Terimalah Roh Allah

Februari 19, 2010 pukul 7:57 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 3 Komentar
Tag: , , , ,

Yohanes 20:19-22, IBIS
Pada hari Minggu itu juga, ketika sudah malam, pengikut-pengikut Yesus berkumpul di sebuah rumah dengan pintu-pintu yang terkunci, sebab mereka takut kepada para penguasa Yahudi. Tiba-tiba Yesus datang dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata, “Salam sejahtera bagimu.”
Sesudah berkata begitu, Ia menunjukkan kepada mereka tangan dan lambung-Nya. Pada waktu melihat Tuhan, mereka gembira sekali.
Lalu Yesus berkata kepada mereka sekali lagi, “Salam sejahtera bagimu. Seperti Bapa mengutus Aku, begitu juga Aku mengutus kalian.”
Lalu Ia meniupkan napas-Nya kepada mereka dan berkata, “Terimalah Roh Allah
……

Peristiwa penyaliban adalah teror yang sangat mengerikan bagi para murid Yesus. “Guru saja dibantai, IA penuh kuasa dan penuh kebenaran, apalagi kami”, inilah biasanya yang keluar dari pikiran-pikiran yang penuh kekuatiran dan ketakutan. Sangat beralasan memang untuk melupakan kotbah-kotbah Yesus perihal :”Jangan kamu kuatir”. Nyawa mereka terancam. Otoritas Yahudi, penguasa, yang bebal dan keras kepala telah melambung tinggi, Guru telah dibunuh, dan sekarang waktunya membantai habis para pengikut. Murid-murid sangat ketakutan.

Rumah tempat para murid berkumpul dikunci rapat, kalau ada beberapa wanita cerewet dan penakut, mungkin akan mengigau begini :”Aduuuhh gimana kita ini,… bagaimana ini…”.
Tiba-tiba YESUS masuk ke ruangan dan berdiri di tengah-tengah mereka, kemungkinan beberapa di antara mereka sedang berdoa. Halusinasikah? Hantukah?, sebab mereka berpikir ‘sosok’ yang tiba-tiba berdiri di depan mereka itu hanyalah ‘sebuah’ roh dan produk-produk dekaden lainnya, yang biasanya timbul pada saat ketakutan yang memuncak….

“Shalom” kata Yesus, lalu.. Ia menunjukkan kepada mereka tangan dan lambung-Nya. Pada waktu melihat Tuhan, mereka gembira sekali. Upppsss… ini benar-benar YESUS, Guru… yang telah disalib itu… yang mati itu…, mungkin si wanita cerewet tadi berkata:”Hehh Petrus sini… lihat… Dia ini memang Guru, lihat Petrus aku menjamah bekas paku salib itu,…. Petrus cepat ke sini, DIA-lah ini…”.

Ketakutan berubah menjadi kegembiraan yang luar biasa, sebab Tuhan YESUS hadir.
Dan tidak cukup di situ, Tuhan YESUS yang adalah diutus Bapa untuk menyelamatkan manusia, Penebus, sekarang Tuhan Yesus mengutus murid-muridNYA. Seperti Yesus diurapi Roh Kudus untuk memulai pekerjaan Pemberitaan Injil Kerajaan Allah, maka juga para murid diberi anugerah-anugerah oleh YESUS, mereka diurapi dengan ROH KUDUS, ROH ALLAH…. YESUS melakukan itu, sebab IA adalah TUHAN.

“Terimalah Roh Allah,” kata Tuhan Yesus ….
Kita langsung teringat peristiwa ribuan tahun sebelum kejadian ini, tepatnya di Kejadian

(Kejadian 2:7 [ITB])
ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

atau:

(Yehezkiel 37:5 [ITB])
Beginilah firman Tuhan ALLAH kepada tulang-tulang ini: Aku memberi nafas hidup di dalammu, supaya kamu hidup kembali.

Nafas Tuhan Yesus adalah nafas kehidupan, nafas kesejahteran,..nafas penghiburan.. nafas pertolongan.. dan nafas pengutusan,… ROH ALLAH….ELOHIM.

Bukti?
Dari sekian murid-murid yang ketakutan, yang mengunci diri di rumah itu, setelah kehadiran dan anugerah ‘napas’ itu, mereka menjadi bergembira, kelegaan mereka dipuaskan…. dan mereka berani….
bahkan rela mati,…. ingat dari 11 rasul awal, paling tidak hanya Yohanes yang tidak mati martir. Bahkan generasi ke tiga setlah Kristen awal ini masih martir, Paulus, Policarpus… dan seterusnya, bahkan masih terwaris di abad 19 awal, Pdt.Samuel Munson dan Pdt. Hendy Lyman, mati martir di Tanah Batak.

Kematian bukan ujung kawan,…. bagi yang berkemenangan itu adalah awal untuk melihat kemuliaan hidup bersama Sang Raja. Kalau kita hidup, kita hidup untuk Tuhan. Dan kalau kita mati, kita pun mati untuk Tuhan. Jadi, hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan (Roma 14:8)

3 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. @ Parhobas

    Laeku yg terkasih ..

    Tolong sesekali selipkan dulu video klip lagu-lagu rohani pd posting lae ini bah ….

    Asa lam tarbarita goar Tuhanta Yesus Kristus si Palua i .

    Salom ma jala horas …

    • nauli jala na denggan laekku…..

      adong do nian lagu2 sian youtube, alai sipata olo do konten-nai mago sotarboto-boto, gabe mago matong annon sian blog on hehehe

    • @Lae sihotang

      lagunya dah saya buat lae di:

      Lagu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: