Menyelamatkan hanya orang Israel

Januari 21, 2010 pukul 9:14 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 11 Komentar
Tag: , , ,

Matius 15:22-28, BIS
Wanita Kanaan: “Anak Daud, kasihanilah saya! Anak perempuan saya kemasukan roh jahat. Keadaannya parah betul.”
…Yesus tidak menjawab…
Murid: “Pak, suruh wanita itu pergi. Dia hanya ribut-ribut saja di belakang kita!”
Yesus: “Aku diutus hanya kepada bangsa Israel, khususnya kepada mereka yang sesat.”
Wanita itu datang lalu sujud di hadapan Yesus dan… berkata
Wanita Kanaan: “Tolonglah saya, Tuan.”
Yesus: “Tidak baik mengambil makanan anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.”

“Benar, Tuan,” jawab wanita itu, “tetapi anjing pun makan sisa-sisa yang jatuh dari meja tuannya.”
Lalu Yesus berkata kepadanya, “Ibu, sungguh besar imanmu! Biarlah terjadi apa yang kauinginkan!” Pada saat itu juga anak wanita itu sembuh.

Yang patut di catat:
1. Mengenai Perempuan Kanaan.

  • Perempuan Kanaan ini sangat mengenal masalah yang ada padanya, dan ia tidak berdaya menyelesaikannya.
  • Kemungkinan besar ia sudah mendengar berita tentang janji Mesias yang datang dari keturunan Daud
  • Di samping ia mengenal masalah yang ia hadapi, ia tahu siapa yang bisa menyelesaikan masalahnya
  • Pengetahuannya ia buktikan dengan imannya yang kuat
  • Pelajaran buat kita adalah, biarpun segala sesuatu terasa tidak mungkin, berdoalah kepada ALLAH, sumber segala sesuatu, jika TUHAN berkenan (dibaca: jika rancangan TUHAN untuk itu ada), maka semua permintaan itu pasti terlaksana. Dan Iman dan perbuatan adalah dua sejoli yang satu.

    2. Mengenai Yesus.
    Mat 15:24 Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.”
    Untuk menjelaskan ini ada beberapa point:

  • Yohanes 4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.
  • Kutipan ini adalah kutipan dari perbincangan Yesus kepada perempuan Samaria, yang juga bukan orang Yahudi, secara umum bisa disebut bukan orang Israel. Di sini dijelaskan Keselamatan pasti datang, dan sedang ada pada Pribadi Firman Allah, Yesus, tetapi sebagai manusia yang adalah inkarnasi Firman Allah, IA harus dilahirkan dari suatu bangsa, Yahudi. Dan itu tentu sudah dipersiapkan ribuan tahun sebelumnya. Artinya Yesus sedang berada di dalam keadaan mencerahkan Yahudi dulu, baru setelah tugasNya selesai, Roh Kuduslah yang akan memberitakan Injil Kerajaan Allah di dalam Gereja, yaitu Yahudi yang sudah dicerahkan itu, ke seluruh dunia.

  • Yohanes 1:47 Kata Filipus kepadanya: “Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!”
  • Sekali lagi jangan remehkan siapa YESUS. IA bisa melihat jauh ke dalam, ke dalam hati yang paling dalam. IA bisa mengetahui siapa ISRAEL SEJATI. Jadi Yesus memang datang untuk membawa orang-orang Israel sejati, orang-orang yang berkemenangan, orang yang beriman dan perbuatannya bersandar kepada TUHAN, sama seperti perempuan Kanaan di atas, ia layak disebut Israel sejati dibanding para ahli agama, otoritas Yahudi di jaman itu. Dan di dalam Gereja, sekarang mengemban tugas ini atas bimbingan Roh Kudus untuk meraih Israel-israel sejati, manusia-manusia yang tidak diperanakkan oleh daging tetapi oleh Roh.

    Nasehat bagi kita:
    Yesus mendengarkan doa-doa kita, sebab IA tahu keadaan isi hati kita yang tidak berdaya menghadapi semua kehidupan ini, sehingga serahkanlah hidup kita di tangan TUHAN yang kuat, maka IA akan menolong

    3. Mengenai Murid-murid.
    Roma 2:29 Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah.

    Lihatlah keadaan murid pada masa itu, mereka menghalangi perempuan Kanaan itu untuk beroleh jawaban atas pergumulannya. Dan sering kita juga melakukan hal yang sama. Kristen sejati adalah mereka yang tidak nampak kekristenannya, tetapi yang iman dan perbuatannya adalah sejalan.

    Amsal 11:19 Siapa berpegang pada kebenaran yang sejati, menuju hidup, tetapi siapa mengejar kejahatan, menuju kematian.

    Itulah Kristen, pengikut Kristus, sejati, berpegang pada kebenaran yang sejati.

    Iklan

    11 Komentar »

    RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

    1. Untuk pernyataan Yesus yang mengatakan beliau hanya di utus untuk domba-domba yang hilang dari Israel, saya pikir seharusnya orang Batak tak perlu khawatir akan ditolak Yesus karena suku Batak juga keturunan Israel yang hilang.

    2. @ Fitri

      Hmmm…
      Koq jd pening kurasa ya (@$%*@?#) ….
      .
      .
      Org Batak Kristiani kebanyakan makan b2 lomok2 , panggang biang (anjing), ayam pinadar dan saksang kerbau . Jadi Batak tidak mengenal domba atau sejenisnya.
      Saksang B2 dan biang itulah yang sangat digemarin suku Batak itu…. ( padahal Israel sangat haram B2 dan anjing???)

    3. Aku membaca obrolan kalian, jadi pringas pringis sendiri. Sampai ngakak geli kalo kuikuti terus obrolan kalian.

      @Robinson : Kamu nikmatilah pening kau itu. Hi Hi Hi . Biar pening kujamin kau tambah awet muda. 🙂

      @Fitri : Sip markusip tuan putri. Biarpun aku nggak mudeng juga, tapi gw suka gaya lo. 🙂 Hi Hi Hi

      Bagus..Bagus …. kalian emang jan manusia-manusia antik. 🙂

    4. Hmmm…
      Koq jd pening kurasa ya (@$%*@?#) …. ===> Kalo pening minum Bodrex dikitlah bos…

    5. @Mas Love
      Belum tau ya di google banyak lho bertebaran artikel dan video yang menceritakan bahwa Batak adalah keturunan Israel. Coba saja search di google, pasti ketemu.

      • Ya memang ada sih, tapi yang bikin aku geli itu aku lagi membayangin Robinson Agus Sihotang lagi garuk-garuk kepala. Soalnya kamu menghubungkan dua hal yang bikin dia pening mendadak. Hi Hi Hi ..

        Bagus..Bagus. Dia pasti aslinya bahagia betul ngobrol sama kamu. Bisa awet muda karena kebanyakan mikir serius tapi malahan bingung mau ngomong apa … Karena itu dia kerjaannya sekarang garuk2 kepala melulu. 🙂 ..

    6. @ Mas Love & Fitri

      Nah itulah yg membuat saya dan jiwa ini tergelak tertawa jikalau diskusi dgn “anak manis” spt Fitri ini. Heheheh
      .
      .
      Sebenarnya pengetahuannya ttg masalah teologia sangat sedikit tetapi rasa kehangatannya ingin bersahabat sangat tinggi. Walau rasa persahabatnya sangat tinggi tetapi dia tidak ingin keyakinan imannya dihina-hina oleh orang yg keyakinannya tidak sama dgn dirinya. Hehehe
      Itu makanya setiap posting dan komentnya habis dibombardir mereka yg kualitas pengetahuannya diatasnya. Tapi percaya deh… walau iman Jelasnggak, CosmicBoy, Jephman sama dgn saya tetapi saya sering menegur dan mengecam posting-posting yg menghina keyakinan orang lain. Hanya saja dlm menghadapin mereka teman-teman saya itu, sedikit banyak kita harus punya kualitas spt Hanifa, Adi Isa dan Qarrobin, termasuk juga mister Lovepas…hehehe. Btw dan usahakan juga kita konsisten memegang teguh setiap koment kita dgn dasar dan sumber tulisan yg berkualitas dan dapat diuji lawan debat kita.

      Gitu ya Fit …

      • kalo dihina yah wajar juga kalo jadi BT , karena itu kita biasakanlah tidak saling nyamber keterlaluan. Gitu lho.

        Tapi omong2 kepalamu yang pening itu sudah sembuh belum yah ? 🙂

    7. @ Love

      Nah … itulah membuat saya susah mengapresiasi koment mereka itu. Kadang para Kristiani yg berkomentar itu tdk mengerti akan ucapan mereka sendiri. Sebenarnya saya alergi dan tidak suka ucapan kasar dari pihak teman2 saya tsb… sehingga pd akhirnya akan melahirkan balasan penghinaan akan keyakinan sebaliknya. Tak jewer dan tabok baru tau rasa …. heheheh
      .
      Kepala ini tidak pusing lho Lov …
      Tapi zig zag dan loading kalo nyimak koment Fitri…..
      Masak Batak berasal dari Israel… ??? Yg bikin saya mudheng mengapa Fitri menerima bulat2 tulisan di Google tanpa bertanya ahlinya. hehehehe..
      Tapi nanti akan saya usulkan kpd sdr Parhobas spy dapat diposting ttg tulisan suku Batak berasal dari mana , kemudian tinjauan pustaka adat Batak mengenai keImanan Kristiani dan hal-hal berhubungan tinjauan adat dan kepercayaan Kristiani pd org Batak .
      Percaya deh , sdr Parhobas akan menampung aspirasi kita itu.

      Salam mister Love

      • @lae Sihotang,

        tugas yang berat… hehehe…
        tetapi memang lagi digarap, dan itu bukan tugas yang mudah,..
        karena dari beberapa buku yang saya baca, para ilmuwan tidak mudah merunut ‘nilai’ sejarah ASIA dibanding sejarah EROPA, sejarah ASIA sangat rumit terlebih masih kuatnya sumber LISAN ketimbang TULISAN.

        di blog lae Jeph pernah saya infokan sedikit.
        Sekarang ada paling tidak 5 point utama sumber yang menceritakan keberadaan Batak:
        1. Gereja Nestorian Mesir, atas otoritas sejarah Gereja Katolik mengatakan, bahwa di Tanah Batak sudah banyak gereja Nestorian sekitar abab 6 M

        2. Relik Islam, sejarah Melayu mengatakan bahwa abad 7 M, di Barus ditemukan orang-orang multi etnik (Arab, India, China, penduduk lokal yang kemungkinan besar adalah Batak)

        3. Beberapa peneliti dari kedutaan Perancis beserta ahli2 arkeologi Indonesia sedang di dalam proyek raksasa mengungkap relik Barus, untuk sementara belum ada kesimpulan final, dengan berdasarkan sumber2 tertulis dan penemuan2nya (mereka mengesampingkan sumber LISAN), maka paling tidak abad 9 M Barus menjadi kota persinggahan setelah sebuah kerajaan di Lobu Tua (kemungkinan BATAK) musnah oleh penyakit. Bahkan peneliti seorang peneliti ULOS, saya lupa namanya, di dalam bukunya berkata berdasar motif2 ULOS paling tidak sejarah orang batak bisa ditelusuri sampai jaman MESIR KUNO. Belum lagi relik Si RAJA SIDABUTAR di Simasir yang merupakan peninggalan MEGALITIKUM.

        4. Sumber Lisan orang batak sendiri. Banyak yang simpang siur, tetapi ada sekelompok orang yang mengatakan bahwa Si Raja Batak adalah keturunan generasi ke 35 dari Suku Zebulon anak Yakub, dan inipun sebenarnya usaha untuk melawan sumber agama batak asli.

        5. Agama Batak itu sendiri, bahwa menurut kepercayaan Batak asli, bahwa orang Batak adalah manusia pertama di muka bumi ini.

        Bicara masalah kebanggaan, maka tentu Batak lebih bangga disebut sebagai manusia pertama di muka bumi ini hehehehe….

        tetapi sebagai note juga, di dunia ini hanya ada dua BANGSA (di dalam bahasa batak disebut BANGSO, ini bukan suatu tatanan negara, atau negeri), yaitu Bangso Batak dan Bangso Israel.

    8. kayanya mbak fiet semangat banget dalam mengkampanyekan/mensosialisasikan/memasyarakatkan/apalah (bleh) bahwa:orang batak adalah keturunan yahudi!!
      (kepentingannya apa ya, sampai semangat gitu)

      padahal kalau ditanya dari mana buktinya, jawabnya: ‘video internet!!’ atau ‘situs gugel!!’
      bukan dari sumber2 ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya..
      wakakakaka….

      buat om LP: siapin aja bodrex yg banyak, bagi2 sama yang ada disini..wkwkwwk


    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
    Entries dan komentar feeds.

    %d blogger menyukai ini: