Yang Telah Ada

Oktober 20, 2009 pukul 1:59 pm | Ditulis dalam Apologet | 11 Komentar
Tag: , , , , ,

Kita tentu mengenal Yohanes Pembabtis. Ia adalah anak dari Zakharia dan Elizabeth. Perihal kelahirannya, Zakharia mendapat berita dari “sosok” yang di Bait Allah, dan setelah itu ia mendapati istrinya yang mandul mengandung.

Kitab suci menulis:

Beberapa lama kemudian Elisabet, isterinya, mengandung dan selama lima bulan ia tidak menampakkan diri, katanya: “Inilah suatu perbuatan Tuhan bagiku, dan sekarang Ia berkenan menghapuskan aibku di depan orang.”

lalu dilanjutkan

Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret

Pada usia kandungannya 6 bulan, Gabriel pergi menemui Maria, seorang perawan. Memberitakan berita bahwa Maria akan mengandung, kandunganya dikandung daripara Roh Kudus, Yesus namaNya.

Jadi ada selisih sekitar 6 bulan antara Yohanes dengan Yesus, Yohanes lebih tua paling tidak 6 bulan.

tetapi coba perhatikan kesaksian Yohanes pembabtis di
Yohanes 1:15 Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dan berseru, katanya: “Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari padaku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.”

Secara jasmani Yesus lebih muda 6 bulan, lalu apakah yang disebut Yohanes ini? Dia telah ada sebelum aku?
(kita teringat langsung ke Yoh. 8:58 Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.”)

Yohanes sedang menceritakan Roh Kristus (Yesus sedang menceritakan Roh Kristus di dalam perihal “ada” sebelum Abraham).
Yesus adalah Tuhan karena Ia esa dengan Roh Kudus, dan Roh Kudus adalah ALLAH, Roh Tuhan ada pada Yesus. (Yesaya 11:2, Lukas 4:18)

Wahyu 1:8 “Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.”*

Dia Ada sekarang, Roh Kudus di dalam kita, Ia sudah Ada, yang dituliskan di Alkitab, dan akan datang kelak di akhir zaman.

11 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Pertanyaan saya, bagaimana Yohanes mengetahui bahwa Yesuslah yang dimaksudkan itu? Bisa saja ada kemungkinan salah orang toh…

    • yup,
      1. secara text,
      lihat saja Dia di situ, dia (orang lain) apa Dia (Yesus, dengan D, capslock)
      2. Dari Injil Yohanes pasal 1

      “Dia” di sini menerangkan “Anak Tunggal Bapa” di ayat 14, “Anak Tunggal Bapa” adalah “Firman” yang telah menjadi “manusia”, “Firman” di sini dijelaskan di ayat 1, “Firman” itu adalah Allah.

      jadi hanya satu Firman, dan hanya satu Allah, Yesus namaNya, bukan orang lain.

  2. @ Ester

    sebagai nabi yg telah dinubuatkan pd Perjanjian Lama , ” ada orang yg berseru-seru di padang gurun , Persiapkanlah jalan bagi Tuhan, ratakan gunung, luruskan jalan ” maka sudah pasti nubuatan tsb adalah bagi nabi Yohannes Pembaptis yg di utus mendahului Kristus Jruselamat dunia itu. Karena dia adalah jelmaan nabi Elia yg memang seorang Nabi luar biasa di jaman raja-raja Israel maka sudah pasti Allah pun sudah pasti memberitahukan kedatangan Seorang YANG DITUNGGU NABI_NABI jaman dahulu maka perkataannya yg menunjukkan Yesuslah Mesias adalah langsung dari perkataan Allah kpdnya dirinya sendiri. Tidak ada yg serba kebetulan cerita di Alkitab wahai itoku yg dikasihi Tuhan… bukan begitu laeku Parhobas ???

    • yup begitulah lae…

  3. @ Parhobas

    Laeku yg dikasihi Kristus, dan pak CosmicBoy
    Saya sangat bangga dan senang karena blog sdr Parhobas ini sudah menjadi salah satu refrensi dan sumber pengetahuan keKristenan di beberapa perguruan tinggi Theologia dan Pendididkan Guru Agama Kristen . Saya ucapkan selamat, dan teruslah berjuang berkarya disertai kerendahan hati lae krn Pengenalan Kristus Yang ditinggikan ALLAH Bapa kita.

    Shalom haleluyah

    • dari Dia, untuk Dia dan oleh Dia,

      saling mendoakan lae, n Mr. CosmicBoy

      nb:
      tapi saya belum tau kalau blog ini sudah menjadi referensi hehehe

  4. Sila baca konteks dekat utk mendapatkan jawapan.

    Yohanes

    1:6 Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes;
    1:7 ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang Terang itu (The Light, An-Nur, asma/gelaran Allah di PL), supaya oleh dia semua orang menjadi percaya.
    1:8 Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang Terang itu.
    1:9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, SEDANG DATANG KE DALAM DUNIA.
    1:10 Ia telah ada di dalam dunia dan DUNIA TELAH DIJADIKAN OLEHNYA, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.
    1:11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.

    1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;
    1:13 orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.
    1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.
    1:15 Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dan berseru, katanya: “Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari padaku akan datang Dia yang telah mendahului aku, SEBAB DIA TELAH ADA SEBELUM AKU.”

    Cukup jelas bahwa Yohanes mengenal & mengantisipasikan:

    1. Terang itu (The Light, An-Nur, asma/gelaran Allah dalam PL).

    2. SEDANG DATANG KE DALAM DUNIA. (menyatakan pre-existing-Nya Terang itu).

    3. Terang itu ialah Firman (ay 1-4).

    4. Terang itu ialah Anak Tunggal Bapa (dlm bahasa asli, Anak yg Tidak Diciptakan melainkan Yang Tiada Permulaan, Yang Ada dengan sendiri-Nya, yg qaimah pada Dzat-Nya Allah dlm kekekalan!).

    5. SEBAB DIA TELAH ADA SEBELUM AKU (menyatakan pre-exisiting-Nya sebelum mengambil wujud manusia).

    Semoga memberi pencerahan.

    Syalom.

    • thank you bro

  5. @ CosmiBoy dan Parhobas

    saudaraku yg dikasihi dn dicintai Tuhan…
    Sangat dalam dan hanya orang-orang yg dikarunia hikmat khusus untuk dapat menjabarkan uraian sdr Cosmic di atas. Nampak memang saudaraku memiliki ilmu Theologi sangat tinggi. Walaupun begitu saya sangat penasaran akan keagungan pekerjaan Tuhan ini. Khusus untuk Yohannes ini , saya ingin tahu dari bapak, apakah memang dia dikhususkan Tuhan datang ke dunia memdahului kedatangan Yesus. Apakah memang dia nabi Elia itu atau hanya Roh Elia yg berdiam pd diri Yohannes. Dan mengapa bukan nabi Musa pdhal dia sudah pernah melihat Kristus dn menerima dua loh batu itu dari Kristus sendiri di gunung Horeb. Karena saya tergelitik bahwa Musa dan Elia mengunjungin Kristus pd waktu tertentu dan keduanya dilihat Rasul Petrus. Jujur betapa dalam dan pentingnya nubuat kedatangan Kristus itu karena mesti ada seseorang nabi besar menyiapkan jalanNYa. Gimana laeku Parhobas dan sdrku CosmicBoy ? Mohon pencerahannya

    • pertama
      Elia adalah nabi besar, yang berani berkonfrontasi dengan nabi-nabi Baal, bandingakan dengan Yohanes yang berani berkata “keturunan ular beludak”

      kedua
      Elia naik ke sorga tanpa mati, melambangkan Elia mengenal Siapa yang turun dari sorga, terbukti Yohanes diberitahu bahwa Dia yang kepadaNya Roh Tuhan turun itulah Mesias yang datang ke dunia dan ia mengenal Yang dari sorga itu.

      silahkan ditambahkan bro CosmicBoy

  6. Lae Sihotang,

    untuk menambahkan saja

    ketiga
    sebagian orang Yahudi percaya bahwa Elia akan datang sebelum Mesias datang
    Maleakhi 4:5
    Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu.

    sehingga pertanyaan itu sebenarnya bertanya apakah Yohanes Pembabtis adalah Elia yang sama dengan Elia yang naik ke sorga hidup-hidup dulu, sehingga dia jawab Tidak, itu sangat tepat. maka Elia dalam Yohanes melambangkan spirit (roh) dan kuasa Elia


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: