Hukum Taurat-Injil-Yesus

November 2, 2009 pukul 2:39 pm | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | 2 Komentar
Tag: , , ,

Galatia 3:19-29

Kalau demikian, apakah maksudnya hukum Taurat? Ia ditambahkan oleh karena pelanggaran-pelanggaran–sampai datang keturunan yang dimaksud oleh janji itu–dan ia disampaikan dengan perantaraan malaikat-malaikat ke dalam tangan seorang pengantara.

Tidak ada pelanggaran yang diperhitungkan sebagai dosa, jika TUHAN tidak memperhitungkan itu sebagai dosa. Dan karena manusia itu sudah jatuh ke dalam dosa, dan kecenderungan tidak tepat sasaran, dan memang sudah tidak tepat sasaran, maka TUHAN membuat hukum, supaya nyata bahwa apa yang dilakukan manusia itu sudah telah menjadi pelanggaran-pelanggaran semata, moral yang rusak.
Dan semua harus menyadari bahwa standard Hukum itu adalah sebatas TUHAN itu sendiri. Tidak akan ada yang sanggup melaksanakannya. Tetapi kita melihat bahwa banyak manusia, bapa-bapa iman, yang mempoleh hidup. Apakah mereka mendapat itu karena melaksanakan Hukum? BUKAN. Tetapi semua hanya karena kasih karunia. Abraham bukan karena menaati Hukum taurat, karena Taurat belum ada pada saat Abraham, tetapi ia beroleh hidup karena kasih karunia. Sehingga manusia yang mengenal Taurat diharapkan mengenal betapa berdosanya ia, dan betapa besar Kasih Karunia penghapusan dosa yang diterimanya di dalam pengorbanan Kristus.

Seorang pengantara bukan hanya mewakili satu orang saja, sedangkan Allah adalah satu.

Ketika TUHAN menunjukkan kasih karunia, khususnya bukti penghapusan itu, maka TUHAN sendiri jugalah yang akan melaksanakannya, bukan allah yang lain. Sebab TUHAN adalah ESA. Yesus disebut sebagai pengantara, pengantara buat Yahudi dan pengantara buat Yunani dan pengantara buat semua manusia, karena Ia adalah Tuan. Ia yang memberi kasih karunia kepada bapa-bapa iman sebelum Taurat adalah sama dengan Ia yang memberi kasih karunia di dalam pengurbanan Yesus. Dan manusia tidak dapat mewakili dirinya sendiri, ia tidak dapat, ia tidak sanggup melakukan apapun untuk dapat disamakan dengan standard TUHAN.

Kalau demikian, bertentangankah hukum Taurat dengan janji-janji Allah? Sekali-kali tidak. Sebab andaikata hukum Taurat diberikan sebagai sesuatu yang dapat menghidupkan, maka memang kebenaran berasal dari hukum Taurat.

Hukum Taurat diberikan supaya manusia mengenal standard Kudus TUHAN, dan berakibat langsung kepada mengakui betapa TUHAN memiliki kasih yang luar biasa sampai IA rela menjadi perantara karena TUHAN-lah Kehidupan dan memampukan yang tidak kudus dan benar menerima KUDUS dan BENAR. Artinya kenalilah dosa-dosamu!!! Bagaimaan Anda mengenai dosa? kenallah Hukum!!! Sebesar kutuk yang harusnya Anda terima dari melanggar Hukum itu, sebesar itulah Kasih karunia yang akan Anda terima.

Tetapi Kitab Suci telah mengurung segala sesuatu di bawah kekuasaan dosa, supaya oleh karena iman dalam Yesus Kristus janji itu diberikan kepada mereka yang percaya.

Artinya Dosa apapun tidak pernah terlewatkan oleh TUHAN, IA tidak pernah tidak melihat bagian paling tersembunyi sekalipun, IA sudah nyatakan semuanya di dalam Kitab Suci. IA jelas sekali melihat keterpisahan kita dari DIA, jadi apakah kita melihat? yang melihat tentu akan mengenal siapa YESUS.

Sebelum iman itu datang kita berada di bawah pengawalan hukum Taurat, dan dikurung sampai iman itu telah dinyatakan.
Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman.

Abraham adalam bapa orang beriman, ia beriman bahwa kasih karunia hanya ada pada TUHAN, ia tidak melihat Kristus Yesus, tetapi ia yakin dan percaya dan menjadi bukti dari apa yang tidak ia lihat, bahwa Kasih karunia itu nyata. Iman itu telah nyata, di dalam Yesus, maka kita juga harus beriman bahwa keterpisahan kita dengan Allah sudah disambung kembali, itulah kasih karunia yang sama yang didapat bapa Abraham. Keterpisahan itu hanya dapat dilihat jika kita melihat pelanggaran-pelanggaran kita, yang melihat keterpisahannya menjadi penuntun pengenalan akan Kristus

Sekarang iman itu telah datang, karena itu kita tidak berada lagi di bawah pengawasan penuntun. Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus.
Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus.
Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.
Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah.

lalu kita memiliki iman yang sama dengan iman Abraham, kita menyebutnya bapa, rohaniah, tentu kita bukan keturunan Abraham secara langsung, yaitu seperti ia beriman atas Kasih karunia hanya dari DIA, Kasih karunia itu telah datang walaupun Abraham tidak melihatNYA tetapi ia percaya, Yesus, maka kita beriman kepada kasih karunia yang kita percaya sudah diselesaikan oleh Yesus, kita tidak melihat Jalan itu, tetapi kita beriman Jalan itu ADA dan kita sudah mendapatkanNYA, tepatnya, kita sudah ditangkapNYA. Apalagi yang kurang dari sebuah iman yang mempercayai ALLAH yang memanggil mereka anak-anakNYA?
.

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. @ Parhobas

    Mantap laeku terkasih…

    Karena dengan melakukan hukum Taurat maka manusia mengeenal akan dosa. Jadi tidak ada satupun manusia dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat. Maka hukum Taurat itu adalah bayang-bayang dari kedatangan Yesus Kristus ke dunia ini. KedatanganNya akhirnya memastikan bahwa Taurat telah disempurnakan didalam kematian dan kebangkitan Kristus. Itulah Injil berita keselamatan yang kita beritakan kesemua mahluk.

    Shalom Alelujah

    • tepat sekali lae….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: