah lain

  2. Saya sudah sering berkunjung ke blog-blog yang membahas agama. Jadi, saya ingat ayat tentang Penghibur itu pernah di sebut dalam blog penghibur114.

    • @Fitri;

      ok, sekiranya Anda menemukan kesalahan di blog-blog yang Anda temui itu, maka sekarang Anda dapat menjelaskannya dengan baik, yaitu tentang Siapa Roh Kudus…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: