Pelajaran Berat dari Yunus

Februari 6, 2010 pukul 7:45 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | Tinggalkan komentar
Tag: , ,

Yunus diutus untuk mengkotbahi Niniwe. Seharian ia berteriak-teriak, berkeliling kota yang besar itu. Ia seperti orang gila, kalau ada orang seperti itu di jaman ini, yang berkotbah tentang pertobatan, berkotbah di jalanan.

Pergolakan terjadi, ia sedikit memberontak awalnya. Walau kotbahnya bergema dan berhasil, Niniwe bertobat. Niniwe adalah sebuah kota dari suatu bangsa yang sedang menjajah bangsanya Yunus. Dikala penjajahan Jepang, itu ibarat seorang batak mendatangi kota Tokyo lalu berteriak-teriak, berkotbah, “Bertobahlah, jangan menjajah lagi…!”, ini sesuatu yang luar biasa.

Yunus tahu, bahwa TUHAN senang dengan segala pertobatan. Yunus tahu bahwa TUHAN Pengasih dan Penolong dan penuh Kasih Karunia. Kalau Niniwe bertobat maka bangsa penjajah itu akan diampuni. “Penjajah koq diampuni”, mungkin itulah bisikan hatinya.

Jadi pelajaran dari Yunus adalah… Yunus ingin membatasi Kasih TUHAN Allah bagi bangsa lain selain bangsa Israel. Niniwe bangsa yang disebut Israel kafir, anehnya begitu Yunus berkotbah, langsung bertobat. Betapa kontrasnya dengan Istael, …. Yunus?, atau Kristen? …

TUHAN memberi ruang bagi bangsa, orang yang memang tidak bisa membedakan antara YA dan TIDAK. Itulah sebabnya TUHAN YESUS memberi pesan:”Injil harus diberitakan ke seluruh ujung-ujung bumi, segala bangsa, segala suku, segala bahasa”, “barulah kesudahannya sudah dekat”. Orang yang menolak tentu akan seperti Niniwe, kalau tidak bertobat, kalau bertobat sama seperti Niniwe juga, karena pada akhirnya mereka bertobat.

Berbahagialah orang yang bernaung di bawah sayap TUHAN Yang gagah perkasa. Haleluya.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: