Aku bukan penyembah berhala

Maret 2, 2010 pukul 8:30 am | Ditulis dalam Pemikiran, Saya melihat | 24 Komentar
Tag: , ,

Alkitab ditulis ribuan tahun yang lalu, khususnya Perjanjian Lama, dimana hubungan ALLAH dan manusia sering direcoki oleh sesuatu yang disebut berhala, patung-patung, dewa-dewa dan lain lain. Di dalam Perjanjian Baru jelas hal-hal begini sepertinya sudah mulai tidak ada diceritakan.

Apakah perecokan berhala atau patung-patung itu sudah selesai? Lalu kenapa sampai tertulis buat kita juga?

Memang sudah tidak ada manusia yang mengaku Kristen menyembah patung-patung, berhala-berhala, tetapi jelas bentuknya masih banyak kita temui sampai sekarang….

Ada yang sampai “gila” kalau tidak facebook-an jaman sekarang, ada yang “gatal” kalau tidak “online”,….
ada yang merendahkan dirinya di bawah kuasa uang, ada yang liar kalau melihat makanan,…
ada yang membabi buta kalau harga dirinya diuji…
dan banyak sekali contoh-contoh yang dapat disajikan untuk membuka warna-warna atau bentuk-bentuk yang sejajar dengan penyembahan berhala atau patung-patung.

Penyembahan berhala atau patung-patung ibarat meletakkan suatu kuasa kepada sesuatu yang tidak dapat dinamis, sesuatu yang tidak dapat merasakan penderitaan kita, sesuatu yang tidak dapat mendengar keluhan kita, suatu yang tidak dapat melihat ke dalaman hati kita… dan lain sebagainya….Kita meletakkan semua harapan kita kepada benda-benda mati…yang sementara dan yang tidak ada kehidupan sama sekali…
Karena kita yang hidup dan meletakkan percaya kepada sesuatu yang sementara dan yang mati, maka TUHAN yang adalah HIDUP dan KEKAL sangat Murka..suatu alasan yang sangat dapat diterima, atas nama Keadilan.

Jadi, ada banyak memang orang yang tidak menyembah patung, berhala, dan benda-benda mati secara langsung, tetapi secara kasat mata keadaan itu masih berlanjut…uang, harga diri, ilah jaman dan lain sebagainya adalah juga berhala, benda mati yang harus dihancurkan oleh setiap orang yang mengaku umat ALLAH…

Saya butuh uang bos??
Di jaman yang serba “wah” uang memang perlu… tetapi jangan sampai karena uang ROH KUDUS yang dengan rela berada pada kamu, kamu rendahkan…kamu hina, dan kamu dustai…Cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu, kata Alkitab.

Iklan

24 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. susahnya jaman sekarang berhala itu bisa menyaru (muncul dlm bentuk) menjadi apa saja, bahkan benda2/hal2 yg kelihatannya baik kalau salah digunakan bisa juga jadi berhala modern. seperti ilmu pengetahuan. semakin seseorang pintar, maka ada dua kemungkinannnya: semakin ia paham bahwa Tuhan menciptakan segalanya dgn begitu cerdas dan baik sehingga ia semakin takut padaNya, atau sebaliknya, semakin ia tahu bahwa segala sesuatu bisa dijelaskan dgn ilmu pengetahuan di kepalanya sehingga ia memilih utk jadi seorang atheis…

    • tepat sekali

  2. Karena itulah Tuhan itu jangan selalu dijadikan bemper untuk sebuah kebodohan. Sekedar bemper Untuk ketidaktahuan. lha setiap kebodohan setiap manusia tidak tahu, manusia lebay bawang bombay menyebut-nyebut Tuhan, lah endingnya ya muncul antitesis ateis itulah : Tuhan itu sekedar pengisi celah ketidaktahuan. Begitu A nggak tahu diartikan mujizat, begitu ilmu berkembang A bisa dijelaskan Tuhan nggak pernah disebut-sebut lagi. Yang geblek itu salah satunya ya umat beragama kadang-kadang. Mengapa Tuhan itu malah dijadikan semacam pengisi celah ketidaktahuan …

    • @lovepassword
      Karena itulah Tuhan itu jangan selalu dijadikan bemper untuk sebuah kebodohan.
      >>>emang ada Tuhan dijadikan bemper kebodohan? baru tahu saya. justru menurut sy Tuhan ada di balik semua kecerdasan yg berada dlm jangkauan manusia. sy belajar bagaimana manusia bisa terbentuk scr utuh dari sepasang sel, di mana ada kesalahan sedikit saja bisa menyebabkan kecacatan yg fatal. setiap orang punya peluang utk cacat lahir, namun nyatanya saya tidak. di situlah sy memahami bahwa ada intervensi Tuhan di dalamnya.

      singkatnya saya melihat Tuhan di balik setiap kecerdasan,
      dan sy agak bingung dgn penjelasan mas LP yg abstrak itu

  3. Bagusnya sih sekali-kali kamu baca juga serangan ateis terhadap Tuhan sebagai pengisi celah ketidaktahuan itu. Kali2 saja kamu jadi master dalam debat teis ateis. Hi Hi Hi .

    Mestinya nggak tahu itu ya nggak usah terlalu lebai selalu dilihat dalam perspektif mujizat. Lha kalo tahu juga lalu bukan berarti Tuhannya ditinggalkan nggak pernah disebut lagi. πŸ™‚

    • komentar di atas untuk mr. sectiocadaveris

  4. gini loh om lovepassword
    saya gak setuju dgn pernyataan bahwa Tuhan adl bemper kebodohan, hanya krn ada hal2 yg tidak bisa dijelaskan oleh manusia.
    menurut saya, sudah menjadi kodrat manusia utk tidak mengerti akan semua yang ada di jagad-raya ini…itulah yg membedakan manusia dgn Tuhan pencipta Semesta alam,…kalau manusia bisa menjelaskan (atau lebih tepatnya, membuktikan) bagaimana dia terbentuk dari debu, bagaimana tatasurya tercipta dll, maka apakah bedanya Tuhan dari manusia kalau begitu?? dan itu menurut saya bukan kebodohan manusia, bukan. manusia tidak salah hanya karena tidak bisa menjelaskan segala sesuatunya, krn itu memang sdh ditetapkan dari sononya.
    Alkitab sdh mencatat bagaimana manusia dibinasakan hanya karena ingin melawan ‘kebodohan’ itu, salah satunya adalah peristiwa menara babel (silakan baca di alkitab). Tuhan membinasakan mereka semua krn manusia ingin ‘melawan kodratnya’.

    lagipula kalau menggunakan istilah kebodohan, bukankah kebodohan bisa diberantas? sedangkan kodrat manusia tidak bisa dilawan.
    jadi Tuhan bukan bemper kebodohan manusia.

    syalooomm
    πŸ˜€

    • komentar di atas boleh untuk siapa aja
      πŸ˜€

      • Maksudmu bodoh itu kodrat manusia gitu ? πŸ™‚

  5. Untungnya umat Islam nggak buat patung atau lukisan seperti. . . .penganut agama lain.

    • jangan terpaku dengan patung dan lukisan fisik,
      selidiki hatimu kawan, mungkin INTERNET sudah menjadi berhala buat Fitri…
      mungkin UANG, mungkin PEKERJAAN, banyak hal yang bisa disejajarkan dengan penyembahan kepada PATUNG dan berhala…

      saya kasih tau contoh;
      di perkotaan sekarang, orang sudah mulai tidak bisa hidup kalau tidak ada uang, listrik, dan teknologi….

    • kalau batu hitam apa kabar mbak? hehehe πŸ˜€

      • Memangnya batu hitam apa? Siapa sih yang bilang kalau Islam nyembah batu? Memangnya ada ayatnya dalam Qur’an?

        Kalaupun batu itu nggak ada, penganut Islam yang mampu juga akan tetap berangkat menunaikan ibadah haji. Ni orang cari perkara ya…sampai OOT segala. Ntar kalau saya OOT pasti marah-marah.

      • Memangnya batu hitam apa? Siapa sih yang bilang kalau Islam nyembah batu? Memangnya ada ayatnya dalam Qur’an?
        >>>emang saya ada bilang apa soal batu hitam?

        Ni orang cari perkara ya…sampai OOT segala.
        >>>OOT dari sudut pandang mana? kita kan sedang bicara berhala, jangan asal nuduh kalau ga tau!

  6. @ Lovepass

    Maksudmu bodoh itu kodrat manusia gitu… ?
    .
    .

    Begini ya Love… ( duh , garuk2 kepala nih) bukan krn saya mengatakan sdr Parhobas dn mr sectiocadaveris itu berhikmat makanya mereka mengatakan apa yg ia ketahui, tetapi pengetahuan ttg semuanya mengenai kebenaran itu datang dr Roh Kudus. Nah , sudah berulang2 saya dn teman2 disini menerangkan ttg Pribadi Allah RohNya itu, Yang berperanan besar dalam membuat manusia mengerti kebenaran itu.

    @ Fitri

    Apakah kamu beranggapan dgn adanya patung dn gbr di rmh Kristiani pikiranmu kami memberhalakan Ilah selain Tuhan Yang sebenarnya. Aduh nak Fit yg na lilu, .. klo lihat komentmu , saya bisa SiKoMaTu ( Siang Kopi Malam Tuak) hahaha..

    • Lalu apa tujuan dari patung dan gambar itu? Kalau ada perintah dari Yesus minta dibuatkan patung dan gambar, saya sih oke-oke saja.

    • RAS : RAS RAS, kamu itu memang baik. Lha saking baiknya jawabanmu juga kadang-kadang rada naif gicu.

      Masalah Allah berperan membuat manusia mengerti kebenaran itu ada benarnya tentu saja. Tetapi yang saya samber itu kan bukan dari sisi Allah tetapi dari sisi manusia.

      Bahwa kebenaran asalnya dari Allah ya tentu saja masih lain artinya bahwa manusia tidak perlu berusaha menelaah , belajar dsb.

      Itulah mengapa saya katakan : Mau Roh Kudus kek , mau rohyati mau apapun namanya ya pasti maleslah ngurusi manusia yang males belajar .. πŸ™‚

      Ketakwaan atau keikhlasan seseorang dsb itu jangan dipolarisasikan dengan manusia tidak perlu berusaha. Dua sisi bahwa manusia perlu berusaha tetapi juga dengan kesadaran bahwa bukan usahanya yang menentukan, saya rasa harus dilihat bersama.

      Masalah kebenaran dari Allah, ala kamu itu tentu juga perlu dilihat dari sisi yang lain. Bahwa konsep sola Scriptura, Sola Fide dalam Protestan pun tidak bisa diartikan sesederhana itu.

      Ada baiknya kamu juga melihat bahwa jika kebenaran atau apa yang kamu anggap benar memang dari Allah, mengapa aliran Protestan banyak sekali bagai jamur di musim hujan dengan aneka pendapatnya yang kadang berbeda2 pendapat.

      Apakah di sini kemudian bisa diartikan bahwa Roh Kudus sedang berkelahi satu sama lain. Kepada A , Roh Kudus mengajarkan X, kepada B mengajarkan Y. Itulah suatu hal yang juga bahkan dikritik oleh Katholik.

      Masalah Pengetahuan : Saya rasa kalimatku jelas : Tuhan itu jangan selalu dijadikan bemper ketidaktahuan.

      Jika sesuatu tidak bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan, maka keluar pernyataan : Maha Besar Allah, dsb Mujizat, dsb. Tetapi ketika ada penjelasan ilmiahnya , mendadak Allah nggak pernah disebut2 lagi dalam konteks suatu peristiwa yang pernah dianggap aneh.

      Kritik ateis bahwa Tuhan hanyalah sekedar pengisi celah ketidaktahuan bagi teis, saya rasa timbul asal muasalnya ya dari sini.

      Tuhan itu apa sih? Tuhan itu pengisi celah ketidaktahuan. Lha setiap kali manusia tidak tahu akan sesuatu hal, kata Tuhan dimasukkan di situ. Lha Kritik ateis kan gitu. Dan faktanya secara realistis empiris yang bisa kita lihat juga gitu kan.

      Artinya nggak usah lebaylah. Apalagi kalo kemudian dikaitkan dengan segala macam hoax. Sangat mungkin yang lebay2 itu keren di awal tetapi endingnya kontradiktif.

      SALAM

  7. Berhala itu kan hanya sesembahan yang tak bisa memberi apa-apa buat kita. Beda dong dengan uang, listrik dan teknologi, karena itu hanya kebutuhan yang bisa memberi manfaat. Tapi itu tergantung si pemakai fasilitas tersebut. πŸ˜€

    • @Fitri,

      Anda kalau mau komen baca uraian di artikel dulu ngga neng Fitri?

      Uang dan lain sebagainya, bisa memberikan kepuasan kepada kita, makanya banyak orang ingin kaya, ya ngga…?

      tetapi itu semua fana, dan TUHAN ingatkan, jika Anda fokus di uang, maka hati-hatilah, itu sama dengan penyembahan berhala..

      ingat, di sini bukan mengatakan uang tidak perlu,…. seperti hal makan, makan juga perlu, tetapi kalau ada orang yang fokusnya hanya demi makanan dei uang dan sebagainya, maka itu sama dengan penyembahan berhala,…
      sebab seharusnya kita fokus kepada TUHAN, sebab kalau mati kita akan bersama TUHAN, IMANUEL, tidak bersama makanan atau uang dls…

      nah dengan demikian,
      apakah berhala2 demikian ini sudah dihancurkan di hatinya neng Fitri?
      ini nama lain dari sunat hati llho…

  8. @ Fitri

    Lalu apa tujuan dari patung dan gambar itu
    .
    .
    Patung dan segala perlambangan di ajaran Kristen tidak bertujuan dibuat sebagai sesembahan menggantikan Allah yg ada di dalam hati manusia yg dibenarkan Roh Kudus. Tidak setiap yg dilarang itu menjadi kaku utk dilakukan. Artiannya dalam ajaran keKristenan tidak dikenal ada Ilah lain (berhala) selain Allah yg ESa dan tidak ada Tuhan selain Mesias Allah itu. Yang dilarang didalam keKristenan itu adalah memiliki hati yg memberhalakan sesuatu dgn menggantikan Allah yg sebenarnya.
    .
    .
    @ Fitri
    Kalau ada perintah dari Yesus minta dibuatkan patung dan gambar, ..?

    .
    .

    (mengernyitkan dahi, krn keheranan) …
    .
    Kristus mula-mula datang ke dunia ini kpd bangsa pilihan Allah sendiri. Artinya Dia harus pertama kali memberi maklumat kpd bangsaNya sendiri yg sudah diajar bhw tidak ada Allah lain selain Allah yg disembah nenek moyang Israel itu sendiri. Dia datang mengabarkan bhw keselamatan dari Allah itu sudah ada dan sedang datang ke dunia ini.
    Kalau menilik pemikiranmu itu , bagaimana mungkin Yesus Kristus memperilah atau membuat patung atau hal lain lain , pd hal DIA sendiri yg telah melarang memperTuhankan yg lain selain Allah. Waduh … jujur bah , hira na loak2 on ma iba mangadopi boru2 on bah …

  9. Hayo..kenapa bisa ada gambar dan patung yesus. . . πŸ˜€

    • @fitri,
      karena YESUS benar2 ada, dan karena TUHAN benar-benar pernah menjadi manusia…dan karena YESUS pernah benar-benar disalib dan mati dan bangkit, naik ke sorga,… kalau YESUS hanya naik kesorga tanpa mati seperti HENOKH, atau ELIA, maka tidak akan ada seperti itu, buktinya sampai sekarang tidak ada YAHUDI atau KRISTEN yang membuat patung dan gambar ELIA dan HENOKH….

      jadi pandanglah itu sebagai cara orang yang berbakat mematung dan melukis “menumpahkan” ide dan pikirannya di dalam menunjukkan kecintaannya akan Tuannya, YESUS KRISTUS…

      itu sama dengan kenapa ada masjid?,karena Muhammad pernah ada di dunia ini… kira2 seperti itu,

      apakah orang menyembah patung itu? apakah ada orang yang menyembah Mesjid?

      namanya manusia, ada saja yang melakukan hal seperti itu, memperilah patung dan gambar Yesus, atau bagi Anda memperilah Mesjid Al Aqsa contohnya….

      dan TUHAN ingatkan… “eitsss itu bahaya…., jangan ada allah lain di hadapanKU, AKU-lah ALLAH….tidak ada yang lain..”, gitu neng…bahaya inilah yang banyak sekali ditulis di Alkitab…

      semoga bisa diterima dengan hati yang damai…

  10. Kenapa ada masjid karena fungsinya untuk ibadah sama seperti halnya gereja yang berfungsi untuk ibadah umat kristen.

    • kalau Muhammad tidak pernah ada, saya kira mesjid tidak akan ada kan?
      dan ada juga kecenderungan orang yang memperilah hal2 seperti itu, contohnya Al Aqsa, hehehe… sama juga dengan salib dan lukisan itu, itu bukti YESUS pernah ada dan pernah disalib dan mati… dan ada juga yang memperilah patung dan lukisan itu, tetapi itu tidak benar,karena ALKITAB berkata :”HANYA TUHAN ALLAH”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: