7 Tanda Ajaib

Oktober 10, 2009 pukul 8:20 am | Ditulis dalam Apologet | Tinggalkan komentar
Tag: ,

Keempat injil mencatat mukjijzat dalam dua arti.
Injil Matius, Markus dan Lukas menggunakan dunamis, yaitu kuasa dari Allah yang dipertunjukkan oleh Yesus dalam pekerjaan-pekerjaan agungNya, sementara Injil Yohanes menggunakan kata semeion, yaitu tanda-tanda ajaib yang dilakukan Yesus yang mengajak pembacanya supaya lebih tahu siapakah Yesus yang sebenarnya.

Injil Yohanes mencatat 7(tujuh) semeion, yang kesemuanya tepat menggambarkan siapa Yesus,
1. Semeion Air menjadi Anggur
Dalam suatu pesta perkawinan Yesus mengubah air menjadi anggur. Ini menjadi tanda bahwa Yesus sedang membawa sesuatu yang benar-benar baru, yaitu anggur baru, Injil. Yesus benar-benar mengkontraskan perbedaan air, iman yang lama dengan anggur baru, Injil.

2. Semeion Penyembuhan Putra seorang Pegawai Istana
Yesus benar-benar memperlihatkan integritasNya, Ia datang bukan untuk menjadi terkenal atau dikagumi orang, tetapi Ia melakukan tanda ajaib untuk memimpin orang kepada iman.

3. Semeion Penyembuhan seorang Lumpuh di Hari Sabbat
Di sini kita semakin jelas melihat. Kita hanya bisa memilih dua vonis kepada Yesus, sama seperti para ahli agama pada waktu itu. Apakah Yesus seorang perusak agama, atau Ia adalah Allah, yang menjadi Tuan atas sabbat. Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah.

4. Semeion Memberi makan 5000 orang
Dalam point ini kita akan langsung teringat kalimat pertama Alkitab, Pada mula pertama Allah menciptakan…, beresyit bara elohim…, Yesus membuat makanan dari tidak ada 5000 menjadi ada 5000, bahkan lebih…

5. Semeion Berjalan di atas Air.
Anda langsung teringat dengan Israel yang berjalan melintasi laut merah? atau Yosua yang memimpin melintasi Yordan?, Ya sebab Tuhan berkuasa atas segala ciptaanNya.

6. Semeion Orang Buta dapat Melihat.
Yesus adalah Terang. Orang yang buta dapat melihat,o rang yang buta mata rohaninya akan melihat kemuliaan Allah. Dan kitapun diajari hal yang luar biasa:
a. Meskipun ada hubungan langsung antara penderitaan manusia dengan dosanya, tetapi tidak selalu penderitaan seseorang disebabkan oleh dosanya sendiri atau orang tuanya
b. Ada saatnya Allah mengijinkan penderitaan untuk suatu maksud tertentu. Dan Allah mendatangkan kebaikan dari penderitaan itu baik bagi orang yang mengalaminya dan semua orang yang ada hubungannya dengan orang tersebut (kita langsung teringat dengan bapa-bapa iman terdahulu bukan?, Ayub, Daud d.l.l)

7. Semeion Lazarus Bangkit dari Kematian
Kematian Lazarus diijinkan, untuk suatu maksud yang luar biasa. Tuhan Yesus menunjukkan kuasaNya. Ia dapat mengaruniakan kehidupan baru dan yang rohani kepada manusia. Ia memperbaharui kepercayaan orang.

Semoga yang dapat melihat dapat melihat, yang dapat mendengar dapat mendengar, ada dua pilihan beriman kepada yang memberi kehidupan atau membenciNya untuk mendapat kematian kelak.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: