HALELUYA

Februari 15, 2010 pukul 12:10 pm | Ditulis dalam Apologet | 14 Komentar
Tag:


Haleluya, umumnya disebut Pujilah TUHAN.

הַלְלוּ יָהּ HALELU YAH, יהH3050 הללו H1984

H3050
יהּ
yâhh, yaw
Contracted for H3068, and meaning the same; Jah, the sacred name: – Jah, the Lord, most vehement. Cp. names in “-iah,” “-jah.”

H1984
הלל
hâlal, haw-lal’
A primitive root; to be clear (originally of sound, but usually of color); to shine; hence to make a show; to boast; and thus to be (clamorously) foolish; to rave; causatively to celebrate; also to stultify: – (make) boast (self), celebrate, commend, (deal, make), fool (-ish, -ly), glory, give [light], be (make, feign self) mad (against), give in marriage, [sing, be worthy of]

H3068
יהוה
yehôvâh, yeh-ho-vaw’
From H1961; (the) self Existent or eternal; Jehovah, Jewish national name of God: – Jehovah, the Lord. Compare H3050, H3069

terjemahan mendekati Literal, ECB Bible, begini:
Mamur 150:1-6
Halalu Yah! Halal El in his holies;
halal him in the expanse of his strength;
halal him for his might;
halal him according to his abundant greatness;
halal him with the blast of the shophar;
halal him with the bagpipe and harp;
halal him with the tambourine and round dance;
halal him with strummers and woodwinds;
halal him on the hearkening cymbals;
halal him on the clanging cymbals.
All you who breathe, halal Yah.
Halalu Yah!

LAI, Terjemahan Baru, begini
Haleluya! Pujilah Allah dalam tempat kudus-Nya! Pujilah Dia dalam cakrawala-Nya yang kuat!
Pujilah Dia karena segala keperkasaan-Nya, pujilah Dia sesuai dengan kebesaran-Nya yang hebat!
Pujilah Dia dengan tiupan sangkakala, pujilah Dia dengan gambus dan kecapi!
Pujilah Dia dengan rebana dan tari-tarian, pujilah Dia dengan permainan kecapi dan seruling!
Pujilah Dia dengan ceracap yang berdenting, pujilah Dia dengan ceracap yang berdentang!
Biarlah segala yang bernafas memuji TUHAN! Haleluya!

Note:
‘yah’ sering juga ditulis ‘iah’, ‘jah’,…

ditambahkan dari comment di bawah:

HALELUYA itu adalah kata konstrak atau kata bentukan dari:
HALALU YAH
HALALU adalah bentukan dari HALAL LU

dimana
HALAL = PUJILAH (secara konteks dan secara logika penerjemahan)
LU= KALIAN, bisa juga kita

YAH = YAHWEH (YHWH, TUHAN, ALLAH, dengan capslock semua)

jadi HALELUYAH arti literalnya,
kita Pujilah TUHAN atau Puji kalianlah TUHAN…atau bisa juga Terpujilah ALLAH, terpujilah TUHAN

Iklan

14 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Di blog saya, sering ada komentar dari Yesus Kristus. Setelah promosi blognya, maka dia mengucapkan haleluya.

    • nah dengan membaca artikel ini Anda bisa ngerti apa maksudnya…
      yaitu Halalu Yah atau Halalu El…

  2. Pujian?

    • bisa bacakah?

      bacalah artikelnya

  3. Sudah.

    • setelah sudah bisa membaca, sekarang ngerti ngga cara menerima informasi?

  4. Iya. Pujian kan?

  5. @ Fitri

    Kau mungkin akan terus bertanya tanpa mau mengerti . Kau mendengar tapi tidak memahami. Kau memang melihat tapi sulit mempercayai.

    Mungkin mesti selesai dulu sekolah lanjutan Sarjanamu….

    • @laekku Sihotang

      sangat mengerikan negara kita ini lae…. yang sarjana juga banyak yang tidak mengerti cara mengolah dan menerima informasi…

      apa karena begitu mudahnya orang sekolah? atau karena banyaknya sekolah sehingga berebutan mahasiswa sampai2 yang tidak kualified juga bisa masuk sekolah….?

      ngeri ngeriiiiiii….

  6. Yang bilang aku sarjana siapa? Cuma Diploma III kok. Jurusannya juga beda jauh sama artikel ini. Lulus juga sudah sebulan yang lalu. Heran..
    Aku kan tanya ‘pujian’.

    • jurusan apa seh neng? kuliah dimana?

      artikel di atas sudah sangat jelas, bahkan ada 6 ayat dari 1 pasal penuh dari Mazmur 150…. masak belum ngerti2…? itu yang membuat saya heran

  7. Jurusan Akuntansi, kuliahnya di Universitas Mulawarman. Beda jauhnya kaaaan?

    Yang ku tanya arti Haleluya adalah pujian kan? Ya udah, aku nggak tanya lagi. Langsung statements saja kalau begitu.

    • ooo… calon orang kaya dong yah, hehehe

      HALELUYA itu adalah kata konstrak atau kata bentukan dari:
      HALALU YAH
      HALALU adalah bentukan dari HALAL LU

      dimana
      HALAL = PUJILAH
      LU= KALIAN, bisa juga kita

      YAH = YAHWEH (YHWH, TUHAN, ALLAH, dengan capslock semua)

      jadi HALELUYAH arti literalnya,
      kita Pujilah TUHAN atau Puji kalianlah TUHAN…

      itu sebuah kata perintah,
      sementara yang Anda sebut, Pujian adalah kata benda….
      הלּוּל
      dibaca Hillul atau jamaknya Hillulim (puji-pujian)
      kata dasarnya tetap HALAL=PUJI…kalau untuk ajakan/perintah bisa diterjemahkan PUJILAH

  8. HALELU YAH didalam pengucapan ada juga yang menyebut HALELU JAH….
    karena berbeca dialek saja….

    sebab di Ibrani tidak ada huruf dengan transliterasi J, tetapi dialeknya bisa kedengaran seperti J


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: