Yohanes Pembaptis bertanya

Februari 5, 2010 pukul 8:19 am | Ditulis dalam Pemikiran | Tinggalkan komentar

Suatu waktu Yohanes dipenjara. Dia mendengar berita-berita tentang pelayanan Kristus. Tetapi suatu waktu ia mengirim muridnya kepada Yesus…
Ketika murid Yohanes bertemu dengan Yesus mereka bertanya, sesui keinginan Yohanes, “Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan orang lain?”

Kita tahu, Yohanes adalah kunci, penyedia jalan bagi Tuhan, dia adalah roh Elia.

Maleakhi 3:1 Lihat, Aku menyuruh utusan-Ku, supaya ia mempersiapkan jalan di hadapan-Ku! Dengan mendadak Tuhan yang kamu cari itu akan masuk ke bait-Nya! Malaikat Perjanjian yang kamu kehendaki itu, sesungguhnya, Ia datang, firman TUHAN semesta alam

Note: Yesus adalah Bait Allah, Tuhan, yang diutus (Malaikat Perjanjian) untuk menyelamatkan manusia.

Kepada Yohanes diberi suatu tanda, yaitu: siapa saja yang engkau baptis dan kepadanya Roh Kudus turun, maka IA adalah RAJA PENYELAMAT itu.

Jadi Yohanes tahu benar, bahwa ia telah melihat Roh Kudus turun kepada Yesus, dan ia tahu benar YESUS adalah Anak Domba Allah, yang diutus untuk melepaskan manusia dari penderitaan dosa-dosanya.

Mengenai segala tugas ‘melepaskan segala penderitaan’ ini, ada 3 ayat paralel yang dinubuatkan Yesaya yaitu:

Yesaya 29:18-19 Yesaya 35:5-6 Yesaya 61:1
Pada waktu itu orang-orang tuli akan mendengar perkataan-perkataan sebuah kitab, dan lepas dari kekelaman dan kegelapan mata orang-orang buta akan melihat. Orang-orang yang sengsara akan tambah bersukaria di dalam TUHAN, dan orang-orang miskin di antara manusia akan bersorak-sorak di dalam Yang Mahakudus, Allah Israel! Pada waktu itu mata orang-orang buta akan dicelikkan, dan telinga orang-orang tuli akan dibuka; Pada waktu itu orang lumpuh akan melompat seperti rusa, dan mulut orang bisu akan bersorak-sorai; sebab mata air memancar di padang gurun, dan sungai di padang belantara Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara

Tugas Yesus memang belum selesai waktu itu, makanya IA memberi jawab kepada murid-murid Yohanes apa saja yang sudah Ia selesaikan, yaitu:

orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik

Baik secara rohani dan lahiriah, bahwa nubuat di atas sudah digenapi. Contoh, bahwa beberapa orang buta yang disembuhkan, semuanya disembuhkan karena rohaniah, iman mereka sudah beres sebelumnya. Yesus melihat imannya, dan iman itu menyelamatkan mereka oleh Kuasa Yesus. Sekilas kita bisa melihat bahwa ketiga ayat di Yesaya di atas sudah digenapi, kecuali kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara, dan pada saat itu Yohanes sedang dipenjara. Artinya, secara halus Yohanes memohon kepada Yesus untuk dilepaskan dari penjara…..

Yesus menyuruh pulang murid Yohanes dengan suatu kalimat penutup: “Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku”. Artinya Yesus akan memenuhi nubuat ‘pelepasan dari penjara’, tetapi bukan sejenis penjara yang dialami oleh Yohanes, karena Yohanes tidak terpenjara secara rohaniah, ia mengenal Yesus dengan baik, ia hanya terpenjara secara daging, karena kebenaran ia dipenajara. Tugas Yesus yang terakhir, sesuai nubuat di atas adalah melepaskan manusia, seluruh manusia dari penjara rohaniah. DOSA, artinya YESUS membangun Jembatan menuju Sorga, Kerajaan ALLAH. Dan akhirnya semua nubuat di atas digenapi dengan tetesan darah kematian Yesus di salib.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: