3 Sunat

Februari 13, 2010 pukul 7:05 pm | Ditulis dalam Saya melihat | 31 Komentar
Tag: ,

1. TUHAN melihat Abraham sebagai benar. Demikianlah Allah memberi perjanjian, perjanjian sunat, kira-kira begitu namanya. Perjanjian ini diberikan pada saat Abraham sudah tua, maka ketika Perjanjian itu diberikan, serta merta Abraham menyunat semua orang, baik anaknya, hambanya, semua orang yang tinggal bersama dengan dia. Setelah Ishak lahir, maka ia disunat pda hari ke delapan, seperti itulah Perjanjian itu, di sunat pada hari ke delapan. Sunat kulit kathan. Perjanjian antara TUHAN dengan manusia.

2. Hemor, orang terpandang di Kanaan, mempunyai anak, Sikhem namanya. Ia memperkosa Dina, putri Yakub. Walaupun Sikhem memperkosa Dina, ternyata ia sangat mencintainya, sehingga ia rela bernegosiasi kepada Yakub. Ia berkata:”Biarlah Dina dapat saya kawinkan dengan anak saya, Sikhem, lalu kamu bisa tinggal secara bersama-sama dengan aku di daerah ini, lalu kita bisa saling kawin mengawinkan antara orangmu dan orangku”. Setelah anak-anak Yakub pulang dari ladang didengarnyalah peristiwa ini,…mereka kesal, marah dan merasa direndahkan. Mereka mempunyai siasat…dan berkata:”Ok pak Hemor, kami terima tawaranmu, asal semua laki-laki yang ada padamu juga bersunat, karena kami adalah orang-orang yang bersunat”. Dan… karena Hemor ini orang terpandang maka ia disetujui oleh kaumnya, mereka semua disunat. Mereka ini memiliki perjanjian sunat juga, sunat kulit kathan….. Perjanjian antara manusia dengan manusia.

3. Sunat hati, sunat rohaniah. Yeremia pernah bernubuat akan kehancuran Israel, karena mereka tidak bersunat hatinya, mereka menentang ALLAH dengan tidak mengenal perbuatan-perbuatanNYA. Meskipun mereka bersunat karena Perjanjian Sunat, tetapi kemungkinan hanya kebiasaan atau budaya, mereka sudah tidak mengenal ALLAH, dan mereka tidak mau. Setelah pembuanganlah mereka kembali menyunat hatinya, dan…. memang jatuh kembali. Sunat hati adalah…. merendahkan diri di hadapan TUHAN. Tunduk sepenuhnya kepada DIA, TUHAN, Allah semesta alam.

Iklan

31 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Kalo tak pikir-pikir jangan-jangan aku ini malah jadi sumber ide buat kamu. 🙂 Setiap kali kamu ngobrol denganku besoknya jadi deh satu artikel. Hi Hi Hi. Gimana kalo kau traktir aku makan soto ?

    • ngerasa kali, hehehe

      saya sedang membaca ulang Kitab Kejadian, sampai lah pada pasal dimana Dina diperkosa oleh Sikhem, anak Hemor….persis seperti point 2 di atas. Dan tentu beberapa bab di atasnya menceritakan sunat dari Abraham….

  2. Sunat hati? Seram amat pake di operasi di rumah sakit.

    • ….. Fitri adalah buah hati dari kedua orang tuanya….(paling tidak pernah diucapkan oleh kedua orang tua Anda)….

      setelah besar, Fitri masih berpikir bahwa hati kedua orangtuanya benar-benar berbuah…..

      dengan bahasa begini nyampe ngga? hehehe,….

  3. Ah .. sudahlah lae …
    payah menghadapin boru na memet on …
    Kalau dipikir2 … orang yg tidak beragamapun ( Atheis ) tidak akan mengartikan sunat hati sama dgn operasi lever …

    • agak susah memang diajak diskusi saudari Fitri yang kemungkinan sudah menjadi sarjana….

  4. Salahnya di mana lho…? Sunat hati kan berarti hatinya yang di potong. Atau mungkin ayat Alkitab hanya menggunakan bahasa kiasan.

    • orang tua fitri hatinya berbuah, menghasilkan Fitri, wkt itu kamu dipetik apa dibrojolin neng?

  5. Tanya sendiri lah sama orang tuaku.

    • ntar deh kalau Fitri dah menikah (semoga), setelah itulah Fitri akan tahu bahwa ia berbuah, lalu berhasil memetik seorang anak….

  6. Anak kok di petik?

    • kata Anda

      Sunat hati? Seram amat pake di operasi di rumah sakit.

      lalu

      Anak kok di petik?

      dah ngerti atau bingung sendiri?

  7. Sunat hati kan hatinya yang disunat lewat bedah operasi.

    • makanya fitri, bandingkan dengan…
      fitri adalah buah hati dari kedua orang tuanya….

      hati orang tuamu berbuah atau gimana?

  8. Kalau itu sih, kejadian langka.

    • heran sama Fitri…

  9. Aku nggak heran.

    • yah kalau kau sadar sudah dari dulu nyambung ngomong ke kamu….

  10. Jadi yang mana nggak nyambungnya?

    • selidiki hati sendiri ajah ok

  11. Aku nggak mau di bedah pada hati. Aku takut operasi.

    • malang sekali emang Anda, ngga punya kulit khatan, maka ngga disuat,,,
      hatinya keras maka susah mengerti yang rohaniah…

      Fitri emang pernah dengar Kristen operasi hati untuk menjadi umat ALLAH?

  12. Pernah dong, di blog ini. Aku mau mandi dulu. Bukannya mau kabur. Setengah jam lagi kalau sempat saya kembali.

    • pernah dengar orang masuk rumah sakit untuk menjadi seorang Kristen, umat Allah?

  13. Aku jarang nyimak berita.

    • tetap masih heran kepada Anda…

  14. Aku tambah bingung. ❓

    • sunat hati itu adalah, mengikis segala kesombongan, kedegilan hati, kekeraskepalaan, dan mengaku bahwa TUHAN adalah Allah atas diri kita….

      sunat hati menurut Fitri adalah operasi hati…
      makanya ngga pernah nyambung…

      dari awal informasi ini sudah jelas dikasih tahu di blog ini,…. saya heran akan kekeraskepalaanmu kawan…. itu tandanya Anda belum sunat hatii….

  15. Berarti ayat itu memakai bahasa kiasan kan?

  16. Beginilah Firman TUHAN Yesus, sang alpha dan omega.
    Lukas 10:10-11
    10.”Tetapi jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu tidak diterima disitu, pergilah ke jalan-jalan raya kota itu dan serukanlah: 11. Juga debu kotamu yang melekat pada kaki kami, kami kebaskan di depanmu; tetapi ketahuilah ini: Kerajaan Allah sudah dekat.

    Bang Parhobass, uang be pola sai di alusi Abang be angka halak on. Nga undenggan molo tapakke tingkitta mampromosihon blog on tu angka halak na so umbotosa dope, daripada habis tingkitta mangalusi angka halak on.

    Godang dope halak na porlu asa mamjaha jala mambege barita nauli sian blog ni Abang on.

    Godang dope halak hita “domba-domba yang hilang dari suku Israel” na mungkin gabe mulak molo manjaha isi ni blog ni Abang on.

    Daripada loja hita mangurusi angka alusni halak on. Lok ma TUHAN na mangurusi halak i.

    Horas ma Abang

    • mauliate ma kawan… GBU


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: