Pahlawan Yosua dan Pejuang Mikha

Februari 6, 2010 pukul 8:12 am | Ditulis dalam Apologet | Tinggalkan komentar
Tag: , ,

Yosua memimpin hukuman TUHAN atas Kanaan. Yosua membawa pedang TUHAN. TUHAN menghukum Kanaan karena praktek-praktek kenajisan, penyembahan berhala dan segala bentuk kemurtadan. Yosua dari Shem, dan Kanaan dari Ham, Shem dan Ham adalah anak Nuh. Yosua menjadi pahlawan gagah perkasa yang layak dikenang oleh semua orang Israel.

Mikha melihat bangsanya, Israel, yang telah terpecah dua, satu berpusat di Samaria, dan satu lagi berpusat di Yerusalem, hancur. Dan Mikha menyaksikan penghancuran atas bangsanya ini oleh bangsa yang sekali lagi dipakai TUHAN untuk membawa pedang hukuman. Israel dihukum karena membangkang kepada TUHAN, mereka melakukan dosa-dosa yang dulu dipraktekkan oleh orang Kanaan, berhala dan lain sebagainya.
Jika Mikha mengingat perjuangan Yosua, tentu secara nasionalis ia akan memimpin perlawanan, perang perjuangan melawan penjajah. Tetapi Mikha bukan seorang yang biasa, ia mengenal TUHAN yang memakai penjajah itu, dan ia tahu rencana TUHAN. Mikha berjuang atas dirinya sendiri menyaksikan kehancuran bangsanya, bangsa yang dipilih TUHAN. Sedih sekali…Dan memang sungguh jarang sekali, atau mungkin memang tidak pernah TUHAN menyuruh umatNYA melawan, paling tidak bertahan di dalam perang melawan penjajah bangsa Israel. Sebab penjajah sedang dan sering ditopang oleh tangan TUHAN yang perkasa untuk menjalankan hukuman kepada Israel. Israel yang malang….dan tangan TUHAN siapa yang sanggup melawan.
Ujian yang sangat berat bagi Mikha.

Di tengah kesesakan yang luar biasa itu, Mikha mendapat berita gembira dari Sang Penghukum, Sang Penghibur… Raja Penyelamat akan datang,… Mesias, Yang diurapi, Ia akan memimpin kepada pembebasan Israel…

Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.

Raja Penyelamat itu akan dilahirkan di Betlehem, tanah Yehuda.

Raja itu telah datang,…. apakah kita mengenalnya sebagai Raja? Raja ini suatu saat akan membawa Pedang Hukuman, Ia adalah HAKIM, semoga kita mendapat Kasih Karunia dari DIA, sebab Tangan TUHAN tidak dapat dilawan oleh siapa saja.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: