Jika kamu tidak, maka

Januari 13, 2010 pukul 9:19 am | Ditulis dalam Apologet | 2 Komentar
Tag:

Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu [1]

Mungkin akan ada pertanyaan:
1. Apakah Allah memberi upah karena perbuatan kita?
2. Apa arti Keselamatan adalah anugerah?

Kutipan di atas terdiri atas 2 penyataan.
1. Bagaimana kita mengampuni orang, dan
2. Bagaimana Bapa mengampuni orang.

Orang bisa mengampuni sesamanya tentu karena ia adalah menjadi sumber dari kasih. Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia [2]. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. [3].Kasih berasal dari Allah, dan setiap orang yang mengaku mengenal Allah harus juga saling mengasihi. Dan Allah yang adalah Roh tidak menahan Kasih-Nya, Ia limpahkan Roh Kebenaran itu supaya kita sanggup mengenal Kasih dan melakukannya. Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati. [4]. Tubuh Adam menjadi hidup karena Roh Allah, dan Roh Allah dilawan Adam sehingga ia mati, Adam menjadi terpisah dari Allah karena pemberontakannya. Dan oleh karena ada Roh Allah di dalam kita maka kita mengenal Bapa. Dan Bapa mengenal kesaksian Roh-Nya sendiri, yaitu buah-buah yang dihasilkannya di dalam perbuatan kita. Tetapi dasar yang diletakkan Allah itu teguh dan meterainya ialah: “Tuhan mengenal siapa kepunyaan-Nya” dan “Setiap orang yang menyebut nama Tuhan hendaklah meninggalkan kejahatan.”[5].

Jadi Allah memberi anugerah terlebih dahulu, IA menjadi Juruselamat, IA mau dan rela. Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.[6]. Dan dengan kuat Kuasa TUHAN, maka terdengarlah Berita Sukacita (Injil), Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.[7]. Dan karena kita berani percaya akan berita ini, maka TUHAN memperhitungkan itu sebagai kebenaran, sama seperti Abraham memiliki iman yang dipandang Allah sebagai kebenaran karena ia percaya di dalam Allah. (baca: Yakobus 2:23).

Klik ayat untuk membuka di http://alkitab.sabda.org, serta membandingkan dari berbagai terjemahan:
[1]. Matius 6:15
[2]. Roma 13:10a
[3]. 1 Yohanes 4:8
[4]. Yakobus 2:26
[5]. 2 Timotius 2:19
[6]. Yesaya 43:11
[7]. Lukas 2:11

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Salah satu rangkuman kabar Injil yg menjadi INTI Kepercayaan Kristen adalah Doa yg di ajarkan Kristus kpd murid-muridNya.

    BAPA KAMI YANG DI SURGA DIKUDUSKANLAH NAMA MU. DATANGLAH KERAJAANMU DAN JADILAH KEHENDAKMU. BERIKANLAH PADA HARI INI MAKANAN KAMI YANG SECUKUPNYA. DAN AMPUNILAH KESALAHAN KAMI SEPERTI KAMI JUGA MENGAMPUNI ORANG YANG BERSALAH KEPADA KAMI. DAN JANGANLAH MEMBAWA KAMI KEDALAM PENCOBAAN TETAPI LEPASKANLAH DARIPADA YANG JAHAT. KARENA ENGKAULAH YANG EMPUNYA KERAJAAN DAN KUASA DAN KEMULIAAN SAMPAI SELAMA-LAMANYA.

    Dari salah satu kalimat Doa yang di ajarkan Kristus itu adalah tentang pengampunan.

    AMPUNILAH KESALAHAN KAMI SAMA SEPERTI KAMI JUGA MENGAMPUNI ORANG YANG BERSALAH KEPADA KAMI.

    Jujur lae .. , inilah bagian yang sangat sulit untuk diucapkan saat saya berdoa. Memang jikalau hanya mengatakannya sangat mudah tetapi dalam menerapkannya sangat berat.. bahkan sangat susah. Sehingga sering saya tergoda tidak mengucapkan dan melangkah ke kalimat berikutnya.
    Tetapi terpujilah Allah itu ya lae …
    ternyata hanya berdoa didalam Roh hal itu dapat kita lakukan. Roh itu sendiri membimbing saya mengingat penyiksaan dan kehinaan Tuhan Yesus. Di situlah saya dgn berlinang air mata dapat dgn tulus berdoa mengampuni spt Doa Tuhan itu.
    .

    Saya ingat akan perkataan Tuhan, tentang doa yang dikabulkanNYa.
    Sebelum engkau datang mempersembahkan kurban kepadaKu maka selesaikan dahulu urusanmu kepada siapa orang dimana kamu telah menyakitin hatinya.

    Salam Kasih lae

    • ya lae…
      ketika Roh memampukan, apapun sangat indah pada waktunya…

      salam juga lae


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: