Bereshith

Oktober 19, 2009 pukul 8:27 am | Ditulis dalam Apologet | Tinggalkan komentar
Tag: , , , ,


בראשית ברא אלהים את השמים ואת הארץ

bereshith bara elohim et hashamayim veet haerets

Kejadian 1:1

bereshit dari kata ba (di dalam, pada) and reshit (awal, permulaan). artinya pada mula pertama, pada saat pertama sekali…
ini menandakan bahwa ciptaan itu benar-benar tidak dimulai dari kekekalan ke kekekalan, ada permulaan dari alam semesta ini, tentu kita langsung diberi ide bahwa suatu saat akan ada akhirnya.

bara, kata kerja ini adalah kata kerja yang khusus hanya diperuntukkan kepada TUHAN. Menciptakan artinya.
Manusia bisa menciptakan, misalnya mobil dan lain-lain, tetapi manusia menciptakan mobil dari suatu bahan menjadi dalam bentuk lain, hakekat bahan itu tetap ada. Nah bara itu sendiri adalah seperti membuat seuatu yang baru sama sekali, dan yang baru itu absolut baru, dari yang tidak ada menjadi ada, ex-nihilo. Bukan pre-materia, tetapi yang immateri, TUHAN, membuat yang materi. Kita langsung teringat akan firman:”Dunia tidak mengenal Kristus, karena Kristus bukan dari dunia ini, kalau Kristus dari dunia tentu dunia akan mengenalNya”.

elohim, adalah bentuk plural dari bentuk tunggal el (Allah) atau eloah (Allah). eloah di dalam Alkitab berbahasa Ibrani ditemukan 57 kali dalam bentuk tunggal (ada 2 di Ulangan dan ada 41 di Ayub), dan sekitar 3000 kali dalam bentuk jamak (ada 17 di Ayub). elah ditemukan 74 kali dalam bentuk tunggal dan 10 jamak. Yang secara literal menjadi, jika menjadi kata benda, Kekal, dan dalam jamak menjadi Kuasa Kekal, sehingga sangat tidak salah lagi elohim adalah TUHAN itu sendiri,elohim adalah Sosok Yang Kuasa itu sendiri, Sosok Yang Maha itu sendiri, TUHAN. Di dalam tradisi Yahudi, elohim selalu dihubungkan dengan Nama TUHAN pada Sang Pencipta atau Sang Hakim.

et , dalam Ibrani את, kita langsung teringat huruf pertama Ibrani adalah א Aleph dan terakhir adalah ת Tav, Yang Awal dan Yang Akhir, sejajar dengan α alpha and ω omega.
Bandingkan Firman TUHAN di
Yesaya 41:4 Siapakah yang melakukan dan mengerjakan semuanya itu? Dia yang dari dahulu memanggil bangkit keturunan-keturunan, Aku, TUHAN, yang terdahulu, dan bagi mereka yang terkemudian Aku tetap Dia juga.
Dengan Firman Tuhan Yesus di
Wahyu 1:8 “Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.”

hashamayim, shamayim sendiri adalah kata jamak, dan ha- adalah artikel definitif. Kalau kita lanjut ke Kejadian 1:6 (Berfirmanlah Allah: “Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air.”) maka akan jelas kenapa shamayim jamak yang artinya “lebih dari satu/banyak langit”.

veet haerets, bumi, tanah, TUHAN menciptakan bumi hanya sekali. Dan bumi hanya satu, maka tuhan atau allah yang mengaku menciptakan bumi, pastilah bukan TUHAN yang ini, yang artinya allah/tuhan lain itu adalah pencipta (dari yang sudah ada, bukan bara) dunia. Kita langsung teringat ke 1 Timotius 2:5 Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus. Karena hanya TUHAN-lah juruselamat (Yesaya 43:11 Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku) maka Ia jugalah satu-satunya yang akan turun ke dunia, Dialah Yesus Kristus.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: