Nabi palsu, gimana cara mengetahuinya?

Desember 22, 2009 pukul 8:46 am | Ditulis dalam Apologet | 16 Komentar
Tag:

Saudara-saudara yang tercinta! Janganlah percaya kepada semua orang yang mengaku mempunyai Roh Allah, tetapi ujilah dahulu mereka untuk mengetahui apakah roh yang ada pada mereka itu berasal dari Allah atau tidak. Sebab banyak nabi palsu sudah berkeliaran ke mana-mana.

Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa
Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia. TB

Beginilah caranya kalian tahu apakah itu Roh Allah atau tidak: Orang yang mengakui bahwa
Yesus Kristus datang ke dunia sebagai manusia, orang itu mempunyai Roh yang datang dari Allah.
Tetapi orang yang tidak mengakui hal ini mengenai Yesus, tidak mempunyai Roh Allah. Orang itu mempunyai roh dari Musuh Kristus. Saudara sudah mendengar bahwa roh itu akan datang, dan sekarang ia sudah ada di dalam dunia ini. IBIS

בָּזֹאת תַּכִּירוּן אֶת-רוּחַ הָאֱלֹהִים כָּל-רוּחַ אֲשֶׁר מוֺדֶה כִּי-יֵשׁוּעַ הוּא הַמָּשִׁיחַ וּבָא בַבָּשָׂר מֵאֵת אֱלֹהִים הוּא:
וְכָל-רוּחַ אֲשֶׁר לֹא מוֺדֶה בְּיֵשׁוּעַ הַמָּשִׁיחַ הַבָּא בַבָּשָׂר אֵינֶנּוּ מֵאֱלֹהִים וְהוּא רוּחַ שׂוֺטֵן הַמָּשִׁיחַ אֲשֶׁר שְׁמַעְתֶּם עָלָיו כִּי-יָבֹא וּכְבָר יֶשְׁנוֺ בָּאָרֶץ:
(bazo’t takkiron et-ruach haelohim kal-ruach asher modeh ki-yeshua hu’ hamasiach uva’ babboshar meet elohim hu’ v’kal-ruach asher lo modeh b’yeshua hamasich havva babbashar einenu meelohim vehua’ ruach shoten hamasiach asher s’mats’tem alain ki-yavo ukvar ys’nu baarets), HNT

ayat kutipan dari:
TB, IBIS dan HNT, 1 Yohanes 4:1-3

Iklan

16 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Kalau Yesus adalah yang terakhir, lalu gimana dengan Paulus?

    • yang terakhir apanya Fitri?

      Yesus adalah Mesias

      sementara Paulus adalah Rasulnya Kristus

    • @kaka fitri

      bagai mana cara mereka memilih paulus?

      saya tidak tahu apakah ada kriteria2nya?

      • tanyalah Allahnya Paulus, sebab Ia sendiri yang memilih…

        pertanyaannya adalah..

        kenapa orang-orang seperti Anda sangat membenci Paulus?
        setelah bertobat apakah Paulus pernah berperang? menumpahkan darah?
        atau moral apalah yang tidak patut dicontoh dari Paulus?

        saya masih bertanya sampai sekarang.. begitu kuatnya si iblis mencengkeram manusia ini, sampai2 orang baikpun bisa diputar-putar menjadi jahat demi agama, atau allah….

      • berikut ialah keterangan dari Allah tentang taurat, dan tentang adanya Isa dan injil:

        إِنَّا أَنزَلْنَا التَّوْرَاةَ فِيهَا هُدًى وَنُورٌ ۚ يَحْكُمُ بِهَا النَّبِيُّونَ الَّذِينَ أَسْلَمُوا لِلَّذِينَ هَادُوا وَالرَّبَّانِيُّونَ وَالْأَحْبَارُ بِمَا اسْتُحْفِظُوا مِن كِتَابِ اللَّهِ وَكَانُوا عَلَيْهِ شُهَدَاءَ ۚ فَلَا تَخْشَوُا النَّاسَ وَاخْشَوْنِ وَلَا تَشْتَرُوا بِآيَاتِي ثَمَنًا قَلِيلًا ۚ وَمَن لَّمْ يَحْكُم بِمَا أَنزَلَ اللَّهُ فَأُولَـٰئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ

        Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab Taurat di dalamnya ada petunjuk dan cahaya, yang dengan Kitab itu diputuskan perkara orang-orang Yahudi oleh nabi-nabi yang menyerah diri kepada Allah, oleh orang-orang alim mereka dan pendeta-pendeta mereka, disebabkan mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Allah dan mereka menjadi saksi terhadapnya. Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu menukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit. Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir.
        QS. al-Mai’dah (5) : 44

        وَكَتَبْنَا عَلَيْهِمْ فِيهَا أَنَّ النَّفْسَ بِالنَّفْسِ وَالْعَيْنَ بِالْعَيْنِ وَالْأَنفَ بِالْأَنفِ وَالْأُذُنَ بِالْأُذُنِ وَالسِّنَّ بِالسِّنِّ وَالْجُرُوحَ قِصَاصٌ ۚ فَمَن تَصَدَّقَ بِهِ فَهُوَ كَفَّارَةٌ لَّهُ ۚ وَمَن لَّمْ يَحْكُم بِمَا أَنزَلَ اللَّهُ فَأُولَـٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

        Dan Kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya bahwasanya jiwa (dibalas) dengan jiwa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka-luka (pun) ada kisasnya. Barangsiapa yang melepaskan (hak kisas)nya, maka melepaskan hak itu (menjadi) penebus dosa baginya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang zalim.
        QS. al-Mai’dah (5) : 45

        وَقَفَّيْنَا عَلَىٰ آثَارِهِم بِعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرَاةِ ۖ وَآتَيْنَاهُ الْإِنجِيلَ فِيهِ هُدًى وَنُورٌ وَمُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرَاةِ وَهُدًى وَمَوْعِظَةً لِّلْمُتَّقِينَ

        Dan Kami iringkan jejak mereka dengan Isa putera Maryam, membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa.
        QS. al-Mai’dah (5) : 46

        وَلْيَحْكُمْ أَهْلُ الْإِنجِيلِ بِمَا أَنزَلَ اللَّهُ فِيهِ ۚ وَمَن لَّمْ يَحْكُم بِمَا أَنزَلَ اللَّهُ فَأُولَـٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

        Dan hendaklah orang-orang pengikut Injil, memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah di dalamnya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik.
        QS. al-Mai’dah (5) : 47

        Beri tahu saya, ayat-ayat Allah yang menyatakan bahwa Dia telah memilih dia yang telah kalian angkat menjadi paul.

      • Adam yang baik…

        ada 2 data,
        1 data menceritakan hal benar di 2000 tahun lalu
        1 data yang lain menceritakan hal benar 1400 tahun lalu..

        kalau Anda mau jujur, kira2 Anda lebih mempercayai yang pertama atau yang ke dua?

        alasan?

      • kebenaran itu dari Tuhanmu maka janganlah kamu termasuk orang2 yang ragu.

        Jika ada data yang benar di 2000 tahun yang lalu dan di 1400 tahun yang lalu maka ikutilah dia.

        Kalo anda mau jujur anda mau percaya yang mana? Alasannya?

        Saya percaya ajaran islam yang dibawa oleh Isa Putra Maryam. Saya percaya dengan kitab yang Allah turunkan padanya, dan saya percaya dengan rasul yang datang setelah beliau yaitu Muhammad, sebagai kabar gembira yang disampaikan Isa putra Maryam kepada bani Israel.

        Alasannya karena saya tidak membeda-bedakan seorangpun di antara rasul-rasul Allah dan saya kepada Allah berserah diri.

      • Adam;
        pada intinya Anda mempercayai yang benar…

        nah kalau benar di 2000 tahun yang lalu, apakah benar di 1400 tahun yang lalu akan membatalkan yang sebelumnya, tentu tidak, mereka akan selalu menguatkan.

        tetapi sekarang ada masalah…
        benar yang di 1400 tahun telah membenamkan benar yang di 600 tahun lebih tua darinya…
        Anda hanya bisa berkata ini itu, tetapi berilah saksi Anda bahwa benar di 1400 tahun lalu adalah apa yang sebenarnya di 2000 tahun lalu…

  2. @ Parhobas

    Demikian susahnya utk memberi penerangan ttg Kebenaran kpd mereka laeku…..
    .
    .

    Saya tidak dapat mengerti dimana kebencian mereka ttg rasul Paulus. Mereka berkeyakinan bhw Paulus yg menyebarkan ajaran lain Injil ttg Tuhan Yesus
    Rasul Paulus menulis :
    1:16 Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.
    1:17 Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: “Orang benar akan hidup oleh iman.”

    padahal dari seluruh rasul yg saya tahu di PB, hanya beliau yg sangat terperinci mengajarkan utk menjauhkan dosa-dosa yg di jaman sekarang ini sangat diagungkan manusia.

    Tung macai loja huhilala patorangkon i tu halak ion on ,,..

    Shalom ma laeku

    • toe ma hehehe

  3. Mengapa Yesus di katakan Penggenap … ?

    • @ Boni
      TUHAN menciptakan manusia demi kemulianNYA.
      Ketika manusia itu sudah berontak, TUHAN berjanji mengembalikan kemuliaan yang rusak itu..

      di dalam proses menuju pengembalian kemuliaan itu, TUHAN memberi garis-garis besar, di tulis di Perjanjian Lama, kita menyebutnya nubuatan, dan ‘sosok’ yang datang sebagai ‘pengembali kemuliaan’ itu disebut Mesias. Ada banyak mesias, tetapi hanya Satu yang sanggup melakukan semua nubuatan itu, banyak allah tetapi hanya Satu yang mau melepaskan manusia dari kerusakan kemuliaan itu, yaitu TUHAN. TUHAN yang secara unik, berinkarnasi menjadi manusia, untuk menggenapi semua nubuatan itu. ada sekitar 384 nubuatan (saya sudah list 312 buah, dimana 312 sudah digenapi di dalam keadaanNYA sebagai manusia, sisanya tinggal menunggu kedatanganNYA yang kedua. Firman TUHAN, atau jajimnya disebut Firman Allah, yang berinkarnasi menjadi manusia, disebut YESUS, YESUS yang menggenapi semua nubuatan disebut KRISTUS atau MESIAS.

      jadi jangan tunggu sampai Yesus, yang adalah Firman Allah, yang adalah Anak Allah, yang adalah esa dengan Allah, TUHAN, menggenapi nubuatan yang tersisa, yaitu IA datang dalam keadaanNYA yang sebenarnya, bukan sebagai manusia lagi. Sebab di dalam keadaanNYA yang sebenarnya IA akan duduk sebagai HAKIM.

  4. Saya meragukan kalau Yesus adalah nabi terakhir. Karena setelah Yesus ada nabi Agabus bahkan Paulus pun ikut serta.

    • ragu itu bagus,…. karena dengan ragu kita bisa lebih giat meneliti,… tetapi sangat berbahaya kalau kita sudah berhenti di tengah jalan…

      ingat pada saat Nabi Elia, ia bahkan tidak tahu kalau TUHAN masih menyisakan 7000 orang kudus. Nabi Elia pikir cuman dirinyalah umat Allah, nabi, yang tersisa, terbukti pikiran selalu kalah dengan TUHAN.

      Pada saat Yesus lahir, sudah banyak Nabi.. Nabi Yohanes Pembabtis, Nabi Ananias… dan lain lain…

      Yesus hanya berusia 33 tahun (sebagai manusia), sementara yang lain masih panjang umurnya… ketika Yesus bangkit, naik ke sorga, orang-orang ini masih hidup, dan kenabian mereka tidak ototmatis TUHAN ambil,….

      Paulus bukan nabi, tetapi rasulnya Kristus.
      Nabi menceritakan tentang kedatangan Mesias (kedatangan I dan II),
      Rasul menceritakan tentang kedatangan Mesias (karena melihat kedatangan I sudah tergenapi, dan memberi peringatan akan kedatangan yang II),

      nabi dan rasul yang tidak menceritakan kedatangan Mesias adalah nabi palsu

  5. saya sgt sependapat dgn tulisan di atas (dan memang harus sependapat, krn itukan bagian dari firman Tuhan)
    menurut saya, nabi2 palsu juga bisa dikenali dgn mudah dari tindak-tanduknya. Alkitab sudah menuliskan banyak nabi2, dan mereka semua menunjukkan stereotip yg sama (bisa ditarik garis sifat yang sama), a.l: merupakan sosok yg membawa/mengajar umat utk kembali pada Allah Bapa (dan Yesus Kristus, apabila mereka dtgnya dari Perjanjian baru), merupakan org2 yg dipilih Allah (tidak ada nabi yg mengangkat dirinya sendiri/memproklamasikan dirinya sbg nabi), tidak menggunakan kenabiannya utk kepentingannya diri sendiri melainkan hanya utk kemuliaan Tuhan, dll.

    • Yes,
      bisa kita lihat garis besar, akan apa yang disebut “nabi” di sini:
      Nabi

      salam kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: