Pengajaran yang dimiliki Yudas Iskariot

Desember 11, 2009 pukul 8:18 am | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 25 Komentar
Tag: , , , ,

Yudas, pengkhianat, memiliki iman di dalam ke-Yahudi-an, salah satu janji Allah-nya adalah kedatangan Mesias. Mesias akan memulihkan kerajaan Israel, Allah sendiri, melalui Mesias, akan memerintah di dunia. Injil Kerajaan Allah yang berusia ribuan tahun harus digenapi.

Tetapi jangan salah sangka, bukan hanya Yudas, pengkhianat, yang memiliki pengajaran yang sama. Perhatikanlah pertanyaan murid-murid terpilih ini, pada saat Yesus menemani, mengajari dan meneguhkan janji-janjiNYA semasa hidup di dalam kemanusiaanNYA, IA sudah bangkit dari mati, dan menunggu (40 hari) untuk bangkit ke sorga,

Kisah Para Rasul 1:6, TB
Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: “Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?”

Kita langsung teringat..”Hanya Bapa yang tahu, Anak tidak..”
Sekarang Yesus menjawab:
Kisah Para Rasul 1:7, TB
Jawab-Nya: “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.

Waktu, hari dan jam hanya hak Bapa, bukan Anak dan bukan Roh Kudus,… dan Kurban tebusan hanya Hak Anak, bukan Bapa dan bukan Roh Kudus…

Anak sudah mengurbankan darahNYA, dan ada satu ‘penugasan’ lagi supaya Bapa menuntut hak-NYA, kiamat, yaitu hak Roh Kudus harus dilaksanakan dulu, yaitu:

Kisah Para Rasul 1:8, TB
Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

…menemani saksi-saksi, menemani pekabaran Berita Gembira, menghibur, menguatkan para jemaat Kristus sampai ke ujung bumi. Dan setelah hak Roh Kudus ini diselesaikan, barulah dimulai tanda-tanda permulaan akhir zaman, hak Bapa akan segera dipenuhi, sangkakala ‘perang’ akan dibunyikan.

Iklan

25 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. itulah makanya saya bilang konsep mesias itu dimengerti berbeda-beda oleh banyak orang. Bahkan Yahudi tempat asal muasal konsep itu juga mengartikan secara berbeda-beda 🙂

    • Anda sepertinya tidak membaca ayat 6, atau gimana?

      Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: “Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?”

      atau paragraph ke dua dari post itu,

      Tetapi jangan salah sangka, bukan hanya Yudas, pengkhianat, yang memiliki pengajaran yang sama. Perhatikanlah pertanyaan murid-murid terpilih ini, pada saat Yesus menemani, mengajari dan meneguhkan janji-janjiNYA semasa hidup di dalam kemanusiaanNYA, IA sudah bangkit dari mati, dan menunggu (40 hari) untuk bangkit ke sorga,

      • Pasal enam itu justru menunjukkan kalo perspektif Yahudi waktu itu justru seperti yang saya omongken itu. Konsep Mesias dianggap sebagai semacam pemimpin pemberontak atau pemimpin perlawanan terhadap penjajahan waktu itu. Bener nggak ?

        Karena itu pertanyaannya kan maukah engkau memulihkan kerajaan bagi Israel? Jadi konsep Mesias Kristen merefer sepenuhnya ke Yahudi ternyata tidak sama persis, tetapi yah tentunya yang namanya tiap agama beda-beda yah memang tidak perlu selalu harus sama. Memang ada perbedaan cara pandang baik Yahudi, Kristen maupun Islam. Lha perbedaannya dimulai di sini. Bukan dimulai dari Taurat manakah seperti tanggapanmu ? Yang saya kritisi itu bagian itunya. Masalah taurat itu tidak pernah diperdebatkan menurutku, yang dibahas itu bagaimana mengartikan konsep Mesias itu. Lha itu sangat meriah diantara tiga agama ini. 🙂 Cuma itu saja inti omonganku sih.

        Salam Mister Parhobass
        GBU

      • Maksudku ayat 6 bukan pasal enam. Salah lagi..salah lagi…Duh. Gini saja kok salah ketik lho

  2. Lalu selama 40 hari, Yesus ke mana? Mungkin ini sepele, tapi saya ingin tahu.

    • bacalah Kitab Para Rasul, pasal Pertama, sebagai pembuka

  3. Saya enggak punya alkitab. Bisa copas di sini?

  4. @ Fitri

    Karena Kristus sudah bangkit dari kematian maka tubuhNya sudah dimuliakan. Artnya tubuhNya adalah tubuh surgawi. Sehingga selama 40 hari Dia dapat bebas kemana pergi tanpa ada yg mengetahui Dia ada dimana. Dia dapat berada disuatu tempat dgn tiba-tiba. Dia juga dapat menghilang juga dgn tiba-tiba. Tetapi Dia tetap di Bumi sampai Dia terangkat ke Surga dan duduk di sebelah kanan BapaNya.

  5. Saya sudah baca pasal pertama edisi terjemahan baru. Tapi saya tetap bingung kemanakah Yesus pergi selama 40 hari.

    • @Fitri..

      Kisah Para Rasul 1:3, BIS
      Sesudah Ia mati, selama empat puluh hari Ia sering menunjukkan dengan cara yang nyata sekali kepada rasul-rasul itu bahwa Ia sungguh-sungguh hidup. Mereka melihat Dia, dan Ia berbicara dengan mereka mengenai bagaimana Allah memerintah sebagai Raja.

      ketika Yesus benar-benar di salib bahkan mati, salah satu yang paling terpukul adalah Yudas Iskariot (karena ia mengkhianati Yesus), saking terpukulnya ia menghakimi dirinya sendiri, ia bunuh diri. Dan murid-murid yang lain juga berpencar-pencar, mereka seperti anak ayam yang kehilangan induknya.

      selama 40 hari Yesus menyatakan IA Bangkit seperti nubuat para nabi, raja, imam, dan nubuat dari Yesus sendiri. Ia mengunjungi 11 murid, 500 murid-murid, mengajar Injil, dan lain-lain.

      Harap diambil sebagai pemikiran juga, pekerjaan utama Petrus dan Yohanes adalah nelayan, tetapi kalau Anda membaca Injil Yohanes dan tulisan Yohanes yang lain (termasuk Wahyu), tak satu S3-pun yang bisa lolos menjelaskan secara gamblang…Dan peneguhan dari perjumpaan dengan Yesus yang bangkit inilah yang menguatkan para murid untuk menulis 4 kitab Injil (matius, markus, lukas, yohanes)

  6. @ Fitri :
    Tapi saya tetap bingung kemanakah Yesus pergi selama 40 hari.
    .
    .

    Jangan kamu bingung dan janganlah kamu resah. Karena kebangkitanNya adalah kehendak Allah untuk kebaikan manusia. Kristus itu dipermuliakan melalui kebangkitanNya yg ajaib. Sehingga kamu yg menaruh percaya kpd kebangkitanNya itu akan serupa dgn Dia saat waktu Tuhan dinyatakan.

  7. Halo om parhobas. Aku masih bingung. ❓

  8. Jawabannya gampang Fit. Emang gak ada penjelasan soal itu . Lha karena tidak ada penjelasan maka yang ada ya cuma kira-kira.

    • Yes!
      Kira-kira begitu lah LOP. and Fit
      Bila Tuhan itu jelas, maka Ilniah.
      Sesuatu yg jelas itu membosankan.

      Ehm!
      Menjadi mudah dicuekiin.
      Begitu kali pasnya.

      Utk menjelaskan segalanya
      Tak cukup dua laut jadi tinta
      Tak cukup Kitab itu seangkasa

      Salam Reka-reka aja!

      • SIP SIP …
        Pa Kabar Maren ?

    • jawabannya ada, saya sudah kasih pasal pertama dari Kisah Para Rasul,…
      hanya berjarak 2 ayat dari awal… tidak jauh-jauh…

      bertanyalah pada diri sendiri, kenapa begitu susah menerima berita itu?

  9. @ Parhobas

    Sai hupatorang dengan asa ma nian mangatusi hape ibana dang olo laeku … hehehe. Ibana sai manukun na so iatusi hape keselamatan ni Kristusi dang ilului . Alus i ma ibana dengan lae
    .
    .
    .

    MATEUS 21 : 9
    Alai sude natorop i, angka na di jolona nang na mangihut sian pudi pe, mangolopolophon: Hosianna di Anak ni raja Daud! Pinasupasu ma na ro marhitehite Goar ni Tuhan i! Hosianna ma di ginjang!

    HATORANGAN :
    Hosianna marlapatan : sai lehon ma di hami hatuaon (Psalm 118:25-26). Marhite pandohan i, tangkas do diparhatopot situan natorop, ia Jesus, Mesias na pinaimaima i, Ibana do Raja na tutu situtu, siboan jala silehon haluaon. Diokui jala dihatindanghon nasida do Ibana do Tuhan i. Pandohan Hosianna, boi ma dohonon songon sada bentuk seruan di tingki sinuaeng on “Hidup Anak Daud”. Nunga gok be bagabaga na di padan na robi i di bagasan diri ni Tuhan Jesus Kristus, Ibana do Raja na ingkon sioloanta.
    Ditongatonga ni ngolunta, lumobi ma di na manomunomu di mingguminggu advent on, naeng sude hita marolopolop manomunomu dohot manjanghon Tuhanta i. Naeng sude hita patujolohon olopolopta manjouhon “Hosianna ma di Tuhan Jesus Kristus”. So tung gabe sundat hita marolopolop hinorhon ni angka na manosak parngoluon, so tung gabe sundat hita marolopolop hinorhon ni angka na ringkot di ngolu siganup ari.

    Selamat Advent di laeku
    Shalom

    • selamat Advent ma lae, shalom

  10. Oh, kristen Advent? Saya kira protestan.

  11. @ Fitri

    Oh, kristen Advent? Saya kira protestan
    .
    .

    Hallo Fitri …
    Sebenarnya ada 2 kesalahan yg mungkin tdk adek Fiti ketahui ttg Advent.
    Pemberian salam selamat Advent bukan berarti kita menunjukkan kita beraliran Advent. Tetapi itu menunjukkan tata ibadah liturgis dalam menantikan kelahiran Yesus Kristus pd tgl 25 Desember. Jadi dlm bulan Desember ini ada 4 masa Advent ( 4 minggu ) masa kita menantikan kelahiran Kristus, yakni advent pertama (minggu pertama) dst, sehingga diantara org Kristen kami biasa mengucapkan selamat Advent. Nah, setelah genap masa kelahiran Kristus di tgl 25 maka disitulah sebnarnya kita dapat mengucapkan selamat Natal ( Milad Isa Almasih) sebagai ungkapan syukur telah tergenapin kelahiran Kristus ke dunia ini .
    .
    Aliran Advent adalah termasuk Kristen Protestan. Mereka memiliki gereja sesuai dgn namamya yakni gereja Advent. Seperti saya beragama Kristen Protestan dan bergereja di HKBP maka merekapun aliran Protestan tetapi memiliki gereja Advent. Jadi saya hanya meluruskan pandanganmu saja. Untuk lebih mengenal dalam ttg itu tanyalah si CosmicBoy krn dia adalah tamatan teologia.

  12. Kenapa aliran Advent mirip dengan Islam. Contohnya mereka tak makan babi. Mereka juga beribadah di hari sabtu bukan minggu.

    • miripnya dimana?
      pernah dengar hukum tauratnya Yahudi kan? salah satunya sabbat.
      bisa Anda akses di mengenai Sabbat

      nah Advent ini adalah Kristen Protestan yang ke-Yahudi2-an

  13. saya yang mula nya iseng2 pengen tau siapa yudas jadi bingung…emng ada berapa injil sie?versinya beda2 ya?Saya menyanyai Isa karena saya Muslim… 🙂

    • @difana;

      saya yang mula nya iseng2 pengen tau siapa yudas jadi bingung
      bingungnya dimana?, mengenai Yudas atau pertanyaan selanjutnya?

      emng ada berapa injil sie?versinya beda2 ya?
      search ajah Injil di blog ini,.. sebagai ringkasannya begini,
      Injil adalah Berita Gembira,
      secara Text hanya ada 4 buah, matius, markus, lukas dan Yohanes,
      secara kontext hanya satu, yaitu Berita TUHAN menyelamatkan manusia,
      secata terjemahan banyak versinya, karena teknik penerjemahan banyak, untuk bhs inggris saja ada paling tidak 4 versi terjemahan,…
      bisa buka link ini sebagai tamlbahan
      terjemahan-tidak-asli
      bro-elo-mau-datang
      versi-alkitab

      salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: