Hanya prosesi belaka

November 27, 2009 pukul 7:40 am | Ditulis dalam Pemikiran, Saya melihat | 34 Komentar
Tag: ,

Hosea 6:6 Aku lebih suka kamu mengenal Aku dan selalu mengasihi Aku, daripada kamu membakar dan mempersembahkan kurban kepada-Ku.

TUHAN pernah memberi Hukum, tentang segala kurban, bahkan IA menyenangi kurban Habel. TUHAN menginginkan dalam persembahan kurban itu umat Allah tidak membuat “simpul” kurban itu menuju Allah, tetapi seharusnya kurban itu sebagai pertanda bahwa mereka mengenal Allah, berada di dalam Allah. Ternyata apa yang terjadi adalah kebiasan penyembahan berhala sudah merasuk sedemikian dalamnya. Kurban atau persembahan menjadi sogokan demi kesejahteraan, demi kekayaan, demi kesenangan dunia, dan setelah kurban atau persembahan itu mereka bebas melakukan kebiasaan buruk mereka, inilah yang disebut sebagai keadaan tidak mengenal dan tidak mengasihi TUHAN.

Dan masih ada yang lebih mengerikan lagi…

Hosea 8:2-3 Sekalipun mereka menyebut Aku Allah mereka, dan berkata bahwa mereka adalah umat-Ku yang mengenal Aku, namun mereka tidak mau menerima apa yang baik. Oleh karena itu mereka akan dikejar oleh musuh-musuh mereka.

Inipun sering kita lakukan, kita mengenal DIA yang menebus kita, menamakan diri kita Kristen, kristus kecil, anak-anak Tuhan, tetapi… apa yang baik kita tolak, lebih hangat pembicaraan di dalam rapat-rapat “menebar” kas, “membagi harta” bendahara, keuangan, daripada mendalami Firman, lebih senang kita menyatakan kesalahan orang daripada berusaha membangunnya, ketidakadilan dalam menyatakan kebenaran lebih kita suka daripada memancarkan damai dengan kasih… seterusnya musuh-musuh pun, iblis, singa yang menanti di gerbang, mengejar, ia memasuki pikiran, menafsir dengan kosong…

Hosea 7:1 TUHAN berkata, “Setiap kali Aku ingin menyembuhkan umat-Ku Israel dan memulihkan keadaan mereka, maka yang Kulihat
hanyalah kejahatan dan dosa mereka. Mereka saling menipu, mereka memasuki rumah orang untuk mencuri, dan mereka merampok di jalan-jalan

Jangan hanya prosesi, tetapi kenal dan kasihilah TUHAN, sebab ada suatu waktu TUHAN datang melawat, maka kita dapat mengenaliNYA..
sebab sudah pernah berulangkali IA datang melawat umat yang IA ciptakan, ketika IA datang dalam “kelemahan”, IA di tolak. Sedang dalam KUASA, mereka menolak, apa yang terjadi jika IA sampai harus mati?, Damai yang penuh kasih itu, Yang Baik itu, ditolak…
Ketika IA datang dalam kemulianNYA, kedatangan yang ke dua, semoga kita tidak menolakNYA, karena kita lebih bangga dengan segala prosesi kekristenan, agama yang naif dan munafik, agama yang IA harapkan adalah…. IA kita kenal dan kita kasihi, anak-anak Allah, kristus kecil.

34 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. “Apabila tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, untuk menegakkan nama-Nya di sana, terlalu jauh dari tempatmu, maka engkau boleh menyembelih dari lembu sapimu dan kambing dombamu yang diberikan TUHAN kepadamu, seperti yang kuperintahkan kepadamu, dan memakan dagingnya di tempatmu sesuka hatimu.” (Ulangan 12:21)

    “Syalosy regalim to-hag liy ha-syanah” = “Tiga kali setahun haruslah engkau mengadakan hagg bagiKu” (Keluaran 23: 17)
    Hagg adalah Hajj dalam bahasa Arab…

    Bagaimana DWD melakukan HAGG?
    “Aku membasuh tanganku(BERWUDHU) tanda tak bersalah(BERSUCI), lalu berjalan MENGELILINGI Mezbah-Mu(THAWAF BAIT), ya TUHAN (Mazmur 26:6)

    “Berbahagialah orang yang kuatnya adalah dalam Engkau, dan hatinya adalah pada ziarah(HAGG) ke kaabah-Mu”. (Mazmur 84:6)
    “Apabila mereka itu melalui lembah Baka mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air, bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat.” (Mazmur 84:7)

    Terimakasih…cukuplah ALKITAB menjelaskan KEBENARAN RISALAH KORBANOT…http://jalanibrahim.wordpress.com

    “Kata Yesus AS kepadanya: “Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.”
    Nabiullah Eshoa Hamasiah menubuatkan Perpindahan KIBLAT IBADAH DOA dan HAGG…

    • jangan melakukan kesalahan-kesalahan berikutnya kawan, cukuplah IBLIS berhasil sekali, jangan menyetujui kesalahan berikutnya,…
      contoh:
      yang benar adalah…

      שָׁלֹ֥שׁ פְּעָמִ֖ים בַּשָּׁנָ֑ה יֵרָאֶה֙ כָּל־ זְכ֣וּרְךָ֔ אֶל־ פְּנֵ֖י הָאָדֹ֥ן יְהוָֽה

      shalosh pheamim bashanah yeraeh kol-zechurecha el-pheney haadon ADONAI

      Keluaran 23:17

      Anda membuat:
      “Syalosy regalim to-hag liy ha-syanah” = “Tiga kali setahun haruslah engkau mengadakan hagg bagiKu” (Keluaran 23: 17)
      Hagg adalah Hajj dalam bahasa Arab…

      itu lari bennner mas…

      bertobatlah dari segala “penghinaan ini”

  2. Anda benar, saya salah tulis…yang benar Keluaran 23:14…

    ‏שָׁלֹ֣שׁ רְגָלִ֔ים תָּחֹ֥ג לִ֖י בַּשָּׁנָֽה׃

    14 šālōš rəḡālîm tāḥōḡ lî baššānâ:

    23:14 “Tiga kali setahun haruslah engkau mengadakan perayaan bagi-Ku.

    jangan melakukan kesalahan-kesalahan berikutnya kawan, cukuplah IBLIS berhasil sekali, jangan menyetujui kesalahan berikutnya,…
    Terimalah kebenaran kali ini…tahogg…tahajj..berhajilah!!

    http://jalanibrahim.wordpress.com

    • שלש רגלים תחג לי
      בשנה׃

      shalosh regalim tachag li-bashanah

      tachag = arti singkatnya adalah merayakan.
      tetapi katakanlah Anda benar,
      pertanyaan saya:
      1. apakah Islam sekarang melakukan hari raya haji (Idul Adha) 3 kali setahun?
      2. apakah dari sejak Musa sampai Yohanes Pembabtis pernah dicatat melakukan “Naik” haji ?
      3. Ibrani dan Arab sama2 mempunyai huruf Q (Qof atau Qaf) dan T (Tav atau Ta) , so menurut Anda tachag sama ngga dengan qashd, ingat qashd=tujuan, jadi sangat lari dengan merayakan
      4. Menurut istilahnya haji adalah menuju baitullah (Bait allah), dan pada saat Kitab Keluaran Bait ALLAH (Rumah TUHAN yang didirikan Raja Salomo) belum ada, karena Kerajaan Israel belum ada jadi apakah TUHAN menyuruh pergi ke sesuatu tempat dimana tempat itu belum ada? lari lagi kan? dan yang pasti baitullah tidak sama dengan beitYHWH, karena allah tidak sama dengan YHWH

      so?
      jangan memaksakan arti itu mas…

      jadikanlah tubuh Anda sebagai rumah TUHAN… gimana? mau!!

  3. 3 perayaan (shalosh chagag) yang dimaksud adalah:

    1. Hari raya Roti Tidak Beragi <– pada waktu yang ditetapkan dalam bulan Abib (bulan pertama penanggalan Ibrani), sangat berbeda dengan bulan Djulhijjah (musim haji), bulan ke 12, tachag ngga mirip yah dengan hiijah hehehe

    2. Hari raya menuai, dan

    3. hari raya pengumpulan hasil pada akhir tahun<– ini baru di akhir tahun, bulan ke 12

    jadi inilah yang shalosh regalim tachag li-bashanah bukan menuju baitullah

    saran:
    kalau ada ayat yang kira-kira membingungkan atau menguntungkan biasakanlah baca satu pasal penuh

  4. @ par,

    Lucu meliat muslim2 mencari pembenaran dr ayat2 Al-Kitab. Bukan apa, tau apa pemerkosaan, seperti itulah mereka!

    • Sebenarnya yah nggak lucu-lucu banget. Kalo kamu anggap lucu imut-imut yah sama imut-imutnya. Lha Kristen pun juga merasa butuh pembenaran apa yang dianggap sebagai nubuat itu dari PL. Dari Taurat.

      Lha sama seperti Kristen tidak setuju atau berbeda pendapat tentang apa yang disebut nubuat, Yahudi pun juga belum tentu setuju terhadap apa yang diklaim nubuat oleh Kristen. Jika ada yang mengklaim nubuat XYZ klaim itu juga tentu belum tentu disepakati oleh Yahudi.

      Lihatlah fenomena ini dengan kalem-kalem saja. Bahwa yang namanya kelompok apapun istilahnya mau digenapi, disempurnakan dsb cenderung mempertahankan pemikirannya. Jadi konsep digenapi, disempurnakan dsb dilihat sebagai semacam kritikan bahkan serangan terhadap kelompok mereka. Karena itu mereka defensip. Intinya itu saja. 🙂

      • @ LPW,

        Lha Kristen pun juga merasa butuh pembenaran apa yang dianggap sebagai nubuat itu dari PL. Dari Taurat

        Sebab Kristen menerima Taurat sebagai Firman Tuhan, beda dengan kalian.

        Btw, saya tidak mempermasalahkan kalo pembenaran itu dari satu penelitian serius. Ini apa-apaan? Kalian mengabaikan konteks dan makna sesungguhnya. Asal tertulis unta, gurun, pokok kurma, serban, jubah, padang pasir, wadi, pedang, kuda, tenda, batu, kambing domba, kalian dengan cepet2 mengatakan itu nubuat tentang Muhammad. Hahaha…lucu banget, seolah2 org Israel tinggal di kutub utara!

      • Tuhan adil “membunuh” manusia di akhir jaman karena segala pilihan kita.
        jangan keraskan hati kita, sampai Tuhan berkata, biarlah segala yang kamu maui terjadi.

  5. Maafkanlah dia jay..

  6. Cosmic Boy tercinta : Aku tahu seberapa besar kepinteranmu. Hi Hi Hi. Kita tidak perlu berdebat yang antik antik. Yang enak enak saja.

    Sebab Kristen menerima Taurat sebagai Firman Tuhan ===> Konsepnya itu ada dua : Konsep pertama : Satu iota tidak dihapuskan dan konsep kedua adalah digenapi

    Lha Islam memandang Injil juga dari sisi yang mirip : Islam tidak menolak Injil dan Taurat tetapi Islam mengklaim ada penyempurnaan. Hi Hi Hi.

    Lha sama seperti klaim Kristen ditolak Yahudi , sangat wajar dan cukup manusiawi bila kalian “ngamuk-ngamuk”. 🙂 Wajar itu…Saya rasa masing-masing pihak harap maklum.

    ==============================

    Btw, saya tidak mempermasalahkan kalo pembenaran itu dari satu penelitian serius. Ini apa-apaan? Kalian mengabaikan konteks dan makna sesungguhnya. Asal tertulis unta, gurun, pokok kurma, serban, jubah, padang pasir, wadi, pedang, kuda, tenda, batu, kambing domba, kalian dengan cepet2 mengatakan itu nubuat tentang Muhammad. Hahaha…lucu banget, seolah2 org Israel tinggal di kutub utara!

    ===> Semua nubuat memang lucu banget dari sisi pihak yang tidak percaya. Gampang itu.

    Kalo nggak percaya coba kamu balik posisinya .

    Kamu yang mengklaim nubuat soal Yesus yang kamu anggap ada di Taurat itu . Biar saya yang jadi kritikusnya.

    Saya nggak akan terlalu ofensip itu bukan gayaku kan – cuma agar kamu bisa mbayangin saja betapa apa yang kamu anggap lucu itu mungkin juga sama lucunya dari perspektif pihak=pihak lain.

    Silahkan kamu tulis saja apa saja yang kamu anggap sebagai nubuat terus kamu jelaskan korelasinya mengapa itu kamu anggap nubuat yang dipenuhi. Meskipun kamu itu jenius saya tidak yakin kamu bisa mempertanggung jawabkan klaim itu . 😀

    Masalahnya bukan pada kamu, tetapi karena yang namanya sifat nubuat, ramalan, dsb yah emang gitu. Sifatnya luas, mengambang dan sangat multi tafsir.

    SALAM Mister CB
    GBU

    • Satu contoh kecil saja masalah pengkhianatan Judas Iskariot konon juga sudah dinubuatkan termasuk sak duit duitnya. Bener apa nggak ???

      Kamu boleh menjawab dalam hati kalo mau 🙂

      • dapat dilihat di:
        diingat-karena-kejahatannya

        sekarang kita juga berada di nubuat, pengajar-pengajar palsu, umat-umat Allah palsu, guru-guru yang menggabungkan ajaran-ajaran manusia ke ajaran Tuhan, para penakut, para murtad, … so apakah Tuhan sengaja sehingga beberapa diantara kita menjadi salah satu dari bagian nubuat itu…

        Firman TUHAN harus tergenapi, tetapi celakalah yang mengadakan penyesatan.

      • Jika memang Tuhan sengaja, lalu dimanakah posisi dosa manusia ?

        Ajaran palsu adalah mereka yang membenci fasis tetapi tingkah lakunya fasis.

        Mengaku rahmatan lil alamin tetapi tingkah lakunya sama sekali tidak menggambarkan rahmat

        Mengaku penuh kasih, berhati Yesus dsb tetapi dari buahnya tidak terlihat itu.

        Semoga saya terhindar dari segala macam pengakuan seperti itu. 🙂

        Mari kita panggil Chairil Anwar :

        …..

        Luka dan bisa akan kubawa berlari
        berlari
        Hingga hilang pedih perih
        dan aku akan lebih tidak perduli
        aku akan hidup seribu tahun lagi.

        SALAM

        Tuhan memberkati anda.

  7. Daku tak percaya Yudas, karena tega mengkhianati Yesus demi uang.

    Tapi mas love benar sih. Islam tidak menolak Injil dan Taurat tapi berpegang pada Al-Qur’an karena telah disempurnakan. Sedang bagi kristen Injil sudah di genapi dan Taurat tak di hapus.

    Konsepnya mirip gitu..

    @cosmic boy
    Apa kabar, say? Gimana bisnismu di Bangkok? 😆
    jangan lupa oleh-olehnya.

    • -Injil apa yang Anda percayai sampai Yesus menjadi seorang Nabi ?
      -Taurat apa yang Anda percayai sampai pengurbanan darah anak domba tidak menjadi simbol tentang Mesias?
      -Ketegaan apa yang Anda miliki sampai membenci Paulus?

  8. @Lovepassword

    sekarang kita juga berada di nubuat, pengajar-pengajar palsu, umat-umat Allah palsu, guru-guru yang menggabungkan ajaran-ajaran manusia ke ajaran Tuhan, para penakut, para murtad, … so apakah Tuhan sengaja sehingga beberapa diantara kita menjadi salah satu dari bagian nubuat itu…

    kata Anda…
    Jika memang Tuhan sengaja, lalu dimanakah posisi dosa manusia ?

    saya tidak bilang sengaja, tetapi kira2 begini…
    Tuhan Yesus katakan,”Hati-hatilah karena Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu”… nah orang yang tidak hati-hati akan tergelincir…

    Tuhan tidak mau kita tergelincir, tetapi kalau kita membandel yah terkadang Tuhan menyerahkan kita kepada yang kita maui..

    Ajaran palsu adalah mereka yang membenci fasis tetapi tingkah lakunya fasis.

    Mengaku rahmatan lil alamin tetapi tingkah lakunya sama sekali tidak menggambarkan rahmat

    Mengaku penuh kasih, berhati Yesus dsb tetapi dari buahnya tidak terlihat itu.

    bahasa negatifnya ngga bisa masuk saya kira, mengaku pembunuh tetapi tidak membunuh…

    tetapi secara umum itu bisa diterima…
    lebih tepatnya mengaku percaya Yesus (artinya Yesus berdiam di dalam dirinya), tetapi tidak mau berbuah…

    Semoga saya terhindar dari segala macam pengakuan seperti itu. 🙂

    caranya?

    SALAM

    kita mengucap SALAM, tetapi kita tidak berdamai dengan diri sendiri, masuk kategori sesat juga kah?

    Tuhan memberkati anda.

    menyuruh Tuhan memberkati atau menjadikan kita saluran berkat yang dari Tuhan?

    • kita mengucap SALAM, tetapi kita tidak berdamai dengan diri sendiri, masuk kategori sesat juga kah?

      ===> Dikau yang menciptakan definisinya bukan ? 🙂

      menyuruh Tuhan memberkati atau menjadikan kita saluran berkat yang dari Tuhan? ===> Saya cuma berharap. Itu saja 🙂

      • kita mengucap SALAM, tetapi kita tidak berdamai dengan diri sendiri, masuk kategori sesat juga kah?

        ===> Dikau yang menciptakan definisinya bukan ? 🙂

        hehehe… definisi apa?
        saya hanya teringat kata Yesus,”Engkau mengucapkan kenyanglah, tetapi kamu tidak memberi dia makan..” <– bahasa saya saja, supaya lebih mengena

        menyuruh Tuhan memberkati atau menjadikan kita saluran berkat yang dari Tuhan? ===> Saya cuma berharap. Itu saja 🙂

        berharap memberkati saya? atau berharap meneruskan berkat yang dari Tuhan ke saya?

  9. “Injil apa yang Anda percayai sampai Yesus menjadi seorang Nabi ?”

    jawab:injil yang anda pegang sendiri..

    Yoh 4:19 Kata perempuan itu kepada-Nya: “Tuan, nyata sekarang padaku, bahwa Engkau seorang NABI.

    Yoh 4:34 Kata Yesus kepada mereka: “Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang MENGUTUS aku

    Yoh 4:44 sebab Yesus sendiri telah bersaksi, bahwa seorang nabi tidak dihormati di negerinya sendiri.

    Apakah SAYA YANG BERKATA ataukah YESUS BERKATA?

    • apakah Injil hanya 4 ayat kutipan Anda itu? atau Anda mengikuti suatu injil yang lain sehingga 4 ayat itu menjadi Injil yang penuh ?

      kalau Anda menggunakan Injil yang sama dengan Injil yang saya pakai,
      berani melakukan:

      proof-by-contradiction

      • Lha emangnya harus berapa ayat yang diperlukan untuk mengatakan bahwa Yesus itu Nabi ? 🙂

        Yesus sebagai Nabi itu kayaknya nggak ada yang salah deh. Bahkan dalam ajaran Kristen sendiri. Salah satu jabatan Yesus selain imam dan raja kan emang sebagai Nabi 🙂

        ===============================

        Taurat apa yang Anda percayai sampai pengurbanan darah anak domba tidak menjadi simbol tentang Mesias?

        ==> Saya rasa kamu salah mengambil pointnya.

        Inti diskusinya tuh umumnya bukan di situ.
        Pertanyaan mendasarnya itu apa yang dimaksud dengan Mesias di sini, serta apa perannya. Lha kompleksnya itu mulai dari situ.

        Seperti yang kubilang bahkan Yahudi yang punya konsep Mesias itu.Tapi konsepnya kan lain dengan Kristen. Jadi kalo kamu tanya Taurat apa yang anda percayai ? Bukan Taurat apanya yang perlu ditanyakan tetapi cara mengartikan arti Mesias itu. Mesias itu harus dilihat sebagai apa ? Utusan Allah, pembebas bangsa Yahudi dari penjajahan Romawi, penebus dosa atau apa? Lha perdebatannya itu mulainya di sini. Bukan pada masalah Taurat apa …Itu bukan point diskusinya.

        Menurutku sih gitu.

        SALAM

  10. @lovepassword

    Lha emangnya harus berapa ayat yang diperlukan untuk mengatakan bahwa Yesus itu Nabi ? 🙂

    Yesus sebagai Nabi itu kayaknya nggak ada yang salah deh. Bahkan dalam ajaran Kristen sendiri. Salah satu jabatan Yesus selain imam dan raja kan emang sebagai Nabi 🙂

    tidak ada yang saya protes dalam hal itu,
    yang saya inginkan adalah jangan sampai 4 ayat itu menjadi suatu kesimpulan sementara ada ratusan ayat yang lain yang perlu dipertimbangkan,… mau?

    Taurat apa yang Anda percayai sampai pengurbanan darah anak domba tidak menjadi simbol tentang Mesias?

    ==> Saya rasa kamu salah mengambil pointnya.

    Inti diskusinya tuh umumnya bukan di situ.
    Pertanyaan mendasarnya itu apa yang dimaksud dengan Mesias di sini, serta apa perannya. Lha kompleksnya itu mulai dari situ.

    Seperti yang kubilang bahkan Yahudi yang punya konsep Mesias itu.Tapi konsepnya kan lain dengan Kristen. Jadi kalo kamu tanya Taurat apa yang anda percayai ? Bukan Taurat apanya yang perlu ditanyakan tetapi cara mengartikan arti Mesias itu. Mesias itu harus dilihat sebagai apa ? Utusan Allah, pembebas bangsa Yahudi dari penjajahan Romawi, penebus dosa atau apa? Lha perdebatannya itu mulainya di sini. Bukan pada masalah Taurat apa …Itu bukan point diskusinya.

    Menurutku sih gitu.

    SALAM

    pertayaan itu ada yang berbau Yahudi ada yang pura-pura tidak berbau Yahudi.
    Yahudi yang mana yang Anda kenal sampai ia tidak mengenal arti Mesias (Raja Penyelamat)
    Kalau orang sudah bertanya tentang taurat itu cenderung ke Yahudi, artinya paling tidak ia tahu konsekuensi dari kata Mesias jika dihubungkan dengan Taurat.

    note:
    banyak tuan tetapi hanya satu Tuan
    banyak bapa tetapi hanya satu Bapa
    banyak mesias tetapi hanya satu Mesias.
    inilah teologi yang dimiliki Yahudi

    • @Parhobas tercinta : pertayaan itu ada yang berbau Yahudi ada yang pura-pura tidak berbau Yahudi.
      Yahudi yang mana yang Anda kenal sampai ia tidak mengenal arti Mesias (Raja Penyelamat)
      Kalau orang sudah bertanya tentang taurat itu cenderung ke Yahudi, artinya paling tidak ia tahu konsekuensi dari kata Mesias jika dihubungkan dengan Taurat.

      ===> Bahwa Mesias versi Yahudi tidak identik dengan Kristen, saya rasa logikanya bisa ditelusuri dengan mudah. Mengapa Judas mengkhinati Yesus ? Kamu pasti tahu alasannya. Salah satunya karena Judas mengartikan Mesias sebagai pembebas bangsa Yahudi dari penjajahan Romawi . Judas ingin memaksa Yesus memberontak terhadap Romawi .

      SALAM

      • kenapa dengan 1 data lalu bisa demikian kesimpulannya, lalu bagaimana dengan data 5000 Yahudi yang lain lain?, Yahudi yang mana yang Anda maksud?

        bisakah kita membedakan Injil Kerajaan Allah dengan Injil Kekal?
        artinya waktu Yesus datang sebagai manusia, IA tidak “bertugas” sebagai RAJA di bumi, nanti setelah IA datang di dalam keadaanNYA yang sebenarNYA barulah IA memerintah dan memberi kemenangan kepada umat ALLAH.

        Yudas menganggadp dirinya umat ALLAH, padalah ia mencintai uang. dengan model beginikah yang Anda maksudkan supaya Yesus memerintah?
        umat Allah adalah mereka yang melakukan kehendak BAPA bukan? sehingga kalau umat Allah berkata TUHAN kepada Yesus sewaktu IA datang kelak, YESUS mengenali mereka dan tidak berkata siapa kamu orang jahat?
        Yudas-yudas berikutnyalah yang akan menerima kata seperti itu dari YESUS, biarpun ia ikut di dalam kelompok umat

      • kenapa dengan 1 data lalu bisa demikian kesimpulannya, lalu bagaimana dengan data 5000 Yahudi yang lain lain?, Yahudi yang mana yang Anda maksud?

        ===> Pertama demikian kesimpulan apanya, lha wong saya belum menyimpulkan apapun kok. Saya cuma ngomong ada banyak cara manusia dalam menafsirkan peran Mesias itu.

        Lha kalo empat saja kamu protes apalagi satu yah 🙂 Tapi sebenarnya ya nggak sesederhana protesmu :
        kenapa dengan 1 data lalu bisa demikian kesimpulannya, lalu bagaimana dengan data 5000 Yahudi yang lain lain? ===> Saya nggak terlalu mudeng dengan maksud angka 5000 mu itu, tapi sudut pandangnya gini yah Mister Parhobas tercinta :

        Kamu mengakui bahwa Judas memang mengartikan kata Mesias dengan pola pikir nasionalis , lha pikiran Judas tentu memang bukan satu-satunya pemikiran yang ada pada jamannya tetapi juga tidak bisa secara semena-mena kamu anggap pikiran model gitu cuma pikiran satu orang yaitu Judas seorang.
        Pikiran Judas adalah representasi juga pemikiran sebagian masyarakat Yahudi waktu itu.

        Sebagian Mazhab yahudi percaya bahwa kerajaan Allah baru akan datang setelah mereka merdeka. Lha Mesias dilihat dari sudut pandang itu.

        Kamu bisa baca sebelum pengkhianatan Judas tertulis di Alkitab, Yesus disambut bagai selebritis. Lha sedikit banyak saya rasa sambutan itu terkait dengan kesan datangnya sang pembebas yang akan membebaskan dari Romawi tadi. Lha Judas mengkhianati Jesus didorong motivasi supaya aksi perlawanan terhadap Romawi segera dilakukan. Karena Judas dan banyak kelompok pada waktu itu memang mengartikan Mesias dari sudut pandang itu.

        jadi seperti kataku : Cara mengartikan Mesias itu apa, peranannya dsb memang sangat mungkin berbeda untuk setiap orang , bahkan dalam jaman yang sama sekalipun 🙂

        SALAM

      • cara merepresentasikannya cuman dua,

        rohaniah atau lahiriah.

        1 juta lahiriah-pun tidak akan pernah masuk hitungan jika hanya 1 yang rohaniah.

        tinggal anda perhitungkan saja,
        Yudas melihat Mesias secara lahiriah, atau 5000-an orang Kristen pertama memandang secara rohaniah?

        Anda memandang Yesus secara lahiriah atan rohaniah?

        Note:
        Yudas sudah cukupkah menjadi satu contoh? Ia sama-sama menerima Janji dan pengajaran, tetapi pandangannya yang lahiriah (cinta uang, cinta negara, cinta agama) lebih tinggi daripada cintanya kepada Tuhan-nya.

      • @Parhobass tercinta : 1 juta lahiriah-pun tidak akan pernah masuk hitungan jika hanya 1 yang rohaniah. ===> Lalu darimana bisa anda simpulkan kalo cuma satu yang rohaniah ?

        Akulah jalan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun sampai pada Bapa tanpa melalui Aku ???

        Apakah yang dimaksud dengan jalan kebenaran? Jalan itu ajaran atau bentuk fisik. Jalan itu rohaniah atau lahiriah? Bukan seorang yang memanggil Tuhan yang masuk ke kerajaan surga. Itu rohaniah bukan fisik.

        Jalan kebenaran itu ada pada pribadi Yesus atau ada pada ajaran Yesus ???

        SALAM

      • kenapa jadi begitu lamban yah? hehehe…

        1 juta berbanding 1 itu hanya sebagai bentuk penjelasan yang hiperbolik kepada Anda…

        Aku adalah Jalan Kebenaran dan Hidup, tidak ada yang sampai ke Bapa kalau tidak melalui Aku.

        Sampai ke Bapa artinya:
        bersekutu dengan Allah di surga,

        syaratnya apa?,
        melakukan kehendak Bapa.

        apa kehendak Bapa?
        mengenal TUHAN

        apa mengenal TUHAN?
        melakukan semua apa yang Kristus lakukan (sebisa mungkin), dan meninggalkan pemikiran lahiriah (Yudas sebagai contoh terjerambab di sini).

        apa yang dilakukan Kristus?
        Kasih.

        kasih itu memikirkan/melakukan apa yang dapat aku berikan, bukan apa yang dapat aku terima. Allah adalah kasih dan Allah adalah Roh adanya.

        rohaniah itu seperti tidak nyata tetapi ADA dan kekal
        lahiriah itu nyata tetapi fana, tidak kekal, maka
        kejarlah yang rohaniah dengan cara menundukkan segala yang lariah kepada ROH…

        kenapa orang bisa percaya Yesus dan ada yang tidak?
        daripada perspekulasi mengenai “Takdir” dan “Free Will”
        sekarang lakukanlah doa yang pernah saya kasih ke Anda,
        kalau Yesus tidak menjawab, maka Anda bisa menyalahkan Tuhan,
        kalau Anda tidak mau berdoa, jangan salahkan/benarkan Yudas jadi pengkhianat

      • Hi Hi Hi. Ngobrol sama kamu benar-benar mendayu-dayu, penuh bahasa tingkat tinggi. Bahkan kadang lebih sulit dari memahami puisi 🙂

        Perlu pemahaman terhadap sasmita, apa yang tersurat dan tersirat. Baguslah sedikit banyak melatih kepekaanku dalam mengenali jawaban di dalam jawaban 🙂 SIP MARKUSIP…Salam Mister Parhobass

        Mengapa begitu lamban ? Yah kadang kita kan harus melambat, berhenti bahkan mundur bila waktunya tiba. Hi Hi Hi

        Kehendak Tuhan itu kan ada dua : Mengasihi Tuhan dan sesama manusia. Lha yang diajarkan Yesus kan iya itu kan ? 🙂
        ================================

        apa mengenal TUHAN?
        melakukan semua apa yang Kristus lakukan (sebisa mungkin), dan meninggalkan pemikiran lahiriah (Yudas sebagai contoh terjerambab di sini).

        ===> Darimana bisa kita simpulkan bahwa pemikiranku atau pemikiranmu yang lahiriah atau yang batiniah ?

        ===============================

        kenapa orang bisa percaya Yesus dan ada yang tidak?

        ===> Itu ada tapi bukan satu-satunya. Perlu juga kamu lihat apa yang dimaksud dengan percaya Yesus di sini ? Bagaimana wujud percaya itu ?

        Jika Yesus merangkum esensi semua hukum agama dalam dua konsep : Mengasihi Tuhan dan sesama manusia, maka darimana bisa kita simpulkan bahwa manusia yang berpegang pada konsep itu tidak percaya kepada Yesus ? Jalan kebenaran itu ada pada pribadi Yesus atau ada pada ajaran Yesus ?

        ================================
        Ada ribuan tahun lewat , masalah freewill dan predestinasi tidak pernah selesai. Sebagian para pemikir itu manusia2 jenius dan juga sebagian taat beribadah. Logikanya yahudi, ilmu agamanya tinggi, imannya juga besar.

        Jika hanya dengan satu doaku mendadak masalah ini bisa kuselesaikan alangkah hebatnya bukan ? 🙂 saya rasa kamu memandang diriku terlalu tinggi saudara Parhobas…

        Jika dari hasil doamu kamu memang sudah bisa mendapatkan solusi dari masalah itu. Mengapa kamu tidak mau sedikit berbaik hati bercerita kepadaku ? 🙂

        Salam Manis Saudara Parhobas
        GBU

      • SALAH Ketik semestinya : Sebagian para pemikir itu manusia2 jenius dan juga sebagian taat beribadah. Logikanya yahud ( tanpa i) , ilmu agamanya tinggi, imannya juga besar.

      • apa yang bisa dikatakan milik kita adalah anugerah (salah satunya ilmu),
        dan kalau anugerah itu tidak digunakan untuk menerangi (kasih) maka kita belum mengenal Kristus dengan sempurna. Allah adalah Kasih, Kristus adalah kasih.
        Mengenal kasih, adalah melakukan kasih itu.
        Mengenal TUHAN adalah melakukan perintah TUHAN.

        Huruf-huruf yang menulis Alkitab bisa sama di mata semua orang, tetapi di mata yang melakukan kasih-lah huruf-huruf itu menjadi hidup.
        jadi yang membedakan siapa yang lahiriah dan rohaniah adalah dengan melihat buahnya (balik lagi kan ke sini? bahasannya sudah di post yang lain, inilah yang saya sebut semakin lamban)

        Tuhan menunggu di pintu hati semua orang. Kalau Anda berdoa, maka Anda telah membuka jalan bagi pengertian rohaniah. Kalau Tuhan tidak masuk, Anda bisa menyalahkan TUHAN, karna Ia pernah berjanji:”Mintalah maka akan diberi, ketoklah maka akan dibukakan”. Tetapi kalau Anda tidak pernah meminta, maka jangan salahkan/benarkan Yudas berkhianat.

  11. tidak ada yang saya protes dalam hal itu,
    yang saya inginkan adalah jangan sampai 4 ayat itu menjadi suatu kesimpulan sementara ada ratusan ayat yang lain yang perlu dipertimbangkan,… mau?….

    Jawabannya:”MAU…: Tunjukkan dalil ALKITAB bahwasanya YESUS MENGAKU beliau adalah TUHAN YANG TURUN KE BUMI….

    MAUUUUUUUU

    • Pertanyaan Anda menjadi sangat membingungkan,…

      TUHAN menjadi manusia<— YESUS namaNya.
      manusiaNYA satu dengan BapaNYA <— proof-by-contradiction lakukanlah mau?!!

      Yesus berkata, kamu akan mengenal Aku kalau kamu lihat apa yang Aku lakukan, dari buahnya/perbuatannya kita bisa mengenal seseorang,…

      so apakah sudah pernah Anda uji ? saya yakin bukannya Anda tidak bisa, tetapi Anda tidak mau… gimana?

      pertanyaan ke Anda adalah…
      siapakah Yesus yang Anda kenal sampai Ia tidak mati dan tidak bangkit kembali lalu tidak naik ke surga??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: