Jangan terpaku dengan NamaNYA sobat…

November 7, 2009 pukul 11:42 am | Ditulis dalam Apologet | 2 Komentar
Tag: ,

Kita tentu mengenal hukum ini
(semua tulisan TUHAN adalah subsitusi dari Tetragrammaton)

“Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan. Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.

dan semakin diperjelas siapa NamaNYA,

TUHAN itu pahlawan perang; TUHAN, itulah nama-Nya.

dan ingatlah warning ini;

Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.

lalu…. apakah kita sedang di-warning, mengenai hanya penyebutan nama?
Tidak, TUHAN me-warning, kita supaya jangan menyamakan TUHAN dengan apapun, dan jangan memanggil apapun dengan sebutan TUHAN, dan jangan menyatakan apa yang telah TUHAN lakukan sesuatu yang lainlah yang lakukan.

Lihatlah Israel yang menyuruh Harun membuat lembu emas, dan ingin menamainya Allah, dan menyatakan lembu emas itu yang menuntun mereka keluar dari Mesir, dan mereka mau mengadakan ibadah dan menghormati lembu emas itu sebagai TUHAN (Keluaran 32:1-5)

lalu lihat jugalah doa Musa ini, ketika ia mengalami perjumpaan dengan TUHAN,

Keluaran 34:5-8
Turunlah TUHAN dalam awan, lalu berdiri di sana dekat Musa serta menyerukan nama TUHAN.
Berjalanlah TUHAN lewat dari depannya dan berseru: “TUHAN, TUHAN, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya, yang meneguhkan kasih setia-Nya kepada beribu-ribu orang, yang mengampuni kesalahan, pelanggaran dan dosa; tetapi tidaklah sekali-kali membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya dan cucunya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat.”
Segeralah Musa berlutut ke tanah, lalu sujud menyembah serta berkata: “Jika aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, ya Tuhan, berjalanlah kiranya Tuhan di tengah-tengah kami; sekalipun bangsa ini suatu bangsa yang tegar tengkuk, tetapi ampunilah kesalahan dan dosa kami; ambillah kami menjadi milik-Mu.”

TUHAN adalah NamaNYA, dan jangan mengucapkan dengan salah….
tetapi Musa berkata Tuhan, Adonai, bukan Tetragrammaton…

Pesan buat kita?
Ya.. jangan terpaku dengan NAMA, tetapi kenalilah Yang punya Nama, kalau Anda mengenal maka hanya Tuhanlah yang layak kita sebut buat DIA.

note:
Para penafsir mengindikasikan kata Tuhan yang disebut Musa di ayat di atas ia ucapkan kepada Malaikat Perjanjian, Sang Mesias.

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. @ Parhobas

    Laeku terkasih,
    Ada sebutan Shakespeare yg terkenal ” APALAH ARTI SEBUAH NAMA ” .
    Ternyata ungkapan tsb rontok kalau berhadapan dgn firman Tuhan ” JANGANlah MENYEBUT NAMA TUHAN DENGAN SEMBARANGAN” . Setiap manusia mungkin dapat menyebut namanya dgn sembarangan krn mereka tdk menganggap sakral nama yg telah diberikan orangtuanya. Tetapi khusus nama DIA YANG MAHA KUDUS , maka Allah memandang berdosa setiap org yg memandang rendah namaNya yg Kekal. Jadi kita simpulkan namaNya yg kudus itu adalah cerminan gambaran tentang Kekuatan, Keagungan, Kedahsyatan, Maha Adil, Maha Penyayang, Maha KUasa, Maha Besar dsb. Sehingga dengan menyebut namaNYa itu kita yg hendak menghampiriNya kiranya dapat sepantasnya berlaku hormat, ada rasa takut dgn kudus dan memiliki hati yg berani krn ALLAH akan menerima doa dan kedatangan kita krn namanYa. Tidak seperti kita yg dapat saja mengganti nama sesuka hati kita, tetapi namaNya itu KEKAL seperti Kekekalan PribadiNYa yg ESA.

    Hormat dan Puji-pujian bagi ALLAH BAPA yg kekal dan AnakNYa yg kudus Tuhan kita yg sudah datang menjadi manusia. Amen Alelujah

    Shalom ma laeku

  2. Lae Sihotang;
    tepat sekali lae, maksud tulisan ini adalah, supaya kita ketika tahu NamaNYA seharusnya juga mengenal perbuatanNYA, karena itu satu (seperti penjelasan Lae).

    tetapi ada ajaran yang hanya tahu namaNYA, tetapi tidak mengenal perbuatan TUHAN di dalam Yesus…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: