Menanti Mesias: Raja Yahudi

Desember 14, 2009 pukul 11:47 am | Ditulis dalam Apologet | 1 Komentar
Tag:

Konsep Raja Mesias, Raja Penyelamat, Yang dirurapi, pembebasan umat Allah dari segala penindasan, telah menjadi harapan yang dipertahankan dari generasi ke generasi oleh bangsa/agama Yahudi.
Cara TUHAN memerintah di bumi adalah dengan Raja Mesias. Harapan ini berjalan di seluruh Tanakh. Mesias, diidentikkan dengan Juruselamat, mempunyai misi yang unik:
1. Mengembalikan Kerajaan Daud (lihat, misalnya, Yer. 23:5, Yer 30:9, Yeh. 34:23)
2. Memulihkan Bait TUHAN (Rumah TUHAN)(Yesaya 2:2, Mikha 4:1, Za. 6:13, Yehezkiel 37:26-28)
3. Memulangkan orang buangan (seperti yang dijelaskan dalam Yesaya 11:12 dan 43:5-6)
4. Mengantarkan perdamaian dunia (Yesaya 2:4)
5. Menyebarkan pengetahuan tentang Allah Israel, yang akan mempersatukan umat manusia sebagai satu. Seperti dikatakan: “Allah akan menjadi Raja atas seluruh dunia – pada hari itu, Allah akan menjadi Satu dan Nama-Nya akan menjadi Satu” (Zakharia 14:9)

Inilah konsep utama yang dipegang siapa saja yang mengaku Yahudi, baik sebagai agama maupun bangsa.
Kita juga tidak sulit menemukan beberapa mesias, penolong, penyelamat di Tanakh, yaitu: Raja Saul (1 Sam. 10:1), Raja Daud (1 Sam 16:11-13, 2 SA 22:50-51), Raja Cyrus: Raja Persia (Yesaya 45:1) dan Para penolong Daniel (Daniel 9:25-26). Tetapi Tanakh dengan jelas membedakan, yaitu antara mashiach dan ha-mashiach (ha- di dalam bahasa inggris sejajar dengan The), di dalam bahasa Indonesia sejajar dengan tuan dengan Tuan (Tuhan)

Dari awal sampai akhir kenaikan Yesus sendiri, murid-murid masih bertanya tentang hal-hal yang bersifat ekslusif, tidak universal. Bersifat lahiriah, bukan rohaniah. mari kita bandingkan dari 5 point di atas:

Konsep Agama Yesus-Universal
Mengembalikan Kerajaan Daud Mesias adalah Raja Mesias adalah Raja
Memulihkan Bait TUHAN Membangun kembali Bait ALLAH yang didirikan oleh Raja Salomo Yesus adalah Bait Allah, jadi IA harus bangkit kembali dari kematian
Memulangkan orang buangan Semua Yahudi kembali ke Israel untuk dipimpin oleh Raja Mesias Semua orang berdosa kembali mengenal TUHAN, dipimpin oleh TUHAN
Mengantarkan perdamaian dunia Israel tidak dijajah lagi Dunia menjadi damai, karena Yesus membawa Kasih
Allah akan menjadi Raja atas seluruh dunia, Satu Allah Israel menjadi pusat kerajaan ALLAH, dimana ALLAH sendiri duduk sebagai Raja, yang secara unik dipegang oleh Mesias Sorga adalah Kerajaan ALLAH, kedatangan kedua YESUS nanti akan membawa umatNYA ke sana

Jadi perbedaan mendasarnya antara lain:
(diambil dari garis Yesus dan garis agama Yahudi, dimana Yesus dan pengikut awalnya sebenarnya juga orang Yahudi, dan penganut agama Yahudi)
1. Yesus menekankan tentang TUHAN yang universal, bagi seluruh dunia, sementara agama Yahudi menekankan TUHAN yang memerintah di Israel.
2. Yesus akan memerintah dengan penuh kedamaian, dan kejayaan nanti pada saat kedatangan yang kedua, sementara agama Yahudi menekankan pemerintahan yang dipimpin langsung oleh Yesus pada saat kedatanganNya yang pertama.
3. Yesus menekankan Kerajaan Allah adalah Sorga, sementara agama Yahudi menekankan Israellah satu-satunya tempat Allah duduk sebagai Raja.
4. Yesus menekankan bahwa Yesus sendiri adalah Bait Allah, adalah Rumah Tuhan, sementara agama Yahudi menekankan Bait Allah satu-satunya adalah Bait Allah yang pernah dibangun oleh Raja Salomo.
5. Karena Allah adalah Roh, kudus dan suci, maka rakyat yang IA duduk sebagai Rajanya tentunya juga bukanlah daging yang bukan roh, tidak kudus dan tidak suci.

/dari berbagai sumber.

Iklan

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. @ Parhobas

    Dari awal sampai akhir kenaikan Yesus sendiri, murid-murid masih bertanya tentang hal-hal yang bersifat ekslusif, tidak universal. Bersifat lahiriah, bukan rohaniah. mari kita bandingkan dari 5 point di atas:
    .
    .
    Benar itu laeku…
    Sebelum semuanya itu terjadi, murid-murid Yesus msh terlena dan terkesima akan kuasa adikodrati Kristus. Mereka memandang Kristus hanya sbg sesosok manusia yg tiada taranya. Sampai mereka akhirnya menyadarin melalui pengalaman hidup dan kematian dan kebangkitan Kristus yg ajaib barulah mereka mengerti melalui Roh Kudus yg di utus kpd mereka bhw Kristus itu lah JURUSELAMAT yg 3 thn mereka temanin dan sapa layaknya (guru) atau teman biasa. Mereka baru menyelidikin kitab-2 Nabi jaman dahulu sehingga terbukalah pikiran mereka .

    Mi. 5:2 (5-1) Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.
    .
    Ayat yg menggambarkan kelahiran Kristus di kota Betlehem. ( ditulis ratusan tahun sbl Masehi)
    .

    Ayat tsb tidak mendapat tempat di hati ahli Taurat saat itu , krn tidak pernah Nabi dan Raja muncul dari kota kecil tsb. Padahal dlm kekecilan dn kesederhanaannya disitulah nubuatan kelahiran Kristus di genapin.

    Shalom ma laeku


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: