Israel

Februari 12, 2010 pukul 6:00 pm | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 55 Komentar
Tag:


יִשְׂרָאֵל

Yisrael….

dari שר sar, pangeran/raja..
atau שרה sarah, dia memerintah seperti seorang pangeran/raja
dan אל el, Allah
.. dari sini Yisrael bisa diartikan Pangeran dari TUHAN atau Raja dari TUHAN

bandingkan dengan Yesaya 9:6 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai

atau bisa juga …
איש ish, manusia…
ראה raah, dia melihat…
…dari sini Yisrael bisa diartikan Manusia yang melihat Allah

bandingkan dengan…Yohanes 1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.
dam Yohanes 3:13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.

Menurut kamus Nave, Israel di dalam Alkitab mempunyai hubungan dengan:
1. Sebuah nama yang diberikan kepada Yakub
2. Nama yang akan diberikan kepada Mesias yang dinantikan itu
3. Nama yang diberikan kepada bangsa yang diturunkan oleh Yakub, sering juga disebut orang Ibrani
4. 10 suku keturunan Yakub di Utara.
5. Yudea, gabungan antara Yehuda dan Benyamin

Kadang ada juga yang disebut dengan Israel sejati, yang artinya yaitu:
1. Orang yang tulus dan bersih hatinya
2. Orang yang mendapat keselamatan dari TUHAN
3. Orang yang tidak ada kepalsuan di dalam hatinya

sehingga sangat berasalan kutipan ini:
Roma 9:6 Akan tetapi firman Allah tidak mungkin gagal. Sebab tidak semua orang yang berasal dari Israel adalah orang Israel

Iklan

55 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. @Parhobass tercinta : Menarik juga pendapatmu ini. Tapi ada juga pendapat gini yah : Konon Israel itu artinya Bergumul Melawan Allah ? Bener nggak ? Mungkin karena itu bangsa Israel juga rada hobi berantem ? 🙂

    • antara pernyataan dan konklusinya sepertinya agak tendensiuss, hehehe

      • Saya cuma mau menunjukkan bahwa model2 begini itu bisa ditafsirkan beraneka ragam termasuk juga ayat mengenai keledai liar di kejadian yang juga kadang ditafsirkan tendensius. Aku cuma menunjukkan sisi lain saja. 🙂

      • bergumul dengan berantem sama ngga?
        itu yang saya heran dari kalimatmu,…fokus fokusssss…. hehehe

  2. Iya tuh. Katanya Yakub pernah bergulat melawan Allah. Nah, Allah yang diyakini Kristen kan adalah Yesus.

    Berarti..

    Yakub bergulat melawan Yesus dan Yesus pun kalah.

    Benar tidak?

    • katanya siapa, dimana? bisa dibeberkan info yang Anda tahu?

  3. Hehehehe…
    Songonon ma halakon tabereng lae …
    Kalau , setiap hari Sabtu dan Minggu .. mereka-mereka ini berduyun2 ngasih koment ke sini.

    Tapi coba pas , diberi penerangan begini … sude na kabur…
    songon apporik leak ni halak on sude ….

    • yah seperti biasa, khususnya Fitri, yang masih belum ngaku sampai sekarang, bahwa ia kalau ditanya suka diam dan kabur…. menyedihkannya adalah kalau ia bertanya kita jawab, tetapi tidak pernah masuk ke dalam hatinya….

      hatinya dah BEBAL kali lae, semoga belumlah…

  4. Ah masa nggak tau ayat Alkitab yang menceritakan Yakub bergulat dengan Tuhan kalian.

    • Yakub bergulat dengan Tuhan kami,…dimana?
      Yakub kami bergulat, Yakub kalian gimana?

  5. itu lho..asal mula terjadinya bangsa Israel.

    • dimana?

  6. Dalam Alkitabmu.

    • ngga bisa nunjukin? ada puluhan ribu ayat masalahnya…

  7. Aku lupa nama ayatnya. Ya udah, aku cari dulu. Ku tinggal 5-10 menit dulu, nanti aku kemari lagi.

    • ditunggu dengan sabaar

  8. Ayat Kejadian 32:24-28

    • Lalu tinggallah Yakub seorang diri. Dan seorang laki-laki bergulat dengan dia sampai fajar menyingsing. 25 Ketika orang itu melihat, bahwa ia tidak dapat mengalahkannya, ia memukul sendi pangkal paha Yakub, sehingga sendi pangkal paha itu terpelecok, ketika ia bergulat dengan orang itu. 26 Lalu kata orang itu: “Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing.” Sahut Yakub: “Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku.” Hos 12:3;
      27 Bertanyalah orang itu kepadanya: “Siapakah namamu?” Sahutnya: “Yakub.” 28 Lalu kata orang itu: “Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang.”

  9. Nah, itu dia. Kok Yakub bergumul melawan Allah kalian?

    • baca ini nggak?
      Dan seorang laki-laki bergulat dengan dia sampai fajar menyingsing.

      apa yang Anda tangkap?

  10. Seorang laki-laki..
    Pada akhir ayat kan Yakub menang melawan Allah dan manusia.
    Siapa lagi yang di lawan Yakub kalau bukan Yesus.

    • Yakub bergumul dengan Allah dan manusia ..

      nah pertanyaannya, apakah laki-laki itu bergumul di dalam keadaan Allah? atau di dalam keadaan manusia?
      atau Yakub bergumul dengan 2 oknum, Allah dan manusia?

  11. Loh, kok tanya ke saya? Itu kan Alkitabmu.

    • lalu dari mana Anda tahu itu Yesus ?

  12. Karena kristen selalu bilang kalau Yesus adalah Tuhan yang menjelma jadi manusia.

    • Nama “YESUS” baru ada sekitar 1500 tahun setelah peristiwa itu,….
      jadi yang bergumul dengan Yakub adalah YHWH, dengan mengambil rupa segabai ‘utusan’, Malaikat, manusia, seorang laki-laki….

      dengan demikian akan sangat mudah mengetahui bahwa TUHAN amat sangat MAHA KUASA, sehingga perkara TUHAN berinkarnasi menjadi manusia itu bukan sesuatu yang mustahil…

      lalu apa kesusahan Anda di kutipan itu ?

  13. Bukankah nama YHWH hanya di pakai pengikut aliran YHWH? Berarti…

    • jadi selama ini kamu pikir Kristen tidak pengikut YHWH?

  14. Pengikut YHWH kan tidak mau menggunakan nama Allah.

    • mungkin masih banyak yang tidak Anda tahu….

      • Yesaya 55:8-9
        8. Sebab rancanganKu bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalanKu, demikianlah firman TUHAN.
        9. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalanKu dari jalanmu dan rancanganKu dari rancanganmu.

        Pengkhotbah 11:5
        5. Sebagaimana engkau tidak mengetahui jalan angin dan tulang-tulang dalam rahim seorang perempuan yang mengandung, demikian juga engkau TIDAK MENGETAHUI pekerjaan Allah yang melakukan segala sesuatu.

        Tepat sekali, manusia tidak akan pernah sanggup memahami keseluruhan dari rencana dan pemikiran Tuhan. Kita hanya akan paham dan mengerti rencana TUHAN, hanya apabila TUHAN sendiri yang memberitahukan makna dan arti dari rencanaNya tersebut kepada kita, itulah mengapa kita memerlukan Roh TUHAN ada di dalam kita.

        Kalau anda masih saja mengandalkan kemampuan/hikmat/kepintaran anda. Jangan harap bisa mengerti rencana-rencana dari TUHAN. Berhentilah bermimpi dan menyangka bahwa anda kenal dan tau siapa TUHAN itu. Anda hanya akan menghabis-habiskan waktu saja.

        Lalu…..bagaimana supaya paham rencana TUHAN ????!!!!
        Beginilah firman TUHAN.
        Amsal 3:5
        Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

        Betul sekali, rendahkanlah diri anda di hadapan Tuhan. Terima Yesus dalam hati dan hidup anda. Maka anda akan menerima Roh Kudus dari TUHAN yang akan menjelaskan pertanyaan dalam diri anda, juga membimbing anda dalam kehidupan anda.

  15. Oh..

    • Anda sudah pernah bertemu allahmu atau nabimu sampai Anda percaya kepada mereka?

      atau bagaimana caranya Anda percaya kepada mereka?

  16. Pertanyaannya menjebak tuh. Sudah tau tapi ditanyakan. Pada dasarnya orang beragama karena mengikuti agama orang tuanya, terlepas benar atau salah.

    Coba kalau pertanyaan itu di balik pada diri sendiri.

    Eh, rasanya aku kemarin tanya Yesus yang mana? Yang disebut Isa Almasih atau bukan?

    • katanyakan Anda mau percaya Yesus kalau Ia benar2 datang menemui Anda….

      saya tanya balik, apakah Anda pernah bertemu allahmu atau nabi sampai2 Anda percaya kepada mereka?

      kalau pertanyaan itu dibalik, maka tanyalah semua Kristen yang sudah lahir baru, semua mereka akan menjawab, sudah bertemu dengan TUHANnya, yaitu melalui ROH KUDUS,… asyikk kan?

      Siapakah ROH KUDUS? DIA adalah TUHAN, yang menganugerahkan KASIH kepada seluruh dunia di dalam YESUS…..Inilah YESUS yang kami beritakan kepada Anda, bukan Yesus yang lain….

  17. Ah, aku nggak percaya kalau setiap kristen pernah bertemu Yesus. Karena nggak ada yang tau wajah aslinya Yesus.

    • karena Anda masih sebatas pemikiran lahiriah, materi dan duniawi….belum sampai ke mata hati, mata rohaniah…. agak susah memang berbicara dengan Anda… TUHAN datang kepada siapapun yang mau dan rela tunduk kepada TUHAN YESUS melalui ROH…. contoh sederhananya melunakkan hati dan mau menerima informasi, tanpa harus menjadi manusia yang keras kepala…

      contoh keras kepala adalah…. dengan lancang mau bertemu YESUS untuk percaya kepadaNYA, padahal Anda sudah mempercayai allah lain tanpa pernah bertemu dengan dia,…
      ,….

    • Yohanes 20:24-28
      24. Tetapi Tomas, seorang dari keduabelas muris itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ. 25. Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: “Kami telah melihat Tuhan!” Tetapi Tomas berkata kepada mereka: “Sebelum aku melihat bekas paku pada tanganNya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambungNya, sekali-kali aku tidak akan percaya.”
      26. Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!” 27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: “Taruhlah jarimu disini dan lihatlah tanganKu, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambungKu dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.” 28 Tomas menjawab Dia: “Ya Tuhanku dan Allahku!” 29 Kata Yesus kepadanya: “Karena Engkau telah melihat Aku maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

  18. Om Par, lupa ya. Kalau saya pernah krisis iman.

    • saya masih ingat…..dan sepertinya masih berlanjut sampai sekarang hehhehe

      contoh keras kepala adalah…. dengan lancang mau bertemu YESUS untuk percaya kepadaNYA, padahal Anda sudah mempercayai allah lain tanpa pernah bertemu dengan dia,…
      ,….

  19. Mengapa lancang? Untuk kategori saya yang sedang mencari Tuhan dan agama paling benar, apakah ini juga lancang?

    Sebenarnya iman saya sempat kembali, tapi beberapa bulan ini entah kenapa jadi kembali goyah dan krisis seperti dulu. Seperti ada Tuhan lain yang memanggil saya.

    • sy sudah kasih tau ke Anda…. cara Roh Kudus bekerja itu unik dan di luar pemikiran kita…..

      sy juga sudah kasih tahu, jangan keraskan hati, selidiki hati…. apakah kita puas dengan keadaan kita yang sekarang…

      jangan mencari agama, tetapi carilah TUHAN….

      kelancangan yang saya sebut adalah….
      Di setiap blog dan comment Anda sepertinya Anda sudah percaya kepada allah atau nabi tertentu, padahal saya yakin Anda belum pernah bertemu mereka,… makanya saya tanya bagaimana caranya Anda percaya kepada mereka? lalu kenapa Anda menuntut ingin bertemu dengan YESUS…

      bahwa satuhal yang harus Anda tahu,… YESUS berkenan menemui siapapun, di dalam ROH KUDUS, tetapi…. syaratnya TUHAN ada rancangan besar buat orang itu dan tentu si orang itu mau membuka pintu hatinya….

      buka pintu hati dan selidiki hati….

  20. @ Fitri

    Wahai nak Fitri yg baik ….
    Untuk menerima Kristus dgn cara yg kamu tetapkan bagaimanapun pasti tidak akan mengenai hatimu … percayalah.
    .
    Hanya satu yg harus kau pahamin adalah semakin banyak yg sudah kamu dengar ttg berita Injil Kristus itu maka akan semakin berat
    ” Penghukuman” yg akan kamu terima jikalau kamu dengan sadar menolak DIa yg Hidup. Perkataan sdr Parhobas yg menyatakan bhw setiap umat Kristiani yg sudah di lahirkan dlm keluarga Kerajaan Allah sudah pasti beriman dan mengenal Dia secara pribadi sbg Tuhan Juruselamat mereka. Dengan arti yg mudah kau pahamin adalah kami adalah anak-anak yg bukan lagi hidup menurut dunia ini. Tetapi beroleh kepastian dan mengaku setiap yg percaya di dalam nama Yesus dlm keyakinan Roh di dlm diri kita maka dia sudah mengenal Allah secara khusus spt kau mengenal orang tuamu. Itu karena kau sudah dilahirkan melalui Roh Kudus dgn ucapan perkataanmu dan dimeteraikan Allah melalui Baptisan sbg tanda lahiriah dari Surgawi.
    .
    Kalau kau mengalami krisis iman spt yg selama ini kau katakan, itu dapat kau selesaikan dgn menemukan kebenaran dalam Kristus Yesus. Tetapi kau tidak akan pernah datang kalau kau terus mempertentangkan iman yg sederhana dan tidak masuk akal itu. Kalau kau hendak menguji Dia dgn ingin berjumpa dgn Dia secara pribadi maka itu tergantung kehendak Dia. Tetapi kalau Dia menghendakin spy oleh kami juga kamu beroleh persekutuan sama spt kami beroleh persekutuan dgn Dia maka bukankah itu sama dengan niatmu ingin berjumpa dgn Dia.
    .
    Saya hargai niatmu ingin berjumpa dgn Dia krn imanmu sudah setengah di depan kaum Muslimin lainnya. Itu tandanya bhw kau percaya bhw Yesus Kristus Sang Putra Allah Kalimatullah Sayidina Rabi Isa Almasih masih tetap hidup sampai sekarang. Jikalau Dia mati maka saya yakin kau tidak akan berniat bertemu dgn Dia. Begitu kan non …

    Salam kasih

  21. @Om Par & Om RAS

    Beri saya waktu dulu untuk berpikir. Karena mencari Tuhan bukan perkara main-main. Dan saya sangat serius akan hal ini.

    Kalaupun saya murtad pada suatu hari nanti, ini tak ada hubungannya dengan blog-blog yang menghujat Islam dan nabi Muhammad. Karena krisis iman sudah lama saya alami sejak masih kecil hingga dewasa sekarang.

    Saya nggak tau juga kenapa bisa mengalami krisis iman seperti ini.

    • Kiranya Tuhan Yesus berkenan melihat kegelisahan hatimu….

      Note:
      Jika semua sudah gagal, sekali lagi, jika semuanya sudah gagal, coba terima Yesus Kristus di dalam Roh Kudus

  22. Inilah Firman dari Yesus Kristus, TUHAN dan Raja, sang Mesias, TUHAN Penebus, Yang Awal dan yang Akhir, Bapa Yang Kekal, Penasehat Ajaib, Allah yang Perkasa, Raja Damai.

    Matius 28:18
    18. Yesus mendekati mereka dan berkata: “KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.”

    Yohanes 15:1
    1. “Akulah pokok anggur yang benar dan BapaKulah pengusahanya.

    Yohanes 10:10-11
    10. Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. AKULAH GEMBALA YANG BAIK. 11 Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;

    Yohanes 8:12
    12 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kataNya: Akulah TERANG DUNIA; barang siapa mengikut aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.”

    Yohanes 8:21
    21 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak: “Aku akan pergi dan kamu akan mencari Aku TETAPI KAMU AKAN MATI DALAM DOSAMU. KE TEMPAT AKU PERGI, TIDAK MUNGKIN KAMU DATANG.”

    Yohanes 8:23
    Lalu Ia berkata kepada mereka: “Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.

    Wahyu 22:17
    17 Roh dan pengantin perempuan itu berkata: “Marilah!” Dan BARANGSIAPA YANG MENDENGARNYA, hendaklah ia berkata “Marilah!” Dan BARANGSIAPA YANG HAUS, hendaklah ia datang, dan BARANGSIAPA YANG MAU, HENDAKLAH IA MENGAMBIL AIR KEHIDUPAN DENGAN CUMA-CUMA!

    Matius 10:28-30
    28 Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah kepadaKu, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. 30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan bebanKupun ringan.”

    Yohanes 14:6
    6 Kata Yesus kepadanya: “Akulah JALAN dan KEBENARAN dan HIDUP. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku.

    Yohanes 8: 58
    58 Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, AKU TELAH ADA.”

    Demikianlah Firman Yesus sang Kristus, Mesias, TUHAN Penebus. Hanya satu-satunya Penebus.

  23. Hmmmmm… 🙂
    Setelah saya perhatikan ternyata ayat-ayat diatas sangat menarik sekali…

    Coba anda baca dalam hati tapi kata “mereka” dan “nya” anda baca menjadi nama anda sendiri.

    GBU

    • ia lae, kutipan2 lae sangat mengalir dan menggairahkan…

  24. Roh kudus itu apa? Sebenarnya aku nggak ngerti.

    • @Fitri

      sebagai pebuka bisa dilihat di
      Terimalah Roh Allah

      seperti kata lae Penuai dan lae Sihotang,
      TUHAN itu bukan untuk didefinisikan, akal kita tidak sanggup menjangkau, kita hanya sanggup menjangkau sebanyak IA berinteraksi dengan kita, sebanyak kita mau berhubungan pribadi dengan DIA…. karena IA TUHAN, maka pandanglah IA sebagai TUHAN,… jangan seperti pelajaran atau apapun yang dapat dijamah atau dimengerti….Hubungan Pribadi, hubungan langsung… itulah yang perlu…

      contohnya, Anda bisa membaca Alkitab, lae penuai dan lae Sihotang juga membaca,.. dengan ayat yang sama misalnya “Janganlah kamu kuatir”,…. itu semua tidak ada gunanya kalau Roh KUDUS tidak memberi pengertian. Karena lae Penuai dan lae Sihotang telah memiliki hubungan Pribadi dengan ALLAH maka mereka dapat hidup oleh pembacaan itu, yaitu melakukannya setiap hari….mereka tidak lagi kuatir tentang suatu apapun juga….terkadang masalah ada, cobaan banyak, tetapi Roh KUDUS akan selalu mengingatkan…”Jangan kuatir”,… kalau percaya sama TUHAN, maka kita ikutlah DIA untuk jangan kuatir. Kenapa Harus Roh KUDUS? karena BAPA telah mengutus ROh KUDUS di dalam Nama YESUS untuk menemani semua orang percaya, sampai hari TUHAN datang kelak. Kenapa TUHAN mau menemani di bumi? karena NamaNYA adalah ADA, IA ADA, IMANUEL (TUHAN beserta kita)

  25. @ Fitri

    Roh kudus itu apa? Sebenarnya aku nggak ngerti.

    .
    .

    Nak Fit …
    Apakah KAMU memang ingin mengenalNYa secara pribadi ?
    .
    Kalau kau ingin mengenalNya secara pribadi maka kamu sangat tepat datang kpdNYa. Jikalau kau sudah mengenal dan mengetahui isi hatiNYa maka kamu pasti akan mengenal pribadimu yg sebenarnya. Tidak pernah orang datang kpdNYa dan pergi dgn hati yg dikecewakan.
    Tidak benar Allah itu yg meninggalkan kita tetapi kita yg sering meninggalkanNya krn penilaian kita ttg Dia tidak seperti yg kita inginkan.
    .
    Itulah arti dan peranan Roh Kudus sbg Pribadi Allah yg menginsyafkan manusia yg krisis iman dan moralnya.

    • Aku cuma pengen tau, roh kudus itu apa.

      • Roh Kudus adalah TUHAN…. ALLAH….

        ALLAH adalah Bapa dan Anak dan Roh Kudus yang esa
        Bapa adalah Allah
        Anak adalah Allah
        Roh Kudus adalah Allah
        bukan menjadi 3 Allah, tetapi ALLAH Yang Esa

        Bapa, Anak dan Roh Kudus adalah Pribadi…..
        Bapa bukanlah bapak dari Anak
        Anak bukanlah keturunan Bapa
        karena ALLAH tidak beranak dan tidak diperanakkan..

        Roh Kudus mengetahui semua pikiran ALLAH, dan Ia memanggil Yesus, Tuan…

  26. Roh kudus itu apa? Sebenarnya aku nggak ngerti.
    Banyak sekali teori yang bisa diberikan tentang Roh Kudus, apa ciri-cirinya, bagaiman suara Roh Kudus….dsb. Tetapi semuanya itu tidak akan membantu.
    Sebab Roh Kudus itu bukan untuk dimengerti, tetapi untuk dialami.
    Dari pengalaman anda itulah anda akan mengerti.

  27. @Om RAS
    Punya akun Facebook? Saya pernah add nama orang yang namanya mirip dengan om RAS. Namanya Robinson Sihotang Agus. Saya lihat nama ini dalam daftar temannya Emanuel Setio Dewo.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: