“Bapa Lebih Besar dari Aku”, kata Yesus

Januari 14, 2010 pukul 2:43 pm | Ditulis dalam Apologet | 34 Komentar
Tag: ,

Yohanes 14:28 Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.

Mata kita langsung tertuju ke? PASTI

sebab Bapa lebih besar dari pada Aku

Jika ini menjadi nilai yang berkualitas, maka ayat ini juga seharusnya sama kualitasnya, yaitu…

Yohanes 10:30 Aku dan Bapa adalah satu.

Tetapi sayangnya ayat ini tidak sementereng yang diduga bagi yang tidak mempercayai Tuhan Yesus.
Jadi mari kita fokus saja dengan Yohanes 14:28 di atas.

Jawabannya tidak jauh dari ayat kutipan itu sendiri,…perhatikan…

Yesus berkata:
Aku pergi,
menjelaskan tugas, misi, keadaan di bumi, akan segera selesai…. Mesias di bumi hanya untuk sementara. Ia harus pergi, kembali ke asalNYA… SURGA,.. dan SURGA asalnya siapa?……TUHAAAANN.. ok sampai di sini sudah dapat… sebab ingat di Yohanes 1:11, ..IA telah datang (artinya IA benar-benar datang, sekarang Ia berkata IA akan kembali ke asal kedatangan tadi)…mari kita lanjut lagi.

tetapi Aku datang kembali kepadamu.
inilah janji kedatangan ke dua dari Yesus… berbahagialah mereka yang bertemu di awan-awan, bertemu untuk dijemput oleh TUHAN YESUS…. sungguh indahlah hari itu.

Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku,
Yesus mengulang kembali akan ‘saat’ kepergianNYA, kematianNYA di awal perkataan tadi. Di dalam perpisahan sekolah, orang-orang yang merasa sangat erat hubungannya, akan merasakan hal yang sama, kesedihan. Apalagi kalau yang mau pergi itu berkata :”Aku mau mati lho”. Apa ngga menggugah itu?, tetapi Yesus berkata:”Kalau kamu mengenal TUHAN, maka kamu akan mengasihi TUHAN, dan TUHAN adalah kasih, dan kematianKu itu adalah ‘cara’ atau ‘jalan’ menuju BAPA”, “jadi jangan sedih”,….”dan seterusNYA ada saatnya kamu akan mengerti, yaitu pada saat ROH KEBENARAN telah datang”…..

sebab Bapa lebih besar dari pada Aku
ini kalimat dan pernyataan tidak lepas dari kalimat di atas. Bapa lebih besar dari Anak, karena?
karena Bapa sedang mengutus Anak untuk menjadi manusia, Mesias. Dan Anak itu sedang bercakap-cakap dengan murid di dalam misi ‘kemanusiaan’ itu. Kata Yesus di lain kesempatan:”Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya.” (Yohanes 13:16). Artinya di dalam kualitas ‘utusan’, di dalam kualitas Mesias itulah Yesus sedang berbicara kepada murid-muridNya.
Koq tau?
kuncinya di awal kalimat…
yaitu : AKU pergi…., artinya IA belum pergi, IA belum mati, nah kalau IA belum mati, maka IA tidak bisa ke BAPA, tidak bisa bangkit dan naik ke sorga, tidak bisa SATU dengan Bapa, sebab IA pernah berkata Aku dan BAPA adalah Satu. Karena Ia belum mati pada saat berucap itu, berarti IA sedang dalam keadaan ‘manusia’, MESIAS, dalam keadaan mau menyelesaikan tugas penebusan. Dan IA di dalam misi itu karena tugas dari Pengutus, BapaNYA. Dan Pengutus lebih besar dari Yang di utus. Sebab Allah adalah Roh, sementara Yesus di dalam dunia, pada saat itu adalah Tubuh Roh dan Tubuh Daging.

Jadi kalau terbentur dengan ‘kualitas’ sebab Bapa lebih besar dari pada Aku maka kalibrasi dulu hawa-hawa negatifnya dengan Yohanes 10:30 Aku dan Bapa adalah satu..

Iklan

34 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Apa mungkin saat Yesus berkata “Bapa lebih besar daripada Aku” hanya bermaksud kiasan saja?

    • tidak

  2. Kalau tidak berarti memang ada Bapa yang lebih besar dari Yesus. Jadi ada Tuhan Bapa dan Tuhan Yesus?

    • saudari fitri,
      dibaca ngga artikelnya?

  3. Yoh 17:21 supaya MEREKA SEMUA menjadi SATU, sama seperti ENGAKU, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar MEREKA juga di dalam KITA, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku….

    Dengan demikian jika AKU dan BAPA adalah SATU dimaknai AKU=BAPA…ini berarti SELURUH MURID YESUS yang menjadi satu dengan BAPA bermakna MURID YESUS=BAPA…Petrus,Yakobus,dll adalah BAPA JUGA???Wow…aku menemukan TUHAN baru berdasar rumus AKU dan BAPA adalah SATU berarti AKU=BAPA

    Dan dengan rumus tadi aku juga menemukan bahwa SUAMI=ISTRI..berdasar pernyataan dalam MATIUS 19:6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan SATU. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”

    Jadi…SUAMI=ISTRI…Hmm…Apakah aku bertambah aneh dengan jalan pikirku?Ataukan aku bertambah CERDAS?

    • persamaan yang dipaksakan,
      ingat Andalah yang membuat persamaan itu, bukan ayat kutipan Anda..

      so hati2lah kalau memaksa makna Alkitab tidak sesuai dengan makna yang dimaksud…

  4. Kemungkinan pemeluk NASRANI yang taat dan saleh terhadap DOKTRIN KONSILI NICEA akan menjawab SATU yang model ini adalah KIASAN..

    Adapun SATU yang lain,yang ada dalam Yoh 10:30 adalah HAKEKAT SEBENARNYA….

    Pasti Yesus=Bapa dan TIDAK MUNGKIN TIDAK..

    Sedangkan untuk ayat tentang SUAMI ISTRI dan MURID BERSATU DENGAN BAPA adalah KIASAN…

    Pasti!!Karena inilah IMANKU…dan walaupun tidak masuk AKAL..

    • persamaan yang dipaksakan,
      ingat Andalah yang membuat persamaan itu, bukan ayat kutipan Anda..

      so hati2lah kalau memaksa makna Alkitab tidak sesuai dengan makna yang dimaksud…

      dan biasakan baca artikelnya kawan, ok

  5. @ Fitri

    Yesus adalah manusia 100 %.
    Yesus adalah Allah 100 %.

    Walau demikian zat keduanya tidak bercampur satu dengan yg lain. Karena ketika Yesus Kristus menjadi manusia maka Dia memanggil Maria itu Ibu krn ia yg melahirkanNya ke dunia ini. Dia juga memanggil Bapa kepada Yang Mengutus Dia ke dunia ini krn kasih yg Kekal antara Bapa dan Anak. Dan di dalam bentuk kemanusiaanNya itu Dia dibinasakan (mati) dan dalam bentuk Roh maka Dia turun ke dalam kerajaan Maut ( Alam Baka). Walaupun kematiaannya dalam bentuk daging tetapi Zat keAllahanNya tidak akan pernah dapat mati. Jadi bedakan saat Dia menjadi manusia maka Dia mengucapkan bahasa manusia ! Tetapi Dia memposisikan diriNya saat Dia mengucapkan “BapaKu” dan “Bapa kamu” di Surga. Dia tidak pernah mengucapkan “Bapa kita” spy kamu tahu bhw ada perbedaan nyata antara kita yg adalah Anak-anak krn percaya dlm Kristus dan Kristus yang adalah Anak Allah yg turun ke Bumi krn untuk kepentingan kita manusia.

    Semoga mendapat pencerahan

  6. @ jalanibrahim

    Yoh 17:21 supaya MEREKA SEMUA menjadi SATU, sama seperti ENGAKU, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar MEREKA juga di dalam KITA, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku….

    .
    .

    sdr jalani terkasih

    Anda hrs memahamin, bhw Allah menghendakin semua manusia satupun tidak ada yg menjauh dariNya. Menjauh dari Dia sama dengan kematian kekal selama-lamanya. Hanya satu mahluk yg kita ketahui telah ditetapkan Allah dijauhkan dari hadiratNya selama-lamanya yakni Iblis serta semua yg bersekutu mengikutin dia. Jadi pernyataan Allah ttg itu semua Dia tampakkan dgn cara turun langsung ke dunia ini. Dia turun tangan langsung spy Allah yg menjadi manusia itu dapat dilihat manusia dan beroleh keselamatan menjadi percaya didalam namaNya. Dia adalah Imanuel ( Tuhan beserta kita) yg berarti Dia ingin membuat kita semua yg percaya kpdNya menjadi anak-anak Allah. Bukankah itu keselamatan tertinggi yg cuma-cuma diberikan seseorang kpd kita. Kamu sendiri yg berusaha menghambat rencana Allah itu bagi dirimu.

    .
    .
    Dengan demikian jika AKU dan BAPA adalah SATU dimaknai AKU=BAPA…ini berarti SELURUH MURID YESUS yang menjadi satu dengan BAPA bermakna MURID YESUS=BAPA…Petrus,Yakobus,dll adalah BAPA JUGA???Wow…aku menemukan TUHAN baru berdasar rumus AKU dan BAPA adalah SATU berarti AKU=BAPA

    .
    .

    Dalam masa peperangan jaman dahulu, Raja dan Panglima tentaranya selalu berusaha mencari perdamaian dgn semua orang. Setiap yg menolak perdamaian itu dgn kebijaksanaan dgn kepintaran dgn kekerasan mereka maka pasti akan ditumpas Raja dan Panglima tentaranya itu dgn hukum yg ditetapkan Raja tsb. Nah sama dgn itu, Dia sudah menetapkan ttg kebijaksanaanNya , mau Dia ditolak itu terserahmu , mau Dia dicibir itu kemauanmu. Jikalau Allah sendiri sudah memberi kasih karuniaNya maka yg ada hanya ketaatan menerimaNya

    Salam kasih

  7. wahai Robinson…Semoga Allah yang kepadaNya Yesus bersembah sujud di getsemani memberimu hidayah ISLAM…

    Aku tidak mencibir ayat-alkitabmu..
    Aku hanya mencibir bagaimana anda dan kaum anda mengambil kesimpulan Yesus adalah TUHAN hanya dengan pemaknaan yang sederhana..AKU dan BAPA adalah SATU kemudian anda artikan AKU=BAPA..Bahkan sesama Nasrani pun tidak sepalat akan tafsir anda ini..Anda akan menemukan bahwa dengan ALKITAB YANG SAMA..seorang Kristen Unitariian atau Saksi Yehovah menolak Ketuhanan Yesus..

    sekalilagi…Bukan Yesus yang mengatakan dirinya tuhan…Akan tetapi KESIMPULAN PENDETA NICEA..Pendahulu anda yang mengatakan demikian dan anda aminkan..Bukan saya yang mencibir…Bahkan Yesus sendiri pun akan mencibir keyakinan anda sendiri..Bukti?

    Matius 7:21. Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
    7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
    7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

  8. @ jalanibrahim

    Aku tidak mencibir ayat-alkitabmu..
    Aku hanya mencibir bagaimana anda dan kaum anda mengambil kesimpulan Yesus adalah TUHAN hanya dengan pemaknaan yang sederhana..AKU dan BAPA adalah SATU kemudian anda artikan AKU=BAPA..Bahkan sesama Nasrani pun tidak sepalat akan tafsir anda ini..Anda akan menemukan bahwa dengan ALKITAB YANG SAMA
    .
    .
    Sesama Nasrani yg tidak sepakat dgn perkataan yg saya katakan dapat dikatakan sesat. Sedangkan Saksi Yehuwa dan kaum Unitarian bukan lah termasuk dari Kaum Kristen yg sebenarnya. Mereka adalah kaum bidah yg menyimpang dari ajaran keKristenan. Pengertian AKU dan Bapa adalah satu menunjukkan keIlahian Kristus dimana Allah ada di dalam diriNya. Sehingga apapun yg dikatakan dan diperbuat Kristus itu adalah otoriter Kuasa dari Surga. Kristus tidak dapat berbuat apapun diluar kehendak Allah BapaNya.

    .
    .

    @jalaniibrahim
    sekalilagi…Bukan Yesus yang mengatakan dirinya tuhan…Akan tetapi KESIMPULAN PENDETA NICEA..Pendahulu anda yang mengatakan demikian dan anda aminkan..Bukan saya yang mencibir…Bahkan Yesus sendiri pun akan mencibir keyakinan anda sendiri.

    .
    .

    Wah… sangat tendesius sekali anda mengatakan demikian hehehehe. Masak Kristus mencibir kpd pekerjaanNya sendiri …..
    Kesimpulan yg diambil oleh bapa-bapa gereja pd konsili Nicea, hanyalah menyatukan kesimpulan agar dapat dibedakan ajaran (bidah yg sesat) yg mulai berkembang di jaman itu dgn ajaran Injil yg sebenarnya. Kesimpulan yg mereka ambil tsb adalah bhw Kristus diperanakkan tetapi bukan diciptakan. Kristus adalah Allah yg sejak kekekalan sudah ada bersama-sama dengan Bapa. Jadi sesuai ketrg saya menjawab Fitri di atas maka Kristus adalah Tuhan yg sudah ada sebelum dunia ini ada. Dia tidak butuh pengakuan manusia spy Dia menjadi Tuhan. Karena Dia adalah Tuhan menurut Firman Allah.
    Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. (Yoh 1:1 ).
    Jadi yg mengatakan Kristus itu adalah Allah adalah Kitab Suci Alkitab. Nah kutipan inilah yg mendasarin para Bapa gereja melahirkan syahadat Rasuli itu.

    .
    .

    @ jalanibrahim
    Matius 7:21. Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

    .
    .

    Nah anda sendiri mengutip ayat yg menunjukkan Yesus adalah TUHAN ?? hehehe.
    Baiklah saya jelaskan ya , bhw ayat tsb menunjukkan walaupun kita mengikut Dia sebagai pengikutNya jikalau tidak berbuat dalam kebenaran dan kebaikan maka dengan tegas Kristus menolak org tsb masuk keKerajaanNya. Dia tidak mencibir org-org yg memanggil Dia Tuhan, tetapi mencibir org2 yg mempertopengkan Dia dlm perkataan tetapi tidak dalam perbuatan.
    .
    .
    Nah, itu ketrg nya sama dgn kedua ayat dibawahnya. Hehehehe

    Ayo apalagi nih ..
    Tanya lagi sampai hatimu dipuaskan dgn Kebenaran Roh Allah …

  9. Lalu buat apa Yesus teriak memanggil Bapanya saat disalib? Apa itu juga kiasan? Kalau Yesus adalah Tuhan itu sendiri, apa ngga aneh berteriak memanggil diri sendiri?

    • cari ‘tritunggal’ di hakadosh.wordpress.com

  10. @ Fitri

    Baca lagi ke komentar urutan ke 9 di atas !

    Hehehe… capek deh , kalau ananda nih selalu bertanya bertanya dan bertanya… ,

    Sekarang aku pengin nanya dgn penuh kasih dan hormat ya?
    Menurut Fitri , apakah Alquran itu ciptaan Allah ?
    Apakah kamu percaya Isa Almasih datang dari Surga ?

  11. Oh kita ganti bahasan terjemahan ALKITAB…Oh kita ganti bahasan terjemahan ALKITAB…ALKITAB yang dubah-ubah oleh LAI..bahasa Yunani “Kurios” yang bermakna “TUAN” diganti menjadi “TUHAN” oleh tangan-tangan kotor dengan bertopeng kasih “ilham Roh Kudus”..

    Perhatikan pengubahan ALKITAB untuk padanan kata ini

    SATU

    Matthew 22:45 εἰ οὗν δαυὶδ καλεῖ αὐτὸν κύριον, πῶς υἱὸς αὐτοῦ ἐστιν

    Matthew 22:45 If David then call him Lord, how is he his son?

    Matius 22:45 Jadi jika Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?”

    Perhatikan ALKITAB YUNANI “Kurios”, dalam Authorised Version of the Bible diterjemahkan “LORD” dan ALKITAB LAI diterjemahkan “TUAN”…

    DUA

    Lukas 5:12. Pada suatu kali Yesus berada dalam sebuah kota. Di situ ada seorang yang penuh kusta. Ketika ia melihat Yesus, tersungkurlah ia dan memohon: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.”

    Luke 5:12. And it came to pass, when he was in a certain city, behold a man full of leprosy: who seeing Jesus fell on [his] face, and besought him, saying, Lord, if thou wilt, thou canst make me clean.

    12 καὶ ἐγένετο ἐν τῶ εἶναι αὐτὸν ἐν μιᾷ τῶν πόλεων καὶ ἰδοὺ ἀνὴρ πλήρης λέπρας· ἰδὼν δὲ τὸν ἰησοῦν πεσὼν ἐπὶ πρόσωπον ἐδεήθη αὐτοῦ λέγων, κύριε, ἐὰν θέλῃς δύνασαί με καθαρίσαι.

    Perhatikan ALKITAB YUNANI “Kurios”, dalam Authorised Version of the Bible diterjemahkan “LORD” dan ALKITAB LAI diterjemahkan “TUAN”…

    TIGA
    Nah kita lihat tangan licik Pentolan LAI..Perhatikan seorang wanita samaria yang belum kenal siapa Yesus yang ada dihadapannya..alih-alih menganggapnya Tuhan..

    Yohanes 4:11 Kata perempuan itu kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tidak punya timba dan sumur ini amat dalam; dari manakah Engkau memperoleh air hidup itu?

    4:11 The woman saith unto him, Sir, thou hast nothing to draw with, and the well is deep: from whence then hast thou that living water?

    11 λέγει αὐτῶ [ἡ γυνή], κύριε, οὔτε ἄντλημα ἔχεις καὶ τὸ φρέαρ ἐστὶν βαθύ· πόθεν οὗν ἔχεις τὸ ὕδωρ τὸ ζῶν

    Perhatikan..LAI berkhianat supaya umatnya ga bingung…Penerjemah Inggris Authorised Version of the Bible telah mengubah Kurious yang sama menjadi Sir, dan LAI tetap bertahan menterjemahkan Sir sebagai “TUHAN”..bayangkan secara NALAR..anda belum kenal seseorang yang meminta minum kepada anda dan anda panggil dia sebagai “TUHAN”…

    EMPAT

    Matius 7:21 21 οὐ πᾶς ὁ λέγων μοι, κύριε κύριε, εἰσελεύσεται εἰς τὴν βασιλείαν τῶν οὐρανῶν, ἀλλ᾽ ὁ ποιῶν τὸ θέλημα τοῦ πατρός μου τοῦ ἐν τοῖς οὐρανοῖς

    7:21. Not every one that saith unto me, Lord, Lord, shall enter into the kingdom of heaven; but he that doeth the will of my Father which is in heaven.

    Matius 7:21. Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

    Perhatikan ALKITAB YUNANI “Kurios”, dalam Authorised Version of the Bible diterjemahkan “LORD” dan ALKITAB LAI kali ini diterjemahkan menjadi “TUHAN”…

    Well…..
    Aku sedang mengajarkan kepadamu TERANG yang dianggap KEGELAPAN oleh Gerejamu…
    Aku sedang mengajarkan pemalsuan lewat tangan kotor penerjemah LAI…
    Kamu tidak tahu..karena kamu tidak pernah menganggap Lembaga Alkitab Indonesia BERMAKSUD BURUK…
    mereka memang tidak bermaksud buruk….
    Tapi Iblis yang menyamar menjadi MALAIKAT TERANG yang menyesatkan sebagian PENGIKUT ISA ALMASIH..

    • @jalanibrahim;
      Oh kita ganti bahasan terjemahan ALKITAB…ALKITAB yang dubah-ubah oleh LAI..bahasa Yunani “Kurios” yang bermakna “TUAN” diganti menjadi “TUHAN” oleh tangan-tangan kotor dengan bertopeng kasih “ilham Roh Kudus”..

      Apakah Anda bisa bahasa Yunai dan tahu jenis penerjemahan Alkitab?
      Kurie sama ngga dengan Kurios ?
      di ayat kutipan Anda mana yang Kurie mana yang Kurios?

      Perhatikan pengubahan ALKITAB untuk padanan kata ini

      mari kita bahas….

      SATU

      Matthew 22:45 εἰ οὗν δαυὶδ καλεῖ αὐτὸν κύριον, πῶς υἱὸς αὐτοῦ ἐστιν

      Matthew 22:45 If David then call him Lord, how is he his son?

      Matius 22:45 Jadi jika Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?”

      Perhatikan ALKITAB YUNANI “Kurios”, dalam Authorised Version of the Bible diterjemahkan “LORD” dan ALKITAB LAI diterjemahkan “TUAN”…

      makna kutipan Anda adalah…Roh Kudus memanggil Mesias itu tuan…
      Roh Kudus adalah Pribadi dari Allah…so Allah memanggil Mesias tuan…
      maka secata Theologis Mesias adalah TUHAN…paham??

      DUA

      Lukas 5:12. Pada suatu kali Yesus berada dalam sebuah kota. Di situ ada seorang yang penuh kusta. Ketika ia melihat Yesus, tersungkurlah ia dan memohon: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.”

      Luke 5:12. And it came to pass, when he was in a certain city, behold a man full of leprosy: who seeing Jesus fell on [his] face, and besought him, saying, Lord, if thou wilt, thou canst make me clean.

      12 καὶ ἐγένετο ἐν τῶ εἶναι αὐτὸν ἐν μιᾷ τῶν πόλεων καὶ ἰδοὺ ἀνὴρ πλήρης λέπρας· ἰδὼν δὲ τὸν ἰησοῦν πεσὼν ἐπὶ πρόσωπον ἐδεήθη αὐτοῦ λέγων, κύριε, ἐὰν θέλῃς δύνασαί με καθαρίσαι.

      Perhatikan ALKITAB YUNANI “Kurios”, dalam Authorised Version of the Bible diterjemahkan “LORD” dan ALKITAB LAI diterjemahkan “TUAN”…

      Anda tahu kapan PB di tulis? Jawabnya adalah setelah para penulis sadar betul bahwa YESUS adalah MESIAS,melalui kematian dan kabangkitan dan kenaikannya ke sorga. Yesus berkata:”Kuasa sorga dan bumi ada padaKU”. Siapa penguasa sorga dan bumi? ALLAH, so YESUS siapa? Ia adalah Tuan dari sorga dan bumi…
      paham?… Di inggris pernah dengar gelar Lord ngga? dengan demikian apakah mereka TUHAN? TIDAK.. so? jangan persempit wawasan Anda…

      TIGA
      Nah kita lihat tangan licik Pentolan LAI..Perhatikan seorang wanita samaria yang belum kenal siapa Yesus yang ada dihadapannya..alih-alih menganggapnya Tuhan..

      hilangkan dulu benci dan tudingan Anda itu maka orang akan datang berduyun duyun kepada Islam seperti ajakan Anda… kalau tidak Anda telah menghasut orang untuk ikut dalam kumpulan para penuding dan penghujat.. paham?

      Yohanes 4:11 Kata perempuan itu kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tidak punya timba dan sumur ini amat dalam; dari manakah Engkau memperoleh air hidup itu?

      4:11 The woman saith unto him, Sir, thou hast nothing to draw with, and the well is deep: from whence then hast thou that living water?

      11 λέγει αὐτῶ [ἡ γυνή], κύριε, οὔτε ἄντλημα ἔχεις καὶ τὸ φρέαρ ἐστὶν βαθύ· πόθεν οὗν ἔχεις τὸ ὕδωρ τὸ ζῶν

      Perhatikan..LAI berkhianat supaya umatnya ga bingung…Penerjemah Inggris Authorised Version of the Bible telah mengubah Kurious yang sama menjadi Sir, dan LAI tetap bertahan menterjemahkan Sir sebagai “TUHAN”..bayangkan secara NALAR..anda belum kenal seseorang yang meminta minum kepada anda dan anda panggil dia sebagai “TUHAN”…

      lihat penjelasan di atas, sebagai tambahan…
      metode penerjemahan Alkitab (dari Ibrani dan Yunani) ada berbagai cara, ada theologis, ada kata perkata, ada liturgis… nah kalau Anda mengadu NIV (sesuai CT) dengan KJV (yang TR) tidak akan pernah nyambung, tetapi kalau ditanya maknanya maka akan sepakat berkata:”SAMA”… paham?

      EMPAT

      Matius 7:21 21 οὐ πᾶς ὁ λέγων μοι, κύριε κύριε, εἰσελεύσεται εἰς τὴν βασιλείαν τῶν οὐρανῶν, ἀλλ᾽ ὁ ποιῶν τὸ θέλημα τοῦ πατρός μου τοῦ ἐν τοῖς οὐρανοῖς

      7:21. Not every one that saith unto me, Lord, Lord, shall enter into the kingdom of heaven; but he that doeth the will of my Father which is in heaven.

      Matius 7:21. Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

      Perhatikan ALKITAB YUNANI “Kurios”, dalam Authorised Version of the Bible diterjemahkan “LORD” dan ALKITAB LAI kali ini diterjemahkan menjadi “TUHAN”…

      lihat keterangan di di atas,..
      mengenai makna lihat di : tidak-setiap-kita dan bukan-yang-berkata-tuhan-tuhan

      Well…..
      Aku sedang mengajarkan kepadamu TERANG yang dianggap KEGELAPAN oleh Gerejamu…
      Aku sedang mengajarkan pemalsuan lewat tangan kotor penerjemah LAI…
      Kamu tidak tahu..karena kamu tidak pernah menganggap Lembaga Alkitab Indonesia BERMAKSUD BURUK…
      mereka memang tidak bermaksud buruk….
      Tapi Iblis yang menyamar menjadi MALAIKAT TERANG yang menyesatkan sebagian PENGIKUT ISA ALMASIH..

      saudara harus ingat: Anda pernah berkata tidak mengetahui Alkitab, so dari mana Anda bisa mengartikan Alkitab? jangan sampai orang buta membimbing orang buta lho… atau anehnya orang buta beranggapan dirinya bisa melihat karena saking amat sangat buta sekali.. paham?

      • @ jalanibrahim

        kita ganti bahasan terjemahan ALKITAB…ALKITAB yang dubah-ubah oleh LAI..bahasa Yunani “Kurios” yang bermakna “TUAN” diganti menjadi “TUHAN” oleh tangan-tangan kotor dengan bertopeng kasih “ilham Roh Kudus”..

        .
        .

        Kalau menurut diskusi debat Formal .. maka anda ini sudah tidak masuk hitungan. Anda kelamaan mencari copas dan sumber untuk berduel tanya jawab dg benar. Semestinya anda harus siapkan segala sumber informasi dan mengerti ilmu apa yg hendak anda perdebatkan. Tidak spt saat ini sangat lama menunggu responmu. Semua jawaban dari sdr Parhobas sangat tepat dan benar. Untuk memahami penerjemahan Alkitab maka kamu hrs mengerti bahasa utk itu. Bagaimana mungkin tulisan yg diilhamkan Roh Allah malah kamu katakan dihasilkan tangan-tangan kotor.. Apakah kamu tidak sadar roh siapa yg ada pd dirimu sekarang ini dgn memakaimu menentang Kristus hehehe

        .
        .
        @ jalani
        DUA

        Lukas 5:12. Pada suatu kali Yesus berada dalam sebuah kota. Di situ ada seorang yang penuh kusta. Ketika ia melihat Yesus, tersungkurlah ia dan memohon: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.”
        .
        .
        Makanya melihat itu memakai kacamata Roh ?? Kamu harus bedakan dlm bhs Inggris ada dua jenis Tuan . Pertama yg memiliki kekuatan dan kemuliaan disebut lord dan yg dihormati karena derajat kebangsawaan di sebut sir. Tetapi penyebutan Lord dgn huruf besar hanya dikenakan kpd Yesus. Itu makanya yg berpenyakit kusta itu tersungkur menyembah dan berharap disembuhkan. ” JGN KERASKAN HATImu bro”

        .
        .
        @Jalanibrahim
        TIGA
        Penerjemah Inggris Authorised Version of the Bible telah mengubah Kurious yang sama menjadi Sir, dan LAI tetap bertahan menterjemahkan Sir sebagai “TUHAN”..bayangkan secara NALAR..anda belum kenal seseorang yang meminta minum kepada anda dan anda panggil dia sebagai “TUHAN”…
        .
        .

        Wah… ini yg kesekian sdr/i dr lain keyakinan meminta Nalar ttg Tuhan ?
        Sebenarnya saya sudah sampaikan ini berulang-ulang bhw Allah itu tidak akan pernah sempurna untuk dipahami. Jikalau kamu dapat dgn sempurna memahami Allah Tuhan yg NamaNya Ajaib itu maka saya pastikan Dia itu bukan Tuhan. Adapun pemberian nama dan gelar Tuhan kpd Kristus adalah krn Dia sudah menggenapin semua surat kitab nabi-nabi dahulu ttg Mesias yg akan datang sbg Juruselamat dunia. KemuliaanNya yg sudah ada sebelum dunia ini diciptakan dikembalikan kpdNya. Itu nampak dgn Dia kembali naik ke Surga. Mengapa Dia naik ke Surga karena Dia berasal dari Surga. Jadi penulisan kitab-kitab dari bhs aslinya Ibrani ke bhs manapun itu hanya coretan-coretan untuk kepentingan bahasa manusia. Tetapi karya nyata Yesus Kristus adalah meterai abadi ALLAH bagi setiap yg percaya kpdNya. Makanya Jalanibrahim…, menerima Yesus Kristus harus dgn iman percaya dahulu baru kita bisa menariknya dgn nalar manusia sesuai dgn Roh di hatimu.
        .
        .
        @ Janibrahim
        Aku sedang mengajarkan kepadamu TERANG yang dianggap KEGELAPAN oleh Gerejamu…
        Aku sedang mengajarkan pemalsuan lewat tangan kotor penerjemah LAI…
        .
        .

        ai jugul ma hubereng parlapo on ….
        mardeklamasi maho disi ….

  12. Hi hi hi. Ya deeeh, saya ngga akan tanya lagi.

  13. @jalanibrahim

    Jika Anda merasa tertarik untuk memperdalam tentang cara dan metode penerjemahan Alkitab, perbandingan penerjemahan silahkan kunjungi:

    http://www.bible-researcher.com

    semoga Anda dapat menyimak

  14. @ jalanibrahim

    Jadi untuk dipahami ya jalanibrahim…
    salah satu sandungan dlm percakapan teologis Kristen-Islam adalah masalah Ketu(h)anan Yesus. Mengapa seorang Nabi itu dipertuhan ? Padahal keKristenan hanya mengenal Allah yg Esa. Sama spt di Islam dlm ungkapan Laa ilaha ilallah maka keKristenan mengatakan tidak ada Tuhan selain Allah. Harus kamu ketahui bhw dlm bhs Indonesia biasanya umat Islam tidak membedakan istilah Arab ” ilah ” (Inggris: God ) dan Rabb (Inggris : Lord) . Bahkan pd umumnya dlm bhs Indonesia lebih dikenal Ketuhanan utk kata Inggris “Godhead” ( bnd ” Ketuhanan Yang Maha Esa” ) ketimbang “Keilahian ” ( Arab : Lahutiyah). Nah … penyamarataan itulah sumber salah paham kamu mengartikan pendapat itu. Karena Kekristenan hanya membedakan keilahian dn keTuhanan dlm kaitannya jikalau memperbincangkan ttg keEsaan Allah dlm Kristus.
    .
    Jadi artinya itu semua, sebutan “Tuhan Yesus ” sama sekali tidak mengadakan ilah selain Allah atau menyejajarkan kemanusian Yesus dgn Allah. Makanya Yesus mengatakan Bapa lebih besar dari Dia kalau ditinjau saat Dia mengambil bentuk manusia ( Yoh 10). Nah Yesus disebut Tuhan dlm makna Rabb (penguasa) krn Allah telah melimpahkan kuasa kpdNya di langit dan di Bumi ( Mat 28:20 ; Kis 2:38 ; Flp 2:11) Maka paralel ttg perkataan itu juga Iblis mengatakan Allah itu adalah Rabb (Iblis berkata: Ya Rabbku, beri tangguhlah aku sampai hari mereka dibangkitkan…….. … dst
    (QS. 38:79-83)
    .
    Jadi jikalau kamu runut pelan-pelan ajaran keKristenan itu maka pahamilah bhw Kitab Suci Alkitab itu hampir menceritakan 80% ttg Kristus. Semua jawaban ttg keIlahian Kristus datangnya dari Allah itu sendiri. Kita baca pd ayat berikut bhs aslinya
    (Mzm 110:1) Neum Yhwh ladonay, Syav le yaminity yg artinya Firman Yahwe (TUHAN) kpd Adonay (Tuanku), duduklah disebelah kanan-Ku”. Jadi Allah memanggil Kristus adalah tuan krn Dia ada didalam diri Kristus. Dalam makna itulah sebelum dunia ini ada, Yesus bi-idzinillah (dgn izin Allah Bapa) bergelar ” Tu(h)an = Rabb (penguasa) = Mesiah/ Almasih (Diurapin Allah)
    .
    Itu makanya saya mengatakan bhw kamu tidak memahami apa yg kamu katakan.
    Semoga mendapat pencerahan

  15. Menurut kesimpulan dari hasil pengamatanku sendiri.

    Yesus adalah anak Bapa. Makanya tak heran kalau Yesus bilang “Bapa lebih besar dari Aku”.

  16. @ Fitri

    Yesus adalah anak Bapa …

    .
    .

    Terpujilah Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Akhirnya sudah terbuka hatimu… Berarti kamu sudah mengakui Yesus adalah Anak ALLAH.
    Parhobas yang menyiram benih
    Saya yg memupuk benih
    Tuhan yang menumbuhkannya.

    Boan sadanari…

  17. Tuh kan, benar kata temanku.

  18. @ Fitri

    Trus nak Fitri percayakah dgn Anak ALLAH itu ??
    .
    Iman timbul dari membaca dan mendengar..
    Jadi kalau temanmu sudah mengabarkan Yesus Kristus kpdmu… tidakkah kamu juga dapat menerimaNya sbg Juruselamatmu secara pribadi ???

  19. Tentu saja saya tak percaya. Kebenaran yang paling benar adalah apabila saya bertemu langsung dengan Yesus.

    • Kalau Yesus datang, IA adalah ROH, dan ROH berbicara di dalam HATI, bagaimana kamu bisa percaya, sementara murid2NYA seperti kami ini ajah kamu tidak percaya?

      tetapi usahamu itu bisa saja tercapai, jika ada rancangan TUHAN yang luar biasa kepada Anda, IA akan datang sendiri kepada Anda….(sebab banyak juga orang2 yang mengalami hal-hal yang sama)

      caranya bisa 2,
      HINA YESUS SEHINA_HINANYA,
      atau SEMBAH DIA SEMULIA-MULIANYA,

      dimana keduanya berada di dalam SATU KESATUAN,
      yaitu HATI YANG BULAT.

      sebab saya bisa melihat neng fitri itu hatinya bercabang-cabang….
      jangan sampai lidahnya juga bercabang2 (sebab hanya ular yang lidahnya bercabang)

  20. Ya..benar Parhobas..
    Banyak sekali “Yesus” mendatangi manusia secara langsung..
    Penampakan “Yesus”telah membuat banyak orang terselamatkan..Benar parhobas?..
    “Yesus ” dengan rambut terurai panjang ke pundak dan wajah putih Eropa…Bercambang rapi..tampak damai dan tenang, bersinar..
    Wow..siapa yang menolak penampakan “Yesus”..
    Persis gambaran lukisan-lukisan Yesus ddan patung beliau di dinding Gereja dan buku-buku..
    Plek…
    Sama sekali tidak menampakkan gambaran “Eshua Ha mAsiha” yang agak “Timur-Tengah”…
    Mustahil Yesus sedang memakai “Surban Imamah”..
    Mustahil ada lukisan Yesus sedang makan kurma dan sedang Bersimpuh SUJUD di Getsemani..
    Kalau ada penampakan Yesus Bersurban Imamah, pasti itu Yesus jelmaan IBLIS..
    Bukankah IBLIS bisa menyamar menjadi MALAIKAT TERANG..?
    Apalagi menjadi manusia EROPA atau ARAB..
    Toh, tidak ada yang tahu wajah Yesus yagn sebenarnya…
    Makar IBLIS yang sempurna…
    Masak menjelma YESUS BERSURBAN TIMUR TENGAH…

    • @jalanibrahim,

      ketika Anda berbicara yang lahiriah2, kita-kita sudah berbicara yang jauh ke dalam hati….

      Saran saya:
      Anda sebaiknya sesekali berkunjung ke Gereja Kristen Ortodox di Timur Tengah…atau cari kenalan Kristen Asyiria dari Gereja Timur

      Note:
      Apa yang Yesus pakai dikejar oleh manusia lahiriah,
      Apa yang Yesus ajarkan diikuti oleh manusia-manusia rohaniah…

    • coba Anda cari:

      Sid Roth
      Dr. Michael L. Brown, Phd

  21. Kalo masalah aneka gambaran soal Yesus itu di blognya pak Ioanes Rakhmat juga banyak. Dia itu kan senang mengumpulkan aneka perspektif orang soal Yesus. Yesus itu bagaimana sih menurut gambaran manusia di berbagai daerah lintas jaman. Lha ilustrasinya banyak di blognya Pak Ioanes.

  22. @ love

    Gambaran Kristus dan semua keterangan berikut kotbahNya yg benar hanya ditemukan di Alkitab. Lain dari itu semua adalah keterangan yg menguatkan dari perspektif dari orang-orang yg menggambarkanNya menurut bahasa yg mengikutin jaman yg semakin modern.

    salam

  23. ada ada aja…

    • @Gita

      terimakasih atas kunjungannya

      shalom


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: